Ketahui Manfaat Puasa Daud untuk Rezeki Hingga Dampaknya pada Kesehatan

Ketahui Manfaat Puasa Daud untuk Rezeki Hingga Dampaknya pada Kesehatan

Di samping puasa Ramadhan, puasa sunah yang dikerjakan umat muslim cukup beragam salah satunya puasa daud. Berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari, Nabi Muhammad bersabda bahwasanya puasa yang paling afdhal diantara puasa sunah lainnya adalah puasa daud. Banyak manfaat puasa daud untuk rezeki dan keberkahan hidup lainnya yang bisa didapatkan.

Puasa daud dijalankan dengan cara bergantian hari yakni sehari berpuasa kemudian besoknya tidak dan seterusnya. Karena proporsi berpuasa dan tidaknya seimbang, puasa ini tergolong berat karena harus dilakukan secara terus menerus. Jangan khawatir, Allah menjanjikan berbagai manfaat dan keberkahan dalam puasa daud seperti yang dapat disimak di bawah ini.

1. Puasa Daud Dapat Mendatangkan Rezeki

Siapapun dan apapun makhluk hidup yang ada di dunia pasti akan memperoleh rezeki dari Sang Pencipta. Bentuk rezeki tidak selalu uang dan materi melainkan kebahagiaan, kesehatan, ketenangan hingga dihindarkan dari musibah. Hal ini merupakan rezeki Allah yang tidak terhitung nilainya. Dengan melaksanakan puasa daud secara berkala, Allah akan tambahkan rezeki hamba-Nya lewat jalan yang tak disangka.

Muslim yang taat memandang rezeki sebagai satu bentuk dari banyaknya cinta Allah kepadanya sehingga sekecil apapun rezeki yang didapatkan, umat ini tidak lupa untuk selalu bersyukur. Balasan Allah atas puasa daud yang dijalankan mencakup rezeki yang berkecukupan sehingga hamba tersebut tidak akan pernah merasa kekurangan.

2. Dapatkan Pahala Berlimpah

Diantara banyak sunah yang bisa dilaksanakan umat muslim untuk memperoleh pahala, puasa daud-lah yang menjadi sunnah paling utama. Bahkan, puasa ini dianjurkan untuk dikerjakan secara berkesinambungan. Saking istimewanya puasa daud, Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa tidak ada yang bisa menandingi puasa daud yang memiliki derajat keutamaan paling tinggi.

TRENDING:  Simak Cara Melupakan Mantan Pacar Menurut Islam Ini Agar Cepat Move On

Derajatnya yang tinggi, bagi muslim yang menjalankan puasa daud akan diganjar oleh pahala yang tidak terhingga. Sekecil apapun amal yang dilakukan, akan selalu ada balasannya dari Allah termasuk puasa daud ini. Jika ingin disayang Allah dan memperoleh banyak pahala, mulailah berpuasa daud dari hari ke hari.

3. Allah Memalingkan Hati Hamba-Nya dari Maksiat

Ingin terhindar dari maksiat dan terjaga dari melakukannya? Maka kerjakanlah puasa daud. Walaupun tidak ada orang yang selalu bersih dan tidak melakukan kesalahan, dengan puasa daud hatinya akan Allah gerakkan untuk menghindari maksiat. Saat melakukan perbuatan yang terdapat unsur maksiat akan merasa tidak tenang.

Ini merupakan karunia dan bentuk kasih sayang Allah agar hamba-Nya tidak menambah dosa yang bisa meringankan timbangan kebaikannya di akhirat nanti. Dengan terhindar dari maksiat, hidup juga menjadi lebih tenang dan tidak dihinggapi rasa was-was sebagaimana orang yang merasa berdosa ketika bermaksiat.

4. Puasa Daud Menjadikan Tubuh Lebih Sehat

Manfaat puasa daud untuk rezeki bisa didapatkan melalui nikmat sehat. Seseorang yang rutin berpuasa daud dapat memperbaiki sel dalam tubuhnya yang rusak sehingga dapat kembali berfungsi secara normal. Tekanan darah tinggi dan risiko penyakit jantung juga berkurang berkat rutin melakukan puasa daud. Dengan begitu, tubuh dan bagian organ tubuh lainnya akan menjadi lebih sehat.

5. Mempunyai Akhlak yang Baik

Puasa selain menahan lapar dan dahaga juga diharuskan menahan emosi dan tindakan-tindakan yang buruk. Akan sangat disayangkan jika pahala berpuasa terkikis karena perilaku yang tidak baik. Rutin mengerjakan puasa daud bermanfaat untuk melatih emosi dan selalu berusaha untuk menjadi pribadi berakhlak baik.

Manfaat puasa daud untuk rezeki hingga dampaknya pada kesehatan tubuh sangat sayang jika dilewatkan. Meski menjalankan puasa daud terbilang berat karena membutuhkan konsistensi tinggi, umat muslim bisa mencobanya sedikit-sedikit hingga terbiasa. Jadi, Insya Allah akan merasakan manfaat dan rezeki berlimpah dari puasa daud.

TRENDING:  Inilah Hukum hingga Cara Menebus Dosa Zina di Bulan Puasa

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.