Jadi Suri Tauladan dalam Berdakwah, Inilah Sifat Nabi Luth yang Dapat Diteladani

Jadi Suri Tauladan dalam Berdakwah, Inilah Sifat Nabi Luth yang Dapat Diteladani

Nabi Luth  dikirim ke kaum Sodom yang gemar bermaksiat mulai dari kekerasan, perampokan hingga penyuka sesama jenis yang sekarang dikenal sebagai LGBT. Meski, kaumnya melampaui batas, Nabi Luth memiliki kegigihan tinggi dalam menyampaikan ajaran amar ma’ruf nahi munkar. Banyak sifat Nabi Luth yang dapat diteladani dalam memberantas maksiat.

Diutusnya Nabi Luth ke wilayah kaum sodom bukanlah perkara yang gampang. Nabi Luth dalam menyampaikan kebenaran mengalami banyak cobaan mulai dari dihina, merencanakan pembunuhan, bahkan diusir. Ajaran Nabi Luth ditolak mentah-mentah oleh Kaum Sodom. Dakwah, tugas, dan kebenaran yang diemban Nabi Luth sangat berat. Banyak sifat-sifat Nabi Luth yang bisa jadi suri tauladan. Berikut penjelasannya:

1. Gigih dan Sabar

Nabi Luth dikenal sebagai sosok utusan Allah SWT yang gigih dan memiliki kesabaran dalam menyampaikan kebenaran. Walaupun kaum sodom tidak pernah mau menerima ajaran dari Nabi Luth. Kegigihan dan kesabaran yang dimiliki Nabi Luth juga semata karena pembelajaran yang didapatnya dari pamannya, Nabi Ibrahim. Bahkan, kaum sodom yang memilih beriman dan percaya kepada Allah SWT sangat sedikit jumlahnya.

2. Pemberani

Kaum sodom sering mengeluarkan ancaman pembunuhan, dicela, bahkan diusir kepada Nabi Luth selama melawan kebatilan. Hanya saja, Nabi Luth tetap gagah berani tanpa rasa takut menyampaikan yang haq dan batil. Ajakan dari Nabi Luth tidak pernah didengar kaumnya, bahkan kaum sodom menantang Nabi Luth supaya Allah SWT mendatangkan azab. Keberanian Nabi Luth dalam menyerukan kebenaran memang patut ditiru.

3. Bertanggung Jawab

Tugas dakwah yang diemban oleh Nabi Luth bukanlah tugas yang gampang dilakukan. Bahkan, kaumnya terus berbuat kerusakan dengan melampiaskan nafsu birahinya. Meski begitu, Nabi Luth senantiasa bertanggung jawab memenuhi tugasnya sebagai Nabi yang senantiasa berdakwah di tengah kaumnya yang tak rusak moralnya.

TRENDING:  Wajib Tahu! Cara Membayar Hutang Puasa yang Sudah Bertahun Tahun pada Saat Puasa Ramadhan

4. Pantang Menyerah

Sifat Nabi Luth yang dapat diteladani selanjutnya yakni sifat pantang menyerah serta tidak kenal lelah dalam menghadapi kerusakan dan perbuatan kaum sodom. Telinga dan mulut kaum Nabi Luth seakan buta dan bisu menerima ajaran kebenaran yang diucapkannya. Nabi Luth sangat konsisten dalam menyerukan ajaran agama agar kaumnya bertaubat ke jalan yang benar. Bahkan, meski perjuangan Nabi Luth mengalami lika-liku panjang, hanya beberapa saja jumlah kaum sodom yang percaya pada Allah dan meninggalkan perilaku kejinya.

5. Memuliakan Tamu

Kebiasaan baik Nabi Luth yang perlu diteladani yaitu selalu memuliakan tamu. Bahkan, saat ada dua orang malaikat menjelma sebagai pemuda rupawan yang berkunjung ke rumahnya, Nabi Luth dengan ramah mempersilahkan masuk. Kedatangan tamu ini membuat Nabi Luth sempat cemas ketika ada kaumnya yang mengetahui karena tamunya bisa menjadi korban pelampiasan kaumnya yang keji.

Benar saja, istri Nabi Luth jadi pengkhianat dan membocorkan informasi tersebut pada kaum sodom. Mereka beramai-ramai datang ke rumah Nabi Luth agar menyerahkan tamunya untuk diajak bersenang-senang. Nabi Luth tegas menolaknya dan menghadang kaumnya agar tamunya tak terganggu. Kaum sodom memaksa masuk dan malaikat menjadikan buta matanya.

6. Menyayangi Keluarganya

Meski istri Nabi Luth sosok pembangkang dan berkhianat pada suaminya. Sebagai kepala keluarga Nabi Luth tetap bijaksana menghadapi perilaku istrinya. Bahkan, saat malaikat menyampaikan pesan bahwa akan diturunkan azab pada kaum sodom. Nabi Luth tetap mengajak istrinya pergi meninggalkan negerinya dan meminta agar istrinya tak menoleh ke belakang.

Sayangnya, istri Nabi Luth justru berpaling pada kaum sodom yang kafir. Hal itu membuat istri Nabi Luth dan kaum sodom dibinasakan oleh Allah dengan azab pedih mulai dari diterjang angin kencang, gempa dahsyat, hingga dihujani batu.

TRENDING:  Simak Cara Melupakan Mantan Pacar Menurut Islam Ini Agar Cepat Move On

Itulah 6 sifat Nabi Luth yang dapat diteladani dari kisah hidupnya yang penuh perjuangan melawan kemaksiatan. Kaum sodom dikenal sebagai kaum rusak alias kaum LGBT yang sekarang ini kian marak. Sifat-sifat Nabi Luth ini patut untuk dijadikan contoh dalam kehidupan sehari-hari.

Pencarian Popular

sifat yang dapat diteladani dari nabi luth

Leave a Reply

Your email address will not be published.