manfaat puasa sunah senin kamis

5 Manfaat Puasa Sunah Senin Kamis, Salah Satunya Membuat Awet Muda

Puasa Senin Kamis merupakan salah satu ibadah yang bersifat sunnah yang memiliki sejumlah keistimewaan yang luar biasa. Keistimewaan ini pun dapat menjadi manfaat, terdapat beberapa manfaat puasa sunah Senin Kamis yang akan pembacara rasakan secara langsung. Tentunya inilah topik utama yang akan dibahas dalam artikel kali ini yaitu manfaat puasa Senin Kamis.

Sebelum memasuki penjelasan manfaat terdapat informasi menarik yang akan membuat pembaca tergiur. Faktanya puasa Senin Kamis sebagai ibadah bahkan salah satu cara untuk seorang manusia memohon dan meminta sesuatu kepada Allah SWT. Rasulullah pun menganjurkan untuk umat Muslim untuk bisa mengerjakan puasa Senin Kamis. Makin penasaran bukan? Inilah 5 manfaat puasa sunah Senin Kamis adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Ibadah dan Menunjukkan Rasa Cinta Kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW

Puasa Senin Kamis merupakan ibadah yang bersifat sunnah. Dengan demikian dikerjakan berpahala dan tidak dikerjakan maka tidak berdosa. Jika seseorang melakukan ibadah ini tentunya orang tersebut memiliki kesadaran lebih mengenai ibadah. Dengan demikian tanpa disadari meningkatkan ibadahnya sebagai seorang Muslim.

Selain itu terdapat fakta yang mengatakan bahwa keutamaan puasa sunnah yaitu sebagai pembuktian rasa cinta Hamba-Nya kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW. Dengan demikian jika seseorang melakukan puasa Senin Kamis menjadi salah satu pembuktian rasa cinta Hamba-Nya kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW.

2. Membuat Awet Muda

Apa hubungannya manfaat puasa sunah Senin Kamis dengan membuat awet muda? Faktanya! Ketika seseorang memutuskan untuk puasa maka sistem pencernaan akan beristirahat. Jika sistem pencernaan beristirahat tubuh tersebut akan memberikan suatu energi regeneratifnya pada sistem yang lain. Dengan demikian tubuh akan lebih mudah untuk membersihkan kulit tubuhnya.

TRENDING:  Inilah Kisah Nabi Ibrahim dan Mukjizatnya yang Memiliki Banyak Hikmah

Setiap orang pun tahu bahwa kulit yang cerah merupakan aspek bagi seorang wanita, utamanya. Kulit yang cerah akan membuat seseorang lebih awet muda. Inilah permasalahannya, mendapat kulit cerah tidaklah mudah jika harus melalui perawatan. Namun, kini pembaca dapat dengan mudah membuat kulit lebih cerah terbebas dari jerawat hanya dengan puasa. Pahala dapat, kecantikan dapat!

3. Menjadi Seseorang yang Lebih Bersyukur

Nyatanya puasa tidak hanya membuat seseorang lapar saja tetapi ikut merasakan juga. Ketika menjalankan puasa seakan begitu banyak emosional yang terkandung didalamnya dan sulit untuk dijelaskan dengan sebuah rangkaian kata. Hanya bisa disalurkan melalui tindakan dan tindakan lagi. Puasa membuat seseorang merasakan apa yang dirasakan orang lain.

Kelaparan yang mengkonotasikan tak ada makanan ataupun minuman. Dengan demikian harus sabar untuk menanti dengan sabar agar sesuap nasi masuk ke dalam perut dan segelas air memenuhi ruang perut. Kondisi ini hanya dapat dirasakan saat seseorang puasa, namun bagaimana dengan orang lainnya yang melakukan hal tersebut setiap hari?

Ketika mengingat dan merasakan semuanya seakan menampar  dengan tamparan keras bahwa hidup yang dijalani saat ini lebih baik ketimbang yang lainnya. Seketika membuat seseorang menjadi lebih bersyukur atas hidup yang Allah SWT berikan saat ini sebab dapat hidup dengan tenang dan kestabilan ekonomi.

4. Melatih Pengendalian Emosi Di Dalam Diri

Puasa merupakan ibadah pengendalian diri, seseorang harus menahan segala emosi yang ada didalam tubuhnya agar tak membatalkan puasanya. Mengapa? Emosi merupakan bagian dari hawa nafsu dari bentuk kemarahan yang tak tertahankan. Melalui puasa berawal dari larangan-larangan puasa berakhir dengan mudah untuk mengendalikan emosi.

Dalam pengendalian emosi itu merupakan tindakan yang sulit untuk dilakukan, namun jika terus dilakukan secara terus menerus hal ini akan menjadi terbiasa. Melalui puasa seseorang tidak hanya mendapatkan pahala tetapi ilmu pengendalian emosi. Faktanya, emosi yang tak terkendali hanya akan menghancurkan sebuah hubungan. Inilah alasan diperlukannya mengendalikan emosi.

TRENDING:  Cara Mengamalkan Doa Nabi Yusuf di Kehidupan Sehari-hari

5. Menurunkan Berat Badan

Puasa merupakan ibadah yang harus menahan lapar baik fisik maupun mental. Pada bagian fisik diketahui bahwa tak ada satupun makanan yang akan masuk ke dalam tubuh. Dengan demikian sistem pencernaan menjadi istirahat. Hal ini menjadi kesempatan untuk membakar lemak-lemak didalam tubuh menjadi lebih efektif. Itulah yang terjadi pada orang puasa dan itulah alasan mengapa orang puasa bisa turun berat badan.

Inilah sederetan manfaat puasa sunah Senin Kamis yang dapat diperoleh. Semoga ulasan di atas bisa membawa manfaat dan keberkahan dalam hidup beragama. Khususnya dalam hal menjaga kesehatan jiwa dan raga yang sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW.

Leave a Reply

Your email address will not be published.