5 Cara Menghafal Cepat Menurut Islam Dijamin Ampuh

5 Cara Menghafal Cepat Menurut Islam Dijamin Ampuh

Menghafal termasuk kedalam proses pembelajaran, dimana seseorang berusaha untuk mengingat kembali apa yang telah dipelajari. Cara menghafal cepat menurut islam sangat banyak, bahkan para ulama terdahulu juga telah mengajarkannya. Dalam proses menghafal ini perlu diperhatikan pula daya tangkap yang dimiliki oleh seseorang berbeda.

Perbedaan tersebut dikarenakan kapasitas otak yang digunakan dalam menghafal yang tentunya juga memiliki perbedaan. Fungsi otak yang bertugas untuk mengingat dalam jangka panjang yaitu ada pada bagian kanan. Beberapa cara agar cepat menghafal yaitu:

1. Kuatkan Niat

Banyak pertanyaan yang datang dari berbagai pelajar muslim tentang bagaimanakah cara menghafal cepat menurut islam?. Pertama yang akan dibahas yaitu niat, pastikan terlebih dahulu bahwa mengerjakan sesuatunya demi mendapatkan Ridha dari Allah SWT.

Jika seseorang memasang niat dengan maksud menghafal karena memang untuk dipergunakan dengan tujuan yang baik, maka akan Allah permudah urusannya. Mulailah untuk menghafal jika sudah memasang niat yang tulus dengan berserah diri kepada allah.

2. Membaca Doa

Segala sesuatu urusan di dunia ini adalah atas seizin Allah. Jika telah meminta secara sungguh-sungguh, maka apa yang diharapkan pasti terwujud. Sebelum menghafal berdoalah terlebih dahulu, minta agar dimudahkan dan cepat untuk menyelesaikan hafalan yang sedang dilakukan.

Doa memiliki artian sebagai permohonan yang berasal dari manusia kepada sang penciptanya yaitu Allah SWT Perhatikan cara berdoa kepada allah, jangan asal berdoa tanpa melakukannya dengan cara yang baik. Lakukan doa waktu-waktu mustajab, dimana dapat dilakukan ketika sedang berpuasa, pada hari jumat, malam lailatul qadar dan waktu mustajab lainnya.

3. Pahami Apa yang Sedang Dihafal

Menghafal jika tidak mengerti dan paham dari maksud yang sedang dipelajari sama saja bohong. Seseorang yang tengah dalam proses belajar seharusnya sudah mengetahui maksud yang akan dihafalnya tersebut. Jika belum mengerti, cara menghafal cepat menurut Islam yaitu cobalah untuk mempelajari dan memahaminya.

TRENDING:  Inilah Kisah Nabi Ibrahim dan Mukjizatnya yang Memiliki Banyak Hikmah

Sia-sia pekerjaan yang bilamana pemahaman terkait bidang studi yang tengah dijalani tidak sampai atau tidak dapat dimengerti oleh otak. Pemahaman artinya yaitu dapat mengerti, mengolah, serta menganalisis tentang kebenaran yang ada. Jika pemahaman yang didapat sudah baik, maka menghafal akan sangat terasa mudah dilakukan.

4. Lakukan Sedikit demi Sedikit

Penghafalan sebelum dapat diterima dan diingat oleh sistem kerja otak kanan, hal yang perlu diketahui untuk melakukanya sedikit sedikit. Hal ini karena proses dan kinerja dari otak tidak akan dapat menampung semua materi dalam sekaligus. Oleh karena itu, sebaiknya menghafal dilakukan secara bertahap.

Jika hari ini sudah dapat menghafal 2 halaman maka hari berikutnya disambung dengan menghafal halaman ke 3. Cara ini dilakukan terus menerus secara berkala, sehingga otak akan cepat mencerna setiap materi yang masuk. Hal ini juga dianggap efektif karena memang telah terbukti dapat bekerja pada tiap orang.

5. Ulangi

Sangat penting untuk melakukan pengulangan saat dalam proses menghafal, kenapa hal ini penting? Pada dasarnya kerja otak setiap manusia itu berbeda-beda, ditambah pekerjaan manusia yang kompleks. Manusia tidak hanya akan fokus pada satu titik, namun banyak hal yang mesti diingat dan membuat hafalan yang sebelumnya memudar.

Oleh sebab itu, penghafalan sangat penting untuk diulang-ulang, terlebih para penghafal Al-quran. Para hafidz quran biasanya akan terus mengulang-ulang bacaan yang telah dihafalnya setiap hari. Cara tersebut terbukti bekerja dan efektif.

Itulah beberapa cara menghafal cepat menurut islam yang dapat diterapkan. Cara tersebut sebenarnya telah lama diterapkan dan diajarkan oleh para ulama terdahulu. Tinggal bagaimana para pelajar menerapkan cara-cara menghafal yang telah disampaikan.

Daftar Isi

TRENDING:  Tata Cara Wudhu Saat Puasa Sesuai Sunnah

Leave a Reply

Your email address will not be published.