cara melupakan mantan pacar menurut islam

Simak Cara Melupakan Mantan Pacar Menurut Islam Ini Agar Cepat Move On

Putus dengan kekasih tentu menjadi hal yang berat untuk kebanyakan orang. Karena berpacaran merupakan hal yang dilarang dalam islam, tidak sedikit umat muslim yang mulai melepas kekasihnya demi mengikuti syariat ini. Umat diajarkan cara melupakan mantan pacar menurut islam agar tidak berlarut-larut dalam kesedihan dan kesengsaraan.

Walaupun putus karena berniat hijrah dilakukan dengan ikhlas, terkadang hati dan pikiran masing terbayang-bayang mantan sehingga mengganggu aktivitas. Jika terus teringat mantan, keputusan untuk hijrah bisa dengan mudah tergoyahkan. Untuk menghindari hal tersebut, melupakan mantan pacar dengan cara-cara yang bisa diikuti berikut ini:

1. Memohon Ampunan Kepada Allah dengan Shalat Taubat

Pada ajaran Islam, bersentuhan kulit dengan lawan jenis secara sengaja sudah termasuk berdosa apalagi pacaran yang diisi dengan banyak berpegangan tangan. Hal ini tentu menjadi dosa jariah jika tidak segera memutuskan untuk berhijrah. Bukan saja berpegangan tangan, hanya membayangkan kekasih dan memenuhi pikiran olehnya pun dapat membuat umat melupakan Allah dalam hatinya.

Segeralah lakukan shalat taubat ketika menyadari banyak dosa yang sudah dilakukan ketika berpacaran. Mohon ampunan dari Allah dan mintalah diberikan ketabahan serta iman yang kuat agar tidak lagi terjerumus kepada hal-hal yang dilarang. Dengan banyak bertaubat, hati akan selalu mengingat Allah dan pikiran-pikiran tentang mantan akan terhapuskan.

2. Menyibukkan Diri dengan Hal-hal Positif

Saat seseorang menyibukkan diri, biasanya pikiran akan terpusat pada pekerjaan atau hal tersebut. Melalui cara ini seseorang bisa melupakan mantan pacarnya dengan cepat bahkan tidak ada waktu lagi untuk mengingatnya. Sibukkanlah diri dengan hal-hal bermanfaat seperti membaca buku, mengikuti kegiatan amal dan banyak hal lainnya.

Usahakan mengurangi waktu luang karena sibuk dengan banyak hal, tidak ada lagi waktu tersisa untuk berkhayal kenangan indah tentang mantan. Hal ini akan semakin memantapkan langkah untuk terus berpegang teguh pada prinsip hijrah. Selain demi melupakan mantan, memiliki banyak kegiatan juga bermanfaat untuk melatih otak agar selalu aktif.

TRENDING:  Hati Kacau dan Gelisah? Inilah 6 Cara Menenangkan Hati Menurut Islam

3. Yakinkan Diri Bahwa Putus dari Kekasih adalah Pilihan Terbaik

Takdir yang terjadi pada manusia merupakan jalan yang diberikan Allah agar terhindar dari hal yang membahayakan. Meski terkadang hikmah dibalik takdir Allah tidak langsung diketahui, umat islam diharuskan berprasangka baik pada ketetapan-ketetapan yang Allah beri. Percaya bahwa putus merupakan jalan terbaik dari Allah akan menyelamatkan seseorang dari penyesalan dan kesedihan.

Yakinkan dalam hati bahwa Allah menyayangi hambanya dengan memberikan jalan untuk bertaubat dan keluar dari dosa-dosa serta kemaksiatan. Jika Allah tidak sayang, mungkin hamba-Nya akan tetap dibiarkan berada dalam kemaksiatan dan menumpuk dosa hingga tidak terhitung jumlahnya. Menanamkan pikiran ini akan membuat hati menjadi lebih tenang karena telah memilih jalan yang tepat.

4. Hindari Mencari Tahu Segala Hal Tentang Mantan

Terbiasa bersama mantan pacar di hari-hari sebelum putus sering membuat seseorang penasaran tentang kabar terbaru sang mantan setelah putus. Hal ini bisa menjadi penyumbang besar seseorang sulit move on dari mantan pacar. Melihat aktivitasnya sehari-hari melalui media sosial akan menumbuhkan rasa rindu hingga ingin menemuinya kembali.

Jika sudah begitu, bisa jadi keputusan untuk hijrah atau berpisah dari mantan menjadi goyah. Stop stalking mantan melalui media sosial atau menanyakan kabar kepada teman-teman sang mantan agar cepat melupakannya. Apabila sudah terbiasa tanpa kabar darinya, lambat laun mantan tersebut akan terlupakan.

5. Perbanyak Ibadah dan Mengingat Allah

Mendekatkan diri pada Allah merupakan salah satu cara melupakan mantan pacar menurut islam yang paling ampuh. Perbanyaklah ibadah dan memohon kepada Allah ketenangan hati dan pikiran agar ingatan tentang mantan yang melintas tidak lagi berdampak apa-apa. Jika berdoa dengan sungguh-sungguh, niscaya Allah akan mengabulkan doa hamba-Nya.

TRENDING:  Inilah Hukum hingga Cara Menebus Dosa Zina di Bulan Puasa

Move on dari mantan pacar memang berat namun, dengan cara melupakan mantan pacar menurut islam hal-hal yang tidak diinginkan dapat dihindari. Sisi positifnya, seseorang menjadi lebih dekat dengan Allah dan memiliki banyak kegiatan berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.