suami yang tidak pantas dipertahankan menurut islam

5 Ciri-Ciri Suami yang Tidak Pantas Dipertahankan Menurut Islam

Sebagai perempuan muslim yang sudah akil baligh dan cukup matang dari segi usia dan mentalnya untuk menikah, maka cepatlah untuk menyegerakannya sebelum terjadi zina. Dalam mencari calon suami, maka alangkah lebih baik untuk mengetahui apakah ciri suami yang tidak pantas dipertahankan menurut islam.

Jadi ketika nanti sudah mengarungi bahtera rumah tangga takkan terdapat permasalah berarti yang akan ada didalamnya. Menjadi seorang suami adalah tanggung jawab yang sangat besar, tidak mudah untuk seorang suami untuk dapat menjadi pemimpin yang baik dalam keluarganya. Berikut ciri-ciri dari suami yang tidak dapat dipertahankan, yaitu:

1. Tidak Mendirikan Sholat

Bagi seorang umat muslim wajib hukumnya untuk mendirikan sholat, namun apakah pantas seorang suami tak mendirikan sholat?. Sholat sendiri adalah tiang agama dan hubungannya dengan menjadi seorang suami tentu ada. Suami yang tidak pantas dipertahankan menurut islam adalah suami yang tidak mengerjakan sholat.

Bagaimana ketentraman di dalam rumah tangga akan terwujud ?, jika kepala keluarganya saja tidak patuh dan taat kepada allah swt. Peran suami dalam keluarga sebagai pemimpin yang akan mengarahkan keluarganya. Jadi jika suami tak mendirikan sholat dapat dipastikan bukanlah pemimpin yang baik dalam, dikarenakan untuk memimpin dirinya sendiri pun saja tak sanggup.

2. Ringan Tangan

Suami yang ringan tangan adalah calon-calon yang dapat menindas keluarganya, tak hanya istri bahkan anak pun  dapat kena imbasnya. Saat ini angka kekerasan yang terjadi di Indonesia cukup tinggi, bahkan kasus dari perceraian pun disebabkan oleh kekerasan fisik. Kini Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak yang dapat memberikan perlindungan secara hukum kepada korbannya.

Pernikahan dini yang terjadi di Indonesia sangat banyak, terlebih pernikah pada usia remaja. Pengendalian emosi yang belum stabil mempengaruhi tingginya kasus perceraian yang terjadi. Oleh sebab itu persiapan mental sangat diperlukan seseorang sebelum melangsungkan sebuah ikatan pernikahan.

TRENDING:  Wajib Tahu! Cara Membayar Hutang Puasa yang Sudah Bertahun Tahun pada Saat Puasa Ramadhan

3. Rusaknya Akidah

Iman atau istilah lainya aqidah merupakan suatu sistem kepercayaan dan keyakinan. Dasar aqidah sendiri telah tertuang dalam hadis Jibril yaitu memuat pengertian islam, rukun iman, rukun islam, ihsan hingga akhir zaman. Secara umum berdasarkan bahasa aqidah dapat diartikan sebagai kepercayaan yang kokoh, sehingga tak ada keraguan di dalamnya.

Seorang suami yang telah rusak akidahnya dapat menimbulkan murtadnya seseorang dalam islam. Kerusakan akidah sangat fatal dan berbahaya, dikarenakan gerbang awal kekufuran. Allah swt melarang wanita muslim yang menikah dengan lelaki yang syirik serta kafir.

4. Panjang Tangan

Memiliki harta yang berlimpah dan hidup dalam gelimang harta siapa yang tak mau?, namun apakah cara yang dilakukan halal?. Seorang suami memanglah tugasnya untuk mencari nafkah bagi anak dan istri, namun hal yang perlu diketahui carilah rezeki yang lagi halal untuk keluarga.

Jangan sampai demi mengikuti gaya hidup membuat seorang kepala keluarga menjadi seorang pencuri. Hasil uang yang didapatkan dari mencuri adalah hukumnya haram. Bagi istri yang mengetahui hal yang dilakukan oleh suaminya diwajibkan untuk menegur dan menasehatinya dengan lemah lembut. Berilah pengertian dan juga pemahaman bahwa yang dilakukannya adalah perbuatan dosa besar.

5. Seorang Pemabuk

Terakhir yang mesti muslimah hindari yaitu pria yang suka mabuk-mabukan. Pada Al-quran dan hadis telah dijelaskan bahwa haram hukumnya untuk seorang muslim meminum minuman keras atau khamar. Jika seorang suami adalah peminum berat maka lepaskanlah, bila memang memberikan dampak negatif dan tak dapat lagi dinasehatkan.

Itulah macam-macam suami yang tidak pantas dipertahankan menurut islam. Bagi setiap muslim yang akan melangsungkan pernikahan sebaiknya lakukanlah ta’aruf terlebih dahulu agar saling mengenal. Jangan sampai tidak kenalnya antar pasangan dapat membuat suatu perpisahan yang telah terjadi dalam bahtera rumah tangga.

TRENDING:  5 Hal yang Mengurangi Pahala Puasa Ini Wajib Disimak

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.