cara berdagang nabi muhammad

Ikutilah Sunnah Rasul! Berikut 6 Cara Berdagang Nabi Muhammad yang Wajib Diketahui!

Salah satu yang menjadi sunnatullah umat muslim di seluruh dunia dalam urusan ekonomi adalah berdagang. Nabi sendirilah yang telah mencontohkannya pada masa itu. Menurutnya tidaklah terbukanya pintu-pintu rezeki kecuali dengan berdagang. Berdagang adalah cara terbaik mencari uang yang diajarkan Nabi. Berikut ini 6 cara berdagang Nabi Muhammad yang wajib dicontoh umat Islam:

1. Niatkan Berdagang Untuk Beribadah

Sejatinya tujuan manusia diciptakan di muka bumi ini adalah untuk beriman dan beribadah kepada Allah. Bukan berarti karena berdagang tujuannya untuk mencari uang umat muslim melupakan kodratnya sebagai manusia. Untuk itu niatkan berdagang bukan semata-mata mencari uang tetapi juga mencari rezeki dan ridho Allah. Berdagang untuk beribadah berarti sebagai umat muslim berarti barang dagangannya harus halal dan tidak melanggar syariat.

2. Melibatkan Allah dalam Segala Urusan

Salah satu cara berdagang Nabi Muhammad yang wajib dicontoh adalah tetap mengutamakan Allah dalam keadaan apapun. Mulai berdagang dengan bismillah dan akhiri dengan hamdallah. Walaupun sedang ramai dagangannya tidak lupa menunaikan ibadah sholat lima waktu. Hal ini sesuai dengan yang diperintahkan Allah yaitu jika adzan berkumandang, tinggalkanlah jual beli dan bergegaslah ke masjid.  Untuk itu walaupun sedang berdagang mencari nafkah Nabi Muhammad tidak pernah meninggalkan sholat. Itulah kenapa juga umat muslim wajib mencontohnya.

3. Selalu Bersikap Jujur

Sebagai seorang pedagang hal terpenting adalah jujur. Jujur terhadap kondisi barang yang dijualnya apakah cacat atau tidak dan apakah bekas atau baru. Tidak mencurangi timbangan saat menimbang barang. Jika pembeli bertanya apakah proses memperoleh barangnya halal atau haram  harus dijawab jujur. Sebagai pedagang yang harus dijual adalah pure barangnya sendiri jika ingin menjual barang orang lain harus izin dahulu. Intinya itu pedagang tidak berbohong kepada pembeli tentang apapun yang berkaitan dengan barang dagangannya sampai dengan proses jual belinya.

TRENDING:  Inilah Cara Memilih Jodoh Menurut Islam yang Bisa Diterapkan Sebelum Menikah

4. Menjaga Kualitas Produk

Kualitas produk adalah salah satu hal utama yang harus dijaga oleh pedagang. Dengan kualitas produk yang baik akan otomatis menarik perhatian pembeli. Harus selalu menjaga kebersihan produk yang dijual juga jika itu berupa barang. Pedagang hendaklah memberi tahu jika produk yang dijualnya cacat sebelum proses jual beli. Tetapi usahakan penjual hanya menjual barang bagus saja barang cacat sebaiknya kembalikan ke gudang saja. Semakin bagus kualitasnya semakin tinggi juga rasa kepercayaan konsumennya.

5. Menentukan Harga Jual Sewajarnya

Untuk menentukkan harga jual haruslah sewajarnya. Pedagang dilarang menentukan mengambil keuntungan yang terlalu tinggi saat berdagang. Hitung terlebih dahulu jumlah modal yang keluar kemudian tentukan  10-20% keuntungannya. Jangan sampai juga jual rugi karena usaha juga butuh profit. Boleh jual secara kredit tetapi tidak boleh ada bunga karena itu jatuhnya riba dan berdosa.  Selain itu jangan lupa setelah mendapatkan keuntungan harus mengeluarkan kewajiban untuk mengeluarkan zakat mal.

6. Senantiasa Bersyukur

Karena orientasinya bukan semata-mata uang tetapi juga beribadah maka berapapun hasilnya wajib disyukuri. Dagangan habis alhamdulillah dan dagangan masih tersisa juga alhamdulillah. Rezeki di muka bumi ini tidak akan tertukar karena sudah ada jatahnya masing-masing. Jika hari ini belum beruntung cobalah di hari esok. Tetap semangat dan berusaha karena umat muslim tidak pernah diajarkan Nabi untuk menyerah. Percaya takdir Allah itu baik tinggal bagaimana mengusahakannya saja.

Itulah 6 cara berdagang Nabi Muhammad yang harus dicontoh oleh setiap umat muslim. Jika gagal bersabarlah dan tingkatkan terus kualitas produknya. Tambah lagi semangatnya tambah lagi doa dan usahanya. Hal ini karena usaha tidak akan menghianati hasilnya.

TRENDING:  Ini Manfaat Membaca Shalawat Nabi 100 Kali yang Perlu Diketahui

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.