5 Kisah Nabi dan Mukjizatnya yang Harus Dikenalkan pada Anak

5 Kisah Nabi dan Mukjizatnya yang Harus Dikenalkan pada Anak

Mengajarkan ilmu agama kepada anak bisa dilakukan dengan berbagai cara, bukan hanya melalui ibadah wajib. Anak juga dapat dikenalkan dengan lima Nabi dan mukjizatnya yang mendapatkan gelar Ulul Azmi. Makna adalah kekuatan dan keteguhan hati. Kelima Nabi yang dianugerahi Ulul Azmi memiliki kesabaran dan tekad luar biasa untuk menjalankan tugasnya meski dihadang berbagai cobaan. Berikut rangkuman kisah teladannya:

1. Nabi Nuh

Dikenal dengan kisahnya ketika menghadapi kaum yang sangat sulit untuk beriman pada Allah, yaitu Bani Rasib. Dalam perjalanannya, Nabi Nuh berusaha mengarahkan kaum Bani Rasib yang masih menyembah patung serta berhala. Bahkan, anak serta istri beliau pun juga ikut menyembahnya. Allah menurunkan azab pada kaum tersebut melalui kekeringan dan kaum perempuan yang mandul.

Saat itulah Nabi Nuh datang untuk membantu mengatasi keterpurukan ternak serta tanaman akibat bencana kekeringan. Nabi Nuh akhirnya diutus oleh Allah agar membuat sebuah kapal untuk menyelamatkan diri. Hal itu membuatnya dituduh gila karena tidak mungkin akan terjadi banjir bandang. Akibatnya seluruh kaum tersebut akhirnya hanyut oleh banjir, dan yang selamat adalah yang ikut serta dengan kapal Nabi Nuh.

2. Nabi Ibrahim

Pengalaman Nabi Ibrahim adalah mukjizat yang sulit dipercaya, namun nyatanya sungguh terjadi. Pada waktu itu Nabi Ibrahim berusaha untuk melakukan diskusi dengan kaum penyembah berhala. Saat usahanya tidak pernah digubris, beliau akhirnya menghancurkan berhala sehingga menimbulkan kemarahan Raja Namrud.

Sebagai konsekuensinya, Nabi Ibrahim dihukum dengan dibakar hidup-hidup. Nabi dan mukjizatnya sungguh terjadi pada saat itu, dimana api yang berkobar ternyata tidak membakar tubuhnya. Beliau selamat dan hal ini menunjukkan kuasa Allah, tepat di hadapan para penyembah berhala.

TRENDING:  Penting! Manfaat Puasa Rajab 10 Hari yang Perlu Diketahui

3. Nabi Musa

Pada masa kejayaan Firaun ketika itu, Nabi Musa beserta kaumnya berada di bawah ancaman Fir’aun beserta pengikutnya yang tak kenal ampun. Nabi Musa dikarunia sebuah tongkat oleh Allah SWT yang menjadi salah satu mukjizat nyata bagi beliau dan kaumnya. Melalui tongkat tersebut, secara ajaib Nabi Musa dapat membelah lautan. Berkat keajaiban ini, Nabi Musa bisa mengajak kaumnya untuk pergi dan terhindar dari kekejaman Raja Firaun.

4. Nabi Isa

Mukjizat yang dialami Nabi Isa telah terlihat sejak bayi. Secara mengejutkan beliau sudah dapat berbicara dengan lancar saat masih bayi. Nabi Isa dikaruniai kemampuan dalam menyembuhkan orang yang buta dan memiliki penyakit kulit.

Pada saat perang, salah satu pengikutnya yakni Yahuza berkhianat dan memberitahu musuh tentang persembunyian Nabi Isa. Tiba-tiba wajah Yahuza berubah menjadi mirip Nabi Isa dan diserang hingga terbunuh. Nabi Isa selamat dan tetap melanjutkan hidupnya dan meneruskan baktinya pada sang Ibu, Maryam.

5. Nabi Muhammad

Bila membahas Nabi dan mukjizatnya, tentu tidak lepas dari kisah Nabi Muhammad SAW. Pada masa hidupnya, beliau diutus untuk membuktikan kenabiannya pada penduduk di Mekkah. Salah satu yang menggugah hati adalah ketika bertemu dengan seorang nenek yang membencinya bahkan mengatakan bahwa jangan mendekati orang bernama Muhammad.

Nenek tersebut dibantu Nabi Muhammad untuk membawa beban yang sangat berat tanpa menyebutkan identitasnya. Pada akhirnya nenek menanyakan siapa namanya. Begitu tahu yang di hadapannya adalah Nabi Muhammad, nenek tersebut langsung masuk Islam tanpa keraguan. Bahkan, Nabi Muhammad dianugerahi kemampuan membelah bulan hingga mengeluarkan air murni dari sela jarinya.

Demikian pembahasan kisah lima Nabi dan mukjizatnya yang bisa dijelaskan secara sederhana pada anak. Keteguhan, kejujuran, dan sikap terpuji lainnya dari seorang Nabi dapat dipelajari dan diterapkan oleh siapa saja tanpa batasan usia.

TRENDING:  Ini Ketentuan dan Cara Bayar Fidyah Puasa Menurut Mayoritas Ulama

Sejak dini anak bisa dikenalkan dengan kisah teladan Nabi. Selama terdapat kemauan untuk menjadi versi lebih baik dari diri sendiri, umat Islam dapat menjalankan perintah Allah SWT dan belajar banyak dari kisah Nabi semasa hidupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.