Ketahuilah 5 Cara Merawat Kemaluan Wanita Menurut Islam

Ketahuilah 5 Cara Merawat Kemaluan Wanita Menurut Islam

Islam adalah agama yang paling indah dan juga sempurna, dimana semua tatanan kehidupan diatur secara rinci didalamnya. Seluruh lingkup kehidupan, bahkan cara merawat kemaluan wanita menurut islam terdapat pembahasannya. Wanita yang dalam bahasa arabnya berarti Annisa adalah makhluk yang diciptakan allah dari tulang rusuk laki-laki.

Dilahirkan dengan kodrat menjadi seorang wanita adalah sesuatu yang harus disyukuri, bahkan surga terletak dibawah kedua telapak kakinya. Wajib hukumnya untuk seorang wanita untuk menjaga diri atas kemaluannya. Lalu bagaimanakah caranya memelihara dan merawatnya? Berikut ulasannya:

1. Memangkas Rambut Kemaluan

Bagi para muslimah yang bingung dengan cara merawat kemaluan wanita menurut islam dapat dimulai dengan memangkas ataupun mencukurnya. Demi mencegah organ intim dari kelembaban, mencukur rambut pada kemaluan sangat dianjurkan. Organ intim yang lembab dapat menyebabkan tumbuhnya bakteri dan jamur, sehingga akan berujung pada penyakit.

Hal lain yang didapatkan dari mencukur kemaluan yaitu dapat dengan mudah membersihkan ketika sedang buang air kecil dan besar. Kemaluan yang ditumbuhi rambut lebat dapat menimbulkan aroma yang tidak sedap sehingga akan mengganggu kenyamanan. Oleh karena itu, sangat penting bagi seorang wanita untuk mencukur kemaluannya.

2. Menggunakan Sabun sebagai Pembersih

Sabun dapat digunakan sebagai alat pembersih yang efektif membersihkan kemaluan, dimana dapat berfungsi untuk menghilangkan aroma bau. Sering mengalami gatal-gatal disekitar area kewanitaan? Mungkin ada kuman yang menempel. Gatal yang dialami tersebut disebabkan kurang bersihnya kewanitaan, cobalah untuk mencucinya dengan sabun.

Sebaiknya gunakan sabun khusus daerah kewanitaan, bukan sabun biasa yang sering digunakan untuk mandi. Sensitivitas dimiliki oleh vagina sehingga untuk memilih sabun kewanitaan harus lebih diperhatikan. Banyak dari wanita yang salah membeli sabun dengan efek samping perih dan pedih pada area vagina. Lihat dan pastikan jika komposisi bahan yang tertera aman.

TRENDING:  Pahami 5 Cara Mengatasi Depresi Menurut Islam, Termudah Bagi Seorang Muslim

3. Gunakan Pembalut yang Nyaman

Ketika wanita sedang dalam masa menstruasi, darah yang keluar di hari-hari pertama biasanya akan banyak dan berkurang menjelang hari terakhir. Pada saat ini merawat kemaluan sangat penting, karena banyaknya darah yang menyebabkan lembabnya bagian vagina.

Penggunaan pembalut yang tepat sangat disarankan, terlebih lagi hindari pembalut yang beraroma. Kandungan pewangi atau parfum yang terdapat di pembalut dapat membuat efek nyeri bagi wanita yang tidak biasa mengenakannya. Hal ini merupakan hasil dari tingkat sensitifitas vagina terhadap parfum yang terdapat pada pembalut.

4. Jangan Pernah Lakukan Douching

Bagi sebagian orang yang belum pernah mendengar istilah douching sangat dianjurkan untuk tidak mencobanya. Membersihkan organ intim dengan menggunakan campuran bahan kimia adalah hal yang disebut dengan douching. Bahan kimia yang dimaksud yaitu antiseptik, cuka, baking soda serta pewangi yang ditambahkan ke dalamnya.

Campuran setiap bahan tersebut disatukan dalam sebuah kemasan berupa wadah yang dilengkapi selang sebagai saluran yang akan mengeluarkan cairan tersebut. Penggunaan untuk sekali-sekali mungkin tidak akan berpengaruh, namun pemakaian yang sering dapat berakibat fatal nantinya.

5. Jangan terlalu sering Menggosok Vagina

Kebersihan vagina sebagai organ intim yang harus terjaga memang harus dilakukan, namun bagaimana jika terlalu lama menggosok vagina? Iritasi akan muncul jika membersihkan bagian intim tersebut lebih dari 1 menit. Jika menggosoknya terlalu lama kemungkinan vagina akan lecet.

Bersihkan vagina dengan secukupnya yaitu hanya sampai pada bagian vulva, yang termasuk ke dalam bibir vagina luar dan dalam. Ahli kebidanan mengatakan bahwa menggosok bagian dalam dapat menyebabkan rusaknya flora vagina.

Demikianlah pembahasan mengenai cara merawat kemaluan wanita menurut Islam. Wanita yang dapat menjaga dan melindungi dirinya dengan merawat daerah kewanitaan tentu merupakan hal yang patut untuk dicontoh. Hal tersebut dikarenakan bahwa kebersihan itu adalah sebagian dari iman.

TRENDING:  Jangan Sampai Salah! Ternyata Inilah Cara Mengganti Puasa Ramadhan

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.