kisah sahabat nabi yang mengharukan

Inilah 5 Kisah Sahabat Nabi yang Mengharukan yang Harus Dibaca!

Sebagai seorang muslim mengetahui dan mengimani Nabi adalah hal yang wajib. Untuk memperdalam rasa cinta kepadanya bisa dilakukan dengan membaca dan memahami kisah-kisahnya. Akan tetapi selain kisah para Nabi juga terdapat kisah sahabat Nabi yang mengharukan jadi tidak heran rasanya untuk mengetahui kisah-kisah itu. Berikut ini 5 kisah sahabat nabi yang harus diketahui:

1. Abu Bakar As Siddiq Menjelang Kematiannya

Abu Bakar adalah salah seorang sahabat nabi yang sangat dekat. Selain sebagai seorang sahabat beliau juga mertua Nabi Muhammad dari istrinya yang bernama Aisyah. Cerita ini bermula saat beliau terbaring sakit setelah peninggalan Rasulullah. Anaknya Aisyah menawarkan beliau untuk berobat, namun ternyata beliau menolak padahal saat itu sakitnya semakin parah. Beliau berkilah bahwa sudah berobat padahal dalam hatinya sudah muncul perasaan akan kembali kepada-Nya.

Puncaknya dari kisah mengharukan ini adalah saat Aisyah bertanya ” Ayah kain mana yang nanti akan dipakai mengkafani mu?”. Abu Bakar menjawab ” Pakailah baju biasa yang aku kenakan saat bersama Rasulullah dulu”. Ternyata baju tersebut sudah lusuh dan usang, Aisyah tidak tega dan menawarkan membeli kafan baru tetapi lagi-lagi usul tersebut ditolak. Akhirnya beliau meninggal dan memakai baju tersebut sebagai kafannya. Menurutnya orang hidup lebih berhak dengan sesuatu yang baru daripada orang mati.

2. Bilal Bin Rabah

Kisah sahabat Nabi yang mengharukan selanjutnya adalah Bilal. Bilal adalah orang  yang mengumandangkan adzan saat Rasulullah wafat di Madinah. Setelah itu beliau pindah ke Damaskus karena menurutnya jika di tempat yang sama maka kenangan bersama Rasulullah akan terus dingatnya. Kesedihan itu akan terus dirasakan. Namun ternyata beberapa saat setelah kepindahannya Nabi menemuinya dalam mimpi dan bertanya kenapa tidak mengunjunginya lagi.

TRENDING:  Cara Mengatasi Bayi Rewel Menurut Islam Ini Paling Sering Dipraktekan

Sesaat setelah saat itu bergegaslah ia ke Madinah dan berziarah ke makam Nabi. Beliau juga menjadi muadzin di sana lagi dan saat mengumandangkan Ashadu anna Muhammadarrasulullah air matanya jatuh. Beliau sangat merindukan Nabi dan sejak saat itu jika sedang mengumandangkan adzan pasti selalu saja menangis teringat Rasulullah.

3. Hanzalah Sahabat Nabi Yang Mati Syahid

Dikisahkan Handzalah adalah seorang pejuang muslim dalam melawan kekejaman Quraisy. Pada saat itu beliau baru saja menghabiskan malam pertama bersama istrinya Jamilah yang baru dinikahinya. Namun pagi harinya ada seruan untuk berjihad. Ada rasa tidak enak terhadap istrinya tetapi karena rasa iman dan patuhnya pada Nabi tetap saja Ia berangkat ke medan perang.

Saat berperang ternyata Handzalah meninggal karena ditusuk pedang dan belati. Rasulullah melihat jenazahnya dan ternyata bersih dari bercak darah. Beliau Rasulullah berkata bahwa Handzalah meninggal syahid dalam keadaan junub dan dimandikan oleh malaikatnya Allah. Handzalah telah disucikan malaikat dan akan masuk ke surganya Allah. Akhirnya Jamilah harus merelakan suaminya di hari pertama pernikahan mereka.

4. Abu Dujanah

Salah satu kisah yang membuat Nabi bahkan menangis. Abu adalah seorang yang serba kekurangan dalam hidupnya tetapi teramat jujur. Rumahnya dekat dengan pohon kurma dan setiap hari buahnya jatuh. Anaknya yang kelaparan kemudian pergi mengambil buah tersebut. Akan tetapi Abu memaksa mengeluarkan semua yang ada di mulut anaknya. Beliau tidak ingin anaknya mengambil apa yang bukan menjadi haknya. Beliau pun bingung sebenarnya harus berbuat apa soalnya mereka kelaparan setiap harinya, tetapi beliau percaya ada Allah.

5. Umar Bin Khattab

Awalnya musuh akhirnya kecintaan mungkin ini cukup menggambarkan kisahnya. Umar seorang yang sangat memusuhi Rasulullah bahkan sempat berniat untuk membunuhnya. Namun dengan izin Allah dan kebaikan Rasulullah, Umar melunak. Hatinya tergerak untuk memeluk islam dan memperjuangkannya. Seluruh harta bendanya digunakan untuk dakwah di jalan Allah. Beliau adalah sosok yang terus menangisi kepergian Rasulullah sebelum akhirnya tersadar Rasulullah juga hanya manusia. Semasa hidupnya beliau jadi khalifah kemudian meninggal dan dimakamkan dekat makam Rasulullah.

TRENDING:  Mengenal Lebih Jauh Seputar Puasa Weton untuk Kekayaan

Itulah 5 kisah sahabat Nabi yang mengharukan yang wajib diketahui. Itu hanya kisah singkatnya saja untuk lebih lengkapnya silakan baca literatur islami tentang sahabat Nabi. Bukan hanya kisah 5 orang ini tetapi juga terdapat puluhan lainnya. Selamat belajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.