hal yang mengurangi pahala puasa

5 Hal yang Mengurangi Pahala Puasa Ini Wajib Disimak

Puasa merupakan ibadah yang sangat mulia. Banyak orang yang melakukan puasa untuk mendapatkan pahala untuk menggugurkan kewajiban seperti halnya puasa ramadhan. Perlu diketahui bahwa terdapat banyak hal yang mengurangi pahala puasa baik itu puasa wajib maupun puasa sunnah. Berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Mengeluh Lapar dan Haus

Berpuasa memang akan membuat seseorang menjadi lapar dan haus karena menahan untuk tidak makan dan minum sejak pagi hingga petang. Sebagai umat muslim, alangkah lebih baik untuk tidak mengeluh ketika berpuasa. Memang mengeluhkan lapar dan haus tidak akan membatalkan puasa namun termasuk hal yang mengurangi pahala puasa.

Melakukan puasa merupakan salah satu bentuk menghormati masyarakat yang susah mencari makan sehingga tidak dapat makan secara teratur. Banyak pula manfaat yang didapatkan dari berpuasa ini yaitu belajar bersyukur karena selama ini diberikan hidup berkecukupan, alternatif untuk diet, dan masih banyak lagi.

2. Tidur Berlebihan

Tidur memang dapat menyehatkan badan, namun jika berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan. Keadaan seseorang yang masih berpuasa memang menjadikan tubuh lemah dan lesu namun bukan berarti harus bermalas-malasan. Puasa jangan dijadikan sebagai alasan untuk tidak produktif justru puasa harus diisi dengan banyak kegiatan agar waktu berjalan cepat.

Terdapat hadis yang menyatakan bahwa tidurnya orang yang berpuasa merupakan sebuah pahala, namun hadis tersebut lemah sehingga lebih baik melakukan aktifitas. Bekerjalah seperti biasanya dan isilah puasa ini dengan kegiatan yang positif seperti mengikuti pengajian, membaca Al-Qur’an, mempelajari ilmu fiqih, dan lainnnya.

3. Makan dan Minum Berlebihan

Berpuasa memang akan menjadikan seseorang menjadi sangat lapar sehingga ketika buka mengonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak. Tentu saja hal tersebut tidak boleh dilakukan karena membahayakan kesehatan dan juga tidak baik menurut ajaran islam. Makanlah sewajarnya saja dengan makanan yang bergizi dan didahului takjil yang manis.

TRENDING:  Apa Artinya Sunah Rosul dan Apa Amalan Dalam Sunah Rosul? Simak Ulasannya!

Orang yang makan secara berlebihan akan menjadikan perut menjadi buncit dan cepat mengantuk. Dikhawatirkan hal tersebut akan membuat shalat tarawih menjadi tidak khusyu. Manfaatkanlah momen berpuasa ini dengan memasak sendiri makanannya dan membentuk porsi makan yang pas agar badan tetap sehat dan bugar.

4. Ghibah

Ghibah atau yang lebih sering dikenal dengan menggunjing merupakan perbuatan yang kerap kali dilakukan di masyarakat, terutama kaum ibu-ibu. Tidak lengkap jika dalam hari tersebut belum menggunjing tetangga ataupun artis yang sedang dilanda gosip miring. Perilaku tersebut tentu sangat tercela sekali baik di hari puasa maupun tidak.

Al-Qur’an menyebutkan bahwa orang yang menggunjing sama saja dengan memakan bangkai saudaranya sendiri sehingga perbuatan tersebut memang sangat dilarang sekali. Terlebih ketika seseorang sedang berpuasa, maka pahala yang telah didapatkan secara susah payah dapat berkurang atau bahwa gugur. Sunggung sangat disayangkan sekali.

5. Memandang Dengan Syahwat

Seperti yang telah diketahui bersama bahwa puasa merupakan salah satu upaya untuk mengendalikan hawa nafsu sehingga harus menahan syahwatnya. Sebagai umat muslim yang baik dilarang melihat sesuatu yang dapat mengundang syahwat ketika sedang berpuasa. Perbuatan tersebut nantinya dapat membuat puasa menjadi tidak sempurna.

Media sosial merupakan salah satu yang sebaiknya dihindari ketika sedang berpuasa karena mengandung banyak sekali konten yang dapat mengundang syahwat. Sebagai gantinya, lihatlah konten yang bermanfaat seperti kultum di televisi, tadarus Al-Qur’an, ilmu pengetahuan islam, dan lainnya.

Agar pahala berpuasa tetap utuh, beberapa poin mengenai hal yang mengurangi pahala puasa di atas harus dihindari. Perbuatan yang telah disampaikan di atas juga termasuk ke dalam perbuatan tercela yang tidak disukai oleh Allah SWT.

TRENDING:  Ikutilah Sunnah Rasul! Berikut 6 Cara Berdagang Nabi Muhammad yang Wajib Diketahui!

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.