manfaat membaca shalawat nabi 100 kali

Ini Manfaat Membaca Shalawat Nabi 100 Kali yang Perlu Diketahui

Shalawat merupakan puji-pujian yang ditujukan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai bentuk cinta umat muslim kepadanya. Pada Al-Qur’an juga disebutkan bahwa Allah dan malaikat bershalawat kepada Baginda Rasulullah SAW. Adanya manfaat membaca shalawat nabi 100 kali maupun jumlah lainnya dapat menyemangati umat muslim agar terus melantunkan shalawat.

Membaca shalawat bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Ketika memiliki waktu luang atau dalam perjalanan, alih-alih melamun dengan pikiran yang kosong hendaknya diisi dengan membaca shalawat. Maka dengan begitu, pahala akan didapatkan dan terhindar dari pikiran-pikiran buruk karena fokus bershalawat. Beberapa manfaat membaca shalawat diantaranya:

1. Mendapatkan Syafaat Nabi di Hari Kiamat

Walaupun umat modern saat ini tidak berjumpa dengan Nabi Muhammad SAW, shalawat tetap sering dilantunkan karena umat muslim percaya bisa mendapatkan syafaat di akhirat kelak. Hal ini bukanlah kabar burung belaka, karena dalam sebuah riwayat Rasulullah pernah bersabda bahwa syafaat akan diberikan pada orang yang selalu bershalawat. Riwayat lain juga menyebutkan manfaat membaca shalawat nabi 100 kali akan didapatkan ketika mengamalkannya di hari Jumat. Inilah rasa cinta Rasulullah kepada umatnya yang juga mencintainya. Baik itu hari Jumat maupun hari lain, hendaknya umat muslim terus bershalawat kepada nabi.

2. Allah Kabulkan Doanya untuk Kehidupan Dunia dan Akhirat

Pada kitab Lubabul Hadits dijelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda yang artinya siapapun yang membaca shalawat sebanyak 100 kali dalam sehari, akan digantikan oleh 100 keinginan. Adapun dari 100 keinginan itu, 30 keinginan untuk kebaikan di dunia dan 70 sisanya untuk kepentingan akhirat.

Adapun yang dimaksud dengan kebaikan dunia adalah segala sesuatu yang ingin dicapai ataupun diinginkan selama di dunia. Misalnya, keinginan untuk mendapatkan kesembuhan, diberikan rizki yang halal dan lain-lain. Sementara keinginan untuk akhirat maksudnya adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan akhirat seperti dibebaskan dari siksa kubur, diampuni dosa dan lain-lain.

TRENDING:  5 Cara Menghafal Cepat Menurut Islam Dijamin Ampuh

3. Membuat Rasa Cinta terhadap Nabi Semakin Dalam

Semakin sering seseorang bershalawat, hatinya akan menjadi lembut dan rasa cinta terhadap Allah dan rasul-Nya semakin dalam. Hendaknya ketika membaca shalawat nabi dilakukan secara ikhlas semata-mata karena bentuk cinta kepada Rasulullah tanpa mengharap apapun. Namun Allah menjanjikan bermacam-macam manfaat yang bisa didapatkan karena Allah pun mencintai hamba yang menjalankan perintahnya.

4. Diberikan Pahala Berlipat Ganda dan Diangkat Derajatnya

Saking mulianya Nabi Muhammad SAW, umat yang bersholawat kepadanya akan diganjar pahala berlipat-lipat hingga derajatnya diangkat dihadapan Allah SWT. Ketika seseorang telah memiliki kedudukan yang tinggi, Allah akan mudah mengabulkan doa yang dipanjatkan serta menghapus dosa-dosa hamba tersebut.

Satu bacaan shalawat pun dapat menaikkan derajat seorang hamba jika dibaca dengan hati yang ikhlas. Bayangkan jika membaca shalawat 100 kali atau lebih, berapa banyak pahala yang akan didapatkannya. Maka dengan memiliki derajat yang tinggi, umat diibaratkan memiliki kartu istimewa untuk memasuki surga Allah.

5. Dibersamakan dengan Nabi Muhammad SAW di Akhirat Kelak

Keutamaan banyak bershalawat pun mengantarkan umat untuk dapat bersama dengan Nabi di akhirat kelak. Baik itu dibaca sebanyak 100 kali atau lebih, Nabi menyukai umatnya yang banyak bershalawat. Hal ini seringkali Nabi sampaikan kepada para sahabat dan disambungkan lewat perawi hadis sampai sekarang.

Itulah manfaat membaca shalawat nabi 100 kali yang sudah banyak dibahas di berbagai tempat karena banyaknya keutamaan yang akan didapatkan. Shalawat yang dibaca pun diperbolehkan shalawat apa saja, mulai dari bacaan shalawat yang panjang maupun pendek asalkan dibaca dengan hati yang ikhlas.

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.