perbedaan akikah dan kurban

Perbedaan Akikah Dan Kurban yang Harus Diketahui

Akikah dan Kurban merupakan niat baik dengan memotong hewan untuk dibagikan kepada orang yang membutuhkan. Meskipun terlihat sama namun ada perbedaan akikah dan kurban yang harus diketahui agar tidak salah paham. Melakukan dua kegiatan ini sama-sama mendapatkan pahala dan juga mengerjakan ibadah yang diharuskan dalam Islam.

Akikah dan kurban dilakukan ketika seseorang memiliki kemampuan finansial yang sudah mencukupi untuk kehidupannya. Ada pula hewan yang dikorbankan untuk melakukan akikah dan kurban yang dianjurkan dalam Islam. Seseorang yang ingin melakukan akikah dan kurban tidak dapat secara bersamaan melainkan harus mengutamakan akikah terlebih dahulu. Langsung saja cek perbedaan akikah dan kurban yang harus diketahui, berikut ini:

1. Tujuan Pelaksanaannya

Melakukan ibadah memiliki suatu tujuan yang menjadi landasan untuk seseorang melakukan ibadah tersebut. Tujuan pelaksanaan antara akikah dan kurban memiliki perbedaan yang harus diketahui agar tidak menimbulkan kesalahan. Aqiqah diadakan yang bertujuan untuk menunjukkan rasa syukur karena telah diberkati karunia seorang anak.

Kurban diadakan karena memiliki tujuan yang sangat penting di agama Islam yaitu mengingat pengorbanan Nabi Ibrahim AS. Keikhlasan Nabi Ibrahim AS sangat patut dicontoh yang salah satunya melakukan kurban.

2. Jenis Hewan dan Bentuk Daging

Jenis hewan yang digunakan untuk akikah dan kurban merupakan hewan yang halal dalam Islam. Semua hewan yang diperbolehkan untuk aqiqah dan qurban merupakan hewan pemakan rumput. Jenis hewan yang digunakan untuk melakukan akikah hanya berupa kambing dan bentuk daging yang dibagikan kepada orang harus sudah matang dan menggugah selera.

Untuk melakukan kurban yang dilakukan 1 tahun sekali menggunakan jenis hewan yang berupa kambing, sapi, domba, kerbau, dan unta. Bentuk daging yang dibagikan setelah melakukan kurban harus daging mentah.

TRENDING:  Penting! Manfaat Puasa Rajab 10 Hari yang Perlu Diketahui

3. Jumlah Hewan dan Upah

Selanjutnya ada perbedaan akikah dan kurban yang harus diketahui yaitu jumlah hewan untuk melakukan ibadah ini. Hewan yang digunakan untuk aqiqah terdapat ketentuan yaitu 2 ekor kambing untuk anak laki-laki dan satu ekor kambing untuk anak perempuan. Pada aqiqah pemotongan kurban dapat diberikan upah.

Jumlah hewan untuk melakukan kurban masing-masing satu ekor bahkan lebih sesuai dengan kemampuan. Untuk pemotongan kurban tidak boleh dikenai upah karena hal tersebut merupakan ibadah.

4. Waktu Pelaksanaannya

Waktu pelaksanaan yang dilakukan dari kurban dan akikah berbeda karena memiliki ketentuan sendiri. Untuk seseorang yang ingin melakukan kurban maka dapat dilakukan 1 tahun sekali pada bulan Dzulhijjah. Biasanya kurban dilakukan sesuai dengan tanggal yang telah disesuaikan untuk dilakukan secara bersamaan yang disebut dengan Idul Adha.

Waktu pelaksanaan dari akikah yaitu satu kali seumur hidup sesuai dengan kemampuan orang tua. Sangat baik jika dilakukan ketika 7 hari setelah anak dilahirkan, jika tidak mampu dapat dilakukan 14 Hari dan 21 hari kemudian. Apabila orang tua belum menyanggupinya maka dapat dilakukan aqiqah sebelum anak baligh.

5. Pemberian Daging

Pemberian daging telah ditentukan dalam Alquran terkait kurban yaitu sepertiga untuk saudara atau kerabat dan sepertiganya untuk fakir miskin. Sisanya baru untuk diri sendiri dan hal ini sudah di diperintahkan dalam Alquran. Hal ini memiliki arti bahwa ada tiga kelompok yang berhak atas daging kurban tersebut.

Berbeda dengan aqiqah yang memberikan dagingnya bebas kepada siapa saja dan diutamakan adalah tetangga atau kerabat dekat. Hal ini dapat mempererat tali silaturahmi sesama tetangga untuk mengenal keluarga dan putra-putrinya kelak.

Itulah beberapa perbedaan akikah dan kurban yang harus diketahui agar tidak terjadi kesalahpahaman. Akikah dan kurban merupakan ibadah yang harus dilakukan umat muslim jika memiliki kemampuan ekonomi yang baik. Berdasarkan perbedaan di atas dapat dipelajari tentang pentingnya berkurban dan akikah bagi diri sendiri dan banyak orang.

TRENDING:  Laksanakan Puasa Mutih 3 Hari Untuk Hajat Agar Cepat Terkabul

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.