Khasiat Puasa 7 Senin 7 Kamis untuk Kebiasaan Hidup Lebih Baik

Khasiat Puasa 7 Senin 7 Kamis untuk Kebiasaan Hidup Lebih Baik

Puasa Senin Kamis adalah salah satu ibadah sunah yang dianjurkan dalam Islam. Tidak hanya sebagai wujud ibadah, namun puasa Senin Kamis juga memiliki berbagai manfaat. Khasiat puasa 7 Senin 7 Kamis bisa dirasakan jika melakukannya secara rutin. Manfaat yang didapat sangat berguna bagi tubuh dan bisa meningkatkan pola hidup.

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui tentang berbagai manfaat dalam menjalankan ibadah puasa ini. Jadi, pada pembahasan kali ini akan dijelaskan secara tuntas tentang lima khasiatnya. Penasaran ada apa saja? Simak penjabarannya berikut ini:

1. Mengurangi Lemak dalam Tubuh

Menumpuknya kadar lemak dalam tubuh bisa dihilangkan dengan rutin melakukan puasa Senin Kamis. Jika lemak dalam tubuh berkurang, maka secara otomatis juga bisa menghindari berbagai penyakit yang menyertainya. Contohnya, penyakit jantung dan darah tinggi. Dua penyakit ini penyebab utamanya adalah lemak yang menumpuk.

Jika diuraikan, puasa Senin Kamis bisa mengurangi lemak, menghindari penyakit jantung, darah tinggi, dan beberapa penyakit lainnya. Khasiat satu ini adalah yang terpenting karena berhubungan langsung dengan kesehatan. Jadi, puasa Senin Kamis tidak hanya memiliki manfaat ibadah, tapi juga untuk menjaga kesehatan.

2. Bisa Membuat Pencernaan Istirahat

Saat melakukan puasa Senin Kamis dan tidak makan, maka pencernaan juga akan melakukan istirahat. Organ pencernaan yang terus menerus bekerja setiap hari harus diberi jeda untuk bisa beristirahat. Jika sudah diberi jeda, maka pencernaan bisa kembali bekerja tanpa hambatan dan bisa digunakan secara maksimal.

Saat melakukan puasa secara rutin dan pencernaan istirahat, maka secara otomatis akan terhindar dari berbagai penyakit pencernaan. Contohnya penyakit lambung, diare, sembelit, dan yang lainnya. Semakin rutin melakukan puasa Senin Kamis, maka pencernaan akan semakin baik.

TRENDING:  Penting! Manfaat Puasa Rajab 10 Hari yang Perlu Diketahui

3. Membuat Metabolisme Menjadi Lancar

Khasiat puasa 7 Senin 7 Kamis yang ketiga adalah membuat metabolisme menjadi lancar. Berpuasa akan membuat tubuh terbiasa menunda makan dan mengurangi porsinya. Hal ini akan membuat tubuh membangun ulang sistem metabolismenya menjadi lebih baik. Agar khasiat ini bisa dirasakan dengan tepat, harus diimbangi juga dengan makanan yang berserat.

Jika metabolisme sudah semakin baik, hal-hal bermanfaat lainnya juga akan menyertai. Contohnya, hilangnya racun dari tubuh karena kebiasaan puasa. Jadi, manfaat satu ini bisa memberi banyak keuntungan bagi tubuh. Usahakan rutin melakukan puasa Senin Kamis agar manfaat ini bisa terus dirasakan.

4. Bisa Meningkatkan Kesabaran

Jika khasiat-khasiat di atas berhubungan erat dengan kesehatan, khasiat kali ini berhubungan dengan gaya hidup. Puasa Senin Kamis yang selalu dilakukan bisa meningkatkan kesabaran yang dimiliki. Hal ini dikarenakan jika berpuasa diharuskan untuk menahan marah dan emosi untuk berbagai kondisi yang mungkin saja terjadi.

Saat berpuasa, lebih baik melakukan banyak kegiatan positif yang bisa memberi manfaat dan pahala. Jadi, khasiat satu ini sangat berhubungan erat dengan kebiasaan hidup yang akan semakin baik. Tingkat taqwa pada Allah juga akan meningkat jika rutin melakukan puasa Senin Kamis.

5. Sebagai Alat Melatih Kedisiplinan

Tingkat disiplin juga akan meningkat jika melakukan puasa Senin Kamis. Hal ini bisa terjadi karena terus merasa was-was dengan hal-hal yang dilakukan sehingga akan sering melakukan hal baik. Rasa was-was ini timbul karena ketakutan pada Allah. Jadi, khasiat puasa Senin Kamis ini juga berhubungan dengan kebiasaan hidup.

Itulah lima khasiat puasa 7 Senin 7 Kamis yang bisa didapat dengan mudah. Selain manfaat kesehatan, juga ada manfaat meningkatkan pola hidup yang lebih baik. Jadi, puasa Senin Kamis memiliki banyak manfaat tidak hanya dari segi ibadahnya. Sangat disarankan untuk melakukan puasa ini secara rutin untuk merasakan berbagai manfaatnya.

TRENDING:  Inilah 5 Kisah Romantis Nabi Muhammad dan Aisyah yang Dapat Ditiru

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.