Manfaat Puasa Senin Kamis Bagi Pria Mulai dari Kesehatan Fisik Hingga Mental

Manfaat Puasa Senin Kamis Bagi Pria Mulai dari Kesehatan Fisik Hingga Mental

Allah SWT menurunkan berkah kepada umatnya melalui berbagai cara. Kesempatan bagi manusia untuk memperkaya wawasan dan memperbanyak amalan terus terbuka lebar. Salah satu yang banyak dilakukan oleh umat Islam yakni berpuasa sunnah di hari Senin dan Kamis. Manfaat puasa Senin Kamis bagi pria ternyata sangat beragam dan memberi dampak positif pada kehidupannya, apalagi pria mengemban amanah luar biasa sebagai pemimpin keluarga. Inilah amanah puasa Senin Kamis bagi kaum pria.:

1. Menjaga Berat Badan

Melansir Cleverism, puasa adalah cara yang dianjurkan untuk mengontrol berat badan dengan cepat dan aman. Saat puasa, jumlah makanan yang digunakan untuk membakar energi menjadi lebih sedikit dari biasanya. Otomatis tubuh membakar cadangan lemak menjadi energi untuk menjalankan fungsi organ tubuh.

Menjaga berat badan sangat penting, tidak hanya bagi perempuan namun juga pria. Fenomena kenaikan berat badan drastis banyak terjadi pada pria setelah menikah, oleh karena itu penting membiasakan diri untuk menjaga berat badan sejak dini.

2. Mengurangi Risiko Diabetes

Makanan dan minuman yang dikonsumsi manusia dapat mengandung banyak gula yang menumpuk dalam tubuh tanpa disadari. Pria memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami diabetes, karena sensitifitas terhadap insulinnya lebih tinggi daripada wanita. Manfaat puasa Senin Kamis bagi pria yakni mengurangi risiko tersebut.

Puasa terbukti efektif dalam menurunkan kadar insulin, sehingga resiko pria untuk mengalami diabetes tipe 2 dapat dihindari sedini mungkin. Penelitian yang dilakukan di AS pada 2014 lalu menemukan bahwa kadar gula darah selama puasa dapat menurun mulai 3 sampai 6 persen. Bagi pria yang mengalami diabetes pun puasa sangat efektif, karena kadar gula darah lebih terjaga dan stabil.

TRENDING:  Apa Artinya Sunah Rosul dan Apa Amalan Dalam Sunah Rosul? Simak Ulasannya!

3. Menjaga Kesehatan Mental

Puasa berkaitan dengan perilaku menahan diri. Baik dari nafsu makan maupun hal-hal lainnya yang membatalkan puasa. Saat menjalankan puasa, pria dibiasakan untuk menguatkan diri dalam melawan hawa nafsu dan menjaga hati tetap sabar dalam menghadapi persoalan hidup. Apabila dilakukan secara rutin, puasa Senin Kamis bisa menjadi perisai yang menguatkan kondisi mental pria dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

4. Memperbaiki Fungsi Otak

Otak merupakan organ manusia yang berperan sangat besar dalam mengendalikan segala sesuatu. Rutin melakukan puasa dapat membantu tumbuhnya sel saraf baru sehingga otak berfungsi dengan lebih baik. Hormon BDNF yang terdapat pada otak juga bisa meningkat ketika melakukan puasa. Memiliki peran besar untuk menjauhkan otak dari risiko Alzheimer, gangguan depresi, hingga Parkinson.

5. Memperbaiki Kualitas Tidur

Manfaat puasa Senin Kamis bagi pria juga terkait dengan kualitas tidurnya. Pria cenderung lebih jarang mengungkapkan isi hatinya dibandingkan wanita. Hal ini dapat menyebabkan beberapa permasalahan, contohnya sulit tidur atau tidak bisa nyenyak. Saat puasa, otomatis jam makan menjadi lebih awal dari biasanya.

Kebiasaan ini baik bagi tubuh, karena memberi kesempatan untuk lambung mencerna makanan dengan maksimal sebelum waktu tidur. Saat tidur, perut terasa lebih ringan dan makanan sudah dicerna dengan baik. Jadi, dapat meningkatkan kualitas tidur secara bertahap.

6. Menyehatkan Jantung

Pria juga cukup rentah terhadap penyakit jantung, salah satunya jantung koroner. Ada berbagai faktor yang meningkatkan risiko seseorang untuk mengalami penyakit jantung seperti tingginya gula darah, kolesterol jahat, serta tekanan darah. Puasa dapat mengendalikan tingginya tiga hal tersebut sehingga pembuluh darah lebih terjaga. Pembuluh darah ini berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung.

TRENDING:  Ini Ketentuan dan Cara Bayar Fidyah Puasa Menurut Mayoritas Ulama

Itu berbagai manfaat puasa Senin Kamis bagi pria. Puasa membawa dampak positif dalam berbagai aspek kehidupan seseorang. Tidak hanya dari sisi kesehatan, melainkan juga psikologis, hingga spiritual. Pelaksanaannya juga mudah dan bisa dilakukan siapa saja, sehingga puasa sunnah ini menjadi salah satu ibadah yang disukai umat Islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.