kisah sahabat nabi untuk anak

Inilah 5 Kisah Sahabat Nabi Untuk Anak Agar Dapat Menjadi Teladan

Nabi Muhammad memiliki berbagai kisah yang patut diteladani oleh umat muslim. Sahabat nabi pun turut terlibat di berbagai kisah teladan yang dialami Rasulullah. Berbagai peristiwa yang dialami oleh para sahabat nabi merupakan salah satu contoh yang baik untuk anak-anak. Berikut selengkapnya akan diulas 5 kisah sahabat nabi untuk anak agar dapat diteladani:

1. Ali bin Abi Thalib

Salah satu sahabat nabi yang memiliki kisah yang patut diteladani ialah Ali bin Abi Thalib. Beliau sendiri masih merupakan saudara atau sepupu dari Nabi Muhammad. Ali bin Abi Thalib sudah sangat dekat dengan Rasulullah karena sedari kecil beliau diasuh oleh Nabi Muhammad. Kedekatannya dengan Nabi Muhammad membuat Ali bin Abi Thalib memeluk agama islam di saat usianya masih remaja.

Keseharian Nabi Muhammad sebagai rasul membuat Ali bin Abi Thalib semakin ingin mempelajari dan mendalami ilmu-ilmu agama islam. Semakin dewasa pun sahabat Rasulullah yang bernama Ali bin Abi Thalib ini dikenal sebagai sosok yang cerdas dan juga sopan. Ali bin Abi Thalib juga sering terlibat melakukan perjuangan di medan perang bersama Rasulullah. Hingga Rasulullah wafat pun Ali bin Abi Thalib tetap meneruskan perjuangan dari Rasulullah.

2. Umar bin Khattab

Sahabat nabi yang bernama Umar bin Khattab ini memiliki sifat yang pemberani. Umar bin Khattab sebelum memeluk agama islam awalnya juga merupakan salah satu pemberontak Nabi Muhammad. Ketidaksukaannya dengan ajaran yang dibawa Rasulullah tidak berlangsung selamanya. Umar bin Khattab pada akhirnya luluh dengan ayat suci Al-Quran yang dibaca oleh adiknya, Fathimah.

Sejak saat itu Umar bin Khattab memutuskan untuk memeluk agama islam dan terus berjuang bersama Nabi Muhammad untuk menyebarkan agama islam. Keberanian Umar bin Khattab yang membantu Nabi Muhammad menyebarkan agama islam akhirnya membuahkan hasil. Agama islam semakin berkembang karena perjuangannya bersama Nabi Muhammad. Keseharian Umar dapat menjadi salah satu kisah sahabat nabi untuk anak yang perlu diteladani.

TRENDING:  Ikutilah Sunnah Rasul! Berikut 6 Cara Berdagang Nabi Muhammad yang Wajib Diketahui!

3. Abu Bakar Ash-Shiddiq

Sosok dari Abu Bakar memang sangat dikenal sebagai salah satu sahabat nabi yang membantu untuk menyebarkan agama islam. Abu bakar sudah sangat dekat dengan Nabi Muhammad sejak masih remaja. Sifatnya yang jujur, cerdas dan dapat dipercaya mampu membuat ajaran islam menjadi berkembang. Beliau juga dengan setia selalu menemani Nabi Muhammad untuk melakukan peperangan atas pemberontakan yang terjadi.

4. Salamah bin Al-Akwa

Kerabat dan juga sahabat nabi yang memiliki kisah yang dapat diteladani berasal dari sosok Salamah bin Al-Akwa. Beliau dikenal sebagai sosok yang baik, dermawan dan juga berani. Memeluk agama islam merupakan salah satu keputusan yang diterimanya dengan sepenuh hati. Salamah juga sering terlibat dalam perjuangan Nabi Muhammad untuk menyebarkan ajaran islam di saat itu.

Ada banyak taktik peperangan untuk terus menyebarkan ajaran islam yang dimiliki sahabat Nabi Muhammad yang satu ini. Salamah mampu menerapkan taktik peperangan yang luar biasa untuk menghalau pemberontakan yang terjadi. Nabi Muhammad beserta sahabat pada akhirnya memberikan julukan sosok pasukan terbaik kepada Salamah bin Al-Akwa.

5. Zaid bin Tsabit

Salah satu kisah sahabat nabi untuk anak yang memiliki hikmah yang perlu diteladani yaitu kisah sahabat nabi yang bernama Zaid bin Tsabit. Zaid diberi kepercayaan oleh Nabi Muhammad untuk menuliskan wahyu yang diturunkan kepada Nabi Muhammad. Sifatnya yang selalu bersemangat dan pemberani mampu menjadikan sahabat nabi yang satu ini menjadi penghafal Al-Quran.

Itulah beberapa kisah sahabat nabi untuk anak yang dapat diteladani. Kisah-kisah tersebut memiliki hikmah yang dapat membantu umat muslim untuk terus taat kepada Allah Swt.

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.