apakah puasa boleh sikat gigi

Apakah Puasa Boleh Sikat Gigi? Ini Jawaban Lengkapnya

Puasa merupakan ibadah yang mewajibkan seseorang tak makan  juga minum  selama seharian. Hal ini membuat banyak orang merasakan bau mulut yang tidak nyaman. Meski sedang berpuasa, banyak orang yang tetap menyikat giginya karena bau  mulut menyengat tersebut. Lantas, apakah puasa boleh sikat gigi? Ulama berbeda pendapatnya terkait hukumnya sikat gigi selama puasa. Bagi orang yang puasa harus waspada ketika sikat gigi karena khawatir air yang dipakai kumur tertelan karena hal tersebut puasa bisa batal. Berikut penjelasan lengkap tentang hukum sikat  gigi selama berpuasa:

Apakah Berpuasa Bisa Batal Karena Sikat Gigi? Ini Jawabannya

Perbedaan pendapat tentang sikat gigi selama berpuasa terjadi hingga sekarang. Namun, banyak ulama memperbolehkan menggosok gigi dengan memakai pasta gigi atau siwak. Imam Nawawi dan Al Faurani merupakan salah satu ulama terkemuka yang memperbolehkan gosok gigi selama puasa asalkan airnya atau pastanya  tak tertelan.

Pendapat lain dari Ibnu Abi Syaibah dan Baihaqi juga juga membolehkannya. Bahkan makanan atau kuah dibolehkan mencicipinya, asalkan tidak sampai tertelan. Sedangkan, pendapat dari mazhab Syafi’i dan Hambali apakah puasa boleh sikat gigi? Keduanya menghukumi sikat gigi selama berpuasa dengan makruh, jika waktunya melebihi dhuhur sampai sore hari.

Makruh berarti perbuatan yang tidak dilarang, namun lebih baik ditinggalkan. Pendapat tersebut didasarkan agar bau mulut hilang. Namun, tak masalah jika bau mulut tercium tak enak ketika berpuasa karena menurut sebuah hadits menjelaskan bahwa orang berpuasa bau mulutnya paling disukai Allah dan harumnya melebihi aroma kasturi.

Tips Merawat Gigi Selama Puasa

Intinya, sebagian besar ulama memperbolehkan sikat gigi selama berpuasa, syaratnya yakni air ataupun pasta giginya tidak sampai tertelan. Tidak hanya itu, orang yang puasa terkadang lupa merawat giginya. Padahal, perawatan gigi harus rutin diperhatikan. Berikut penjelasan tips merawat gigi selama puasa:

TRENDING:  Ini Manfaat Membaca Shalawat Nabi 100 Kali yang Perlu Diketahui

1. Sikatlah Gigi Secara Rutin

Seseorang yang berpuasa tetap disarankan untuk sikat gigi secara rutin dan tepat seperti biasanya. Disarankan sikat gigi minimal 2 kali sehari sebagai perawatan kesehatan gigi dan terhindar dari bau mulut selama puasa. Sikat gigi mampu dilaksanakan saat pagi atau usai buka puasa. Sikat gigilah memakai pasta gigi dengan kandungan fluoride yang mampu berakibat pada kekuatan  pembentukan enamel gigi dan terhindar dari gigi rusak.

2. Bersihkanlah Rongga Mulut dengan Teliti

Sikat gigilah pada  semua bagian mulut mulai dari lidah, benang gigi, hingga sela-sela gigi. Bahkan, kalau  mampu dibutuhkan sikatlah gigi dengan memakai mouthwash supaya sisa makanan disela gigi  hilang karena itu bisa menyebabkan bau mulut lenyap dan nafas menjadi segar.

3. Terapkan Diet Secara Sehat

Selama puasa, banyak orang yang memakan makanan manis dengan kandungan gula tinggi hingga berakibat pada gangguan pencernaan hingga permasalahan gigi juga  mulut. Tentunya, kebiasaan tersebut bisa mengakibatkan plak bertumpuk dan karang gigi terbentuk. Disarankan banyak mengkonsumsi makanan bergizi tinggi seperti sayur juga buah.

4. Memperbanyak Konsumsi Air Putih

Disarankan orang yang puasa minum air putih minimal dua liter sehari yang bisa dilakukan usai berbuka puasa dan sebelum imsak. Konsumsi air putih memiliki banyak manfaat. Diantaranya sebagai pencegahan dehidrasi, pencernaan sehat, berat badan bisa turun, kesehatan kulit terjaga. Usahakan asupan air terpenuhi selama puasa agar pola hidup yang diterapkan sehat.

5. Hindarilah Makanan Tertentu

Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang menyebabkan bau mulut misal jengkol, bawang-bawangan, petai, dan lain sebagainya. Hindarilah juga makanan dengan kandungan pemanis buatan lantaran mampu merusak gigi.

Itulah ulasan lengkap tentang apakah puasa boleh sikat gigi? Jawabannya boleh asal makanan tidak tertelan. Jangan lupa supaya kesehatan gigi dijaga dengan baik dengan cara rutin sikat gigi hingga memperbanyak konsumsi buah dan sayuran.

TRENDING:  5 Amalan Nabi Yusuf Membuka Aura yang Bisa Dipraktekkan

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.