Mengenal Lebih Jauh Seputar Puasa Weton untuk Kekayaan

Mengenal Lebih Jauh Seputar Puasa Weton untuk Kekayaan

Islam memiliki berbagai macam ibadah yang dapat dilakukan untuk mengharap ridha dan mendekatkan diri dengan Allah SWT. Ada pula ibadah yang sebenarnya tidak terdapat dalam ajarannya, namun diterapkan oleh banyak orang tergantung budaya masing-masing. Contoh yang paling banyak dilakukan adalah Puasa Weton, berasal dari Jawa. Saat mendengarnya, mungkin orang berpendapat bahwa puasa Weton untuk kekayaan semata. Padahal ada berbagai hal batiniah yang dapat ditingkatkan. Rasa percaya diri, saling mengasihi, perlindungan, hingga wibawa. Inilah hal yang perlu diketahui tentang puasa Weton.

Pengertian Puasa Weton

Ibadah ini dilakukan pada saat hari kelahiran dalam hitungan kalender Jawa, yang memiliki sebutan lain yaitu Weton kelahiran. Dalam memperingati hari lahirnya seseorang, puasa ini seringkali dilakukan ketika  ada hajat ataupun keinginan penting. Puasa ini juga dipercaya mampu bisa mendatangkan berbagai kemudahan pada hidup seseorang.

Sebelum berpuasa dan melakukan ibadah apapun, seseorang perlu membacakan niat dalam hati. Hal ini memiliki keutamaan untuk menunjukkan hati yang sungguh-sungguh untuk melaksanakan ibadah. Niat sebelum melakukan puasa Weton untuk kekayaan bisa dipanjatkan sesuai hajat yang ingin dilaksanakan.

Jenis Puasa Weton

Puasa Weton cukup banyak dilakukan oleh orang Jawa. Puasa Weton untuk kekayaan dan hajat lainnya terdiri dari tiga jenis. Masing-masing puasa ini sedikit berbeda dari durasi pelaksanaannya yakni seperti berikut:

1. Puasa Sehari Penuh

Pertama adalah yang dilaksanakan sehari penuh yakni 24 jam. Puasa ini adalah yang paling sering dilakukan, tepatnya sehari sebelum hari lahirnya. Pelaksanaan puasanya mirip dengan yang dilakukan saat Ramadhan, namun dikhususkan dengan adanya niat permohonan tertentu yang disampaikan dengan sungguh-sungguh pada Allah SWT.

2. Puasa Tiga Hari

Kedua, ada juga puasa yang dikerjakan tiga hari menjelang ulang tahun sampai sehari setelahnya. Puasa ini dikenal juga dengan Ngebleg. Dalam puasa ini, tata caranya masih sama dengan puasa sehari menjelang hari kelahiran.

TRENDING:  Ketahui Manfaat Puasa Daud untuk Rezeki Hingga Dampaknya pada Kesehatan

3. Puasa Tujuh Kali

Ketiga, terdapat puasa tiga hari yang harus diulang sebanyak tujuh kali. Caranya persis seperti jenis kedua, namun hal ini diulangi dalam waktu tujuh bulan sekaligus sehingga totalnya berjumlah 21 hari. Hal ini biasa dilakukan oleh individu yang memiliki keinginan berjangka panjang serta yang ingin lekas terwujud.

Manfaat Puasa Weton

Secara umum, puasa Weton diniatkan untuk memohon agar hajat seseorang segera dikabulkan oleh Allah. Pada zaman dahulu, banyak juga yang berpuasa Weton untuk keperluan lainnya. Berikut manfaat dari puasa ini:

  • Mendekatkan diri pada roh leluhur sehingga hatinya lebih tenang dan peka pada isyarat dari Tuhan.
  • Memiliki khasiat baik bagi tubuh. Pencernaan akan diberi istirahat sementara sehingga tidak bekerja terus menerus dan organ lain juga diberi jeda.
  • Dapat m menguatkan kondisi mental seseorang, karena dilatih untuk bersabar dan mengendalikan berbagai keinginan dalam dirinya.
  • Mendekatkan jiwa seseorang dengan Allah, serta kemungkinan untuk dikabulkannya doa akan lebih tinggi.

Tata Cara Berpuasa Weton

Sama halnya dengan berpuasa ketika Ramadhan, puasa Weton untuk kekayaan memiliki mekanisme yang serupa. Bangunlah pada kisaran pukul 3 lalu mulai dengan membaca niat kemudian makan sahur. Sebelum berkumandangnya adzan subuh, lakukan shalat hajat sebanyak dua rakaat. Dianjurkan untuk sering melakukan wudhu. Setelah puasanya selesai, jangan lupa untuk berdoa mengucap syukur karena  sudah dikuatkan untuk menjalankan puasanya sampai selesai.

Terdapat ajaran berupa Kejawen yang menyarankan seseorang melakukan ritual mandi dengan menebarkan kembang tujuh rupa. Hal ini dilaksanakan setelah puasa berakhir. Caranya dengan menyiramkannya dari bagian teratas kepala sampai ke ujung kaki. Puasa ini dilengkapi dengan menyajikan makanan sebanyak tujuh jenis jajanan untuk berbuka. Dianjurkan juga menghidangkan bubur berwarna merah putih untuk penutupnya.

TRENDING:  5 Amalan Nabi Yusuf Membuka Aura yang Bisa Dipraktekkan

Itulah informasi mengenai puasa Weton untuk kekayaan. Memperbanyak ibadah merupakan kebiasaan yang harus dipupuk sejak sekarang, selagi Allah masih memberi kesempatan untuk menjalankan hidup. Tidak hanya melalui amal ibadah, melainkan juga diiringi wawasan dan kemauan untuk terus berbenah diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.