Inilah Hukum hingga Cara Menebus Dosa Zina di Bulan Puasa

Inilah Hukum hingga Cara Menebus Dosa Zina di Bulan Puasa

Manusia merupakan makhluk ciptaan Allah yang memiliki derajat tinggi karena dianugerahi akal pikiran. Kendati demikian, manusia juga tidak sempurna dan tak luput dari kesalahan. Salah satu dosa besar yang dibenci Allah adalah berzina, apalagi dilakukan saat Ramadhan. Cara menebus dosa zina di bulan puasa dapat dilakukan dengan sungguh-sungguh, namun alangkah baiknya untuk menghindari hal tersebut sejak awal. Berikut ini pembahasan mengenai zina.

Jenis dan Hukum Zina Ketika Puasa

Berzina tidak hanya merugikan diri sendiri, namun juga demikian terhadap orang lain di sekitarnya. Zina juga bukan hanya bersetubuh antara pasangan bukan muhrim, namun termasuk perbuatan pembangkit syahwat. Ada tiga jenis zina, pertama zina Al-Lamam yang dilakukan dengan panca indera. Kedua, zina Muhsan yang pelakunya orang yang telah menikah tetapi tidak menjaga dirinya dari orang yang bukan mahram (berselingkuh). Ketiga, zina Gairu Muhsan yaitu persetubuhan yang dilakukan oleh orang yang belum menikah, misalnya berpacaran.

Hukum zina adalah haram, namun dosanya dapat bertambah berat apabila dilakukan saat berpuasa. Perilaku ini tidak menghormati kesucian dari bulan puasa dan bentuk kegagalan untuk membentengi diri dari hawa nafsu yang mana merupakan nilai utama puasa. Orang yang melakukan zina saat bulan Ramadhan memiliki dosa yang berkali lipat. Dosa membatalkan puasa, dosa berhubungan seksual, dan dosa merusak kesucian ramadhan.

Cara Menebus Dosa Zina di Bulan Puasa

Setiap dosa yang diperbuat oleh manusia bisa mendapat pengampunan dari Allah. Terlebih jika diniatkan dengan sungguh-sungguh untuk bertaubat dan berusaha tidak mengulanginya kembali. Di bawah ini terdapat empat cara yang bisa dilakukan oleh individu yang telah berbuat zina ketika sedang menjalankan ibadah puasa:

TRENDING:  Apa Artinya Sunah Rosul dan Apa Amalan Dalam Sunah Rosul? Simak Ulasannya!

1. Membebaskan Budak

Bagi pelaku zina saat ramadhan, diharuskan untuk membebaskan seorang budak. Seseorang yang menjadi milik seorang tuan inilah yang disebut dengan budak. Lain halnya dengan pekerja, budak tidak pernah dibayar. Budak juga tidak diperhatikan hak asasinya sebagai manusia yang memiliki pikiran dan perasaan. Pelaku zina harus membebaskan orang tersebut dan memberinya bantuan kehidupan yang lebih layak.

2. Puasa Dua Bulan

Lakukan puasa dalam waktu dua bulan. Cara ini adalah opsi yang banyak dilakukan, mengingat zaman sekarang sudah hampir tidak ada perbudakan di Indonesia. Pada saat ini penebusan dosa berzina saat puasa adalah mengkafarati hubungan badan yang telah dilakukan, yaitu berpuasa selama dua bulan berturut-turut. Jika tidak dapat melakukannya karena sudah tua atau mengalami sakit tertentu, bisa digantikan dengan memberi makan pada sebanyak 60 orang miskin.

3. Taubat Nasuha

Lakukan taubat nasuha. Ini merupakan taubat yang sungguh diniatkan untuk memohon pengampunan Allah atas dosa besar yang dilakukan. Cara melakukannya dimulai dengan niat yang tulus, melakukan takbiratul ihram, dilanjutkan dengan membaca Al-Fatihah. Baca juga beberapa surat pendek dan lakukan rukuk, itidal dan sujud seperti halnya shalat biasa. Hal yang membedakannya adalah niat yang murni untuk bertaubat. Panjatkan doa secara pribadi dengan Allah secara khusyuk.

4. Menjaga Diri

Jauhilah sumber yang memungkinkan terjadinya zina seperti berduaan dengan pacar, melihat video yang membangkitkan syahwat, dan sebagainya. Dekatkan diri dengan komunitas yang berisikan orang shalih dan sama-sama ingin belajar untuk mendalami agama. Perbanyaklah melakukan ibadah secara ikhlas dan sadar, bukan karena menyesal saja namun yakin untuk berubah seterusnya. Bercermin kembali pada dosa semasa hidup dan memohon ampun sebenar-benarnya.

TRENDING:  Ini Manfaat Puasa Senin Kamis Bagi Wanita Agar Semakin Semangat Menjalankannya

Demikian pembahasan mengenai dosa zina yang perlu diketahui. Ramadhan merupakan kesempatan berharga yang harus dimanfaatkan dengan baik untuk memperbanyak amal baik. Ada beberapa orang yang harus menebus dosa zina di bulan puasa, namun maha suci Allah yang memberi pintu maaf bagi yang bersungguh-sungguh dalam memohon pengampunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.