cara kb alami menurut islam

Cara KB Alami Menurut Islam Tanpa Tanpa Bantuan Obat-obatan

KB adalah program pemerintah untuk keluarga-keluarga yang akan memiliki anak. Tujuan dari program KB ini untuk mengatur jarak lahirnya setiap anak dan untuk membatasi jumlah anak. Jika dilihat dari hukum Islam, program ini bertentangan dengan ajaran agama. Namun, ada beberapa cara KB alami menurut Islam yang bisa dilakukan.

Metode-metode alami yang bisa dipilih tidak perlu obat-obatan atau metode yang dilarang dalam agama. Setidaknya ada lima metode alami yang akan dibahas di bawah ini. Cocok bagi keluarga yang ingin mengatur jarak anak dengan aman. Berikut beberapa metode dan penjelasannya:

1. Metode Kalender atau Penanggalan

Metode kalender atau penanggalan ini sangat bergantung pada masa subur wanita. Masa buru adalah masa saat sel telur siap dibuahi oleh sel sperma. Hal ini juga memiliki waktu-waktu tertentu yang harus diperhatikan. Umumnya, masa subur adalah 14 hari sejak menstruasi hari pertama atau 18 hari sebelum menstruasi hari pertama.

Masa subur ini biasanya berakhir setelah 4 hari atau 11 hari sebelum menstruasi hari terakhir. Jadi, masa subur sebenarnya tidak berlangsung lama. Metode penanggalan ini mengharuskan wanita untuk sering-sering menandai kapan masa subur terjadi. Selama masa itu jangan berhubungan terlebih dahulu untuk menghindari kehamilan.

2. Metode ‘Azl atau Coitus Interuptus

Pendapat terkuat dari ulama tentang metode ini adalah mubah. Metode ‘azl sendiri sudah dijelaskan dalam salah satu hadis, yaitu sebuah metode agar sel sperma tidak keluar dalam rahim. Hal ini mendapat berbagai tanggapan dari pada ulama. Namun dalam salah satu hadis, Rasulullah telah menjelaskan bahwa hal ini tidak dilarang.

3. Metode Kondom atau Barier

Kondom juga bisa disebut alat KB yang paling aman karena tidak melibatkan obat-obatan. Namun, penggunaan kondom hukumnya juga mubah karena memiliki tujuan yang sama seperti ‘azl. Yaitu berusaha tidak menumpahkan sel sperma di dalam rahim. Hal ini juga boleh dilakukan dan tidak ada larangan.

TRENDING:  Inilah Cara Memilih Jodoh Menurut Islam yang Bisa Diterapkan Sebelum Menikah

Penggunaan kondom adalah yang paling populer dilakukan karena praktis dan tidak memerlukan banyak usaha. Metode ini sangat disarankan bagi pasangan yang ingin kemudahan. Kondom juga mudah didapat dan dibeli di minimarket yang sudah tersebar. Jadi, pilihan ini sangat pas dengan berbagai kemudahannya.

4. Metode Lendir atau Pemeriksaan Mucus

Metode ini bertujuan untuk mengetahui apakah sedang dalam masa subur atau tidak. Caranya memang sedikit kurang praktis, tapi jawabannya bisa diketahui dengan pasti. Wanita yang ingin melakukan pemeriksaan mucus hanya perlu mengecek lendir yang ada dalam vaginanya apakah sedang banyak atau sedikit.

Jika saat dicek ditemukan mucus sedang banyak, lebih baik menunda melakukan hubungan suami istri karena sedang dalam masa subur. Kemudian jika saat dicek lendirnya sangat kental, maka tunda juga untuk berhubungan. Cara KB alami menurut Islam satu ini memang tidak praktis tapi bisa mengetahui dengan pasti.

5. Metode Suhu

Metode terakhir yang bisa dilakukan adalah metode suhu. Metode ini juga dinilai kurang praktis karena mengharuskan wanita mengecek suhu setiap hari saat bangun tidur dan mencatatnya. Wanita yang sedang dalam masa subur biasanya akan mengalami kenaikan suhu sebanyak 0,5 sampai 1 derajat celcius dari biasanya.

Demikian penjelasan mengenai cara KB Alami menurut Islam yang bisa dilakukan tanpa obat-obatan dan tanpa metode yang dilarang. Semua metode di atas memerlukan usaha yang lebih banyak daripada metode pada umumnya. Jika masih takut akan kecolongan dengan satu metode, bisa melakukan kombinasi pada setiap metode di atas.

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.