manfaat puasa daud untuk rejeki

5 Manfaat Puasa Daud Untuk Rejeki yang Perlu Umat Islam Ketahui

Puasa daud merupakan syariat Islam yang sangat dianjurkan untuk dijalankan. Pasalnya, ada beberapa manfaat puasa daud untuk rejeki yang sampai saat ini, masih banyak umat tidak mengetahuinya. Oleh karena itu, berikut ini akan dijelaskan tentang faedah puasa daud utamanya yang terkait dengan rejeki. Silakan ulasan ini disimak siapa tahu bisa menjadi motivasi agar umat ikut tertarik untuk menjalankannya. Ini ulasan selengkapnya:

1. Rejeki akan Terus Bertambah

Ada ulama yang mengatakan kalau orang yang suka menjalankan puasa daud, berarti orang tersebut suka bersyukur. Maka dari itu, selaras dengan firman Allah, barang siapa yang rajin bersyukur, pasti Allah akan menambah rezekinya dan tidak akan mengurangi keberkahannya.

Oleh karena itu, jika ingin memiliki rezeki yang terus mengalir, maka bersyukurlah dengan cara berpuasa daud. Jangan lupa, iringi aktivitas tersebut dengan rajin berbagi kepada yang membutuhkan sebagai bentuk ikhtiar untuk membersihkan harta dari hal-hal yang syubhat di masa lalu.

2. Rejeki yang Diterima hanya Rezeki yang Halal

Orang berpuasa daud, terkadang dilatarbelakangi oleh keinginan untuk mengekang hasrat untuk tidak makan dan minum yang berlebihan. Selain itu, juga ada keinginan untuk memfilter rejeki yang masuk hanya rejeki yang terbaik lagi halal saja.

Menjadi mustahil, jika ada orang yang rutin menjalankan puasa daud, tetapi rezeki yang didapatkan justru dari barang yang haram. Sebab, akan dikemanakan harta tersebut jika dalam persoalan makan dan minum saja begitu dikekang hanya karena takut kepada Allah sehingga menerapkan “puasa sehari dan sehari tidak”.

3. Harta Lebih Berkah

Jika karena terbiasa berpuasa daud, lalu umat begitu berhati-hati untuk mencari uang yang akan dibelikan makanan dan minuman, tentu wajar kalau umat yang menjalankannya akan mendapatkan keberkahan harta. Mungkin penghasilan harian tidak begitu besar, tetapi cukup untuk membuat hidup lebih nyaman dan tenang.

TRENDING:  Apakah Swab Membatalkan Puasa_ Berikut Penjelasan Lengkapnya

Apalagi yang sedang dicari sehingga harus kerja keras banting tulang jika bukan keberkahan. Namun terkadang ini bisa menjadi momentum yang salah dengan banyaknya pekerja hidup untuk makan, bukan makan untuk hidup. Maka dari itu, coba terapkan puasa daud, dengan alokasi sebagian uang untuk makan bisa disedekahkan demi keberkahan itu sendiri.

4. Rezeki Datang dari Arah yang Tidak Disangka-sangka

Beberapa hadist sudah mengisyaratkan fadhilah atau manfaat puasa daud untuk rejeki. Bahkan ada ulama mengatakan kalau puasa daud bisa mendatangkan rezeki dari arah yang tak disangka-sangka. Ini sangat mungkin terjadi.

Sebab, puasa daud terbilang ibadah sunah yang sangat disukai Allah. Oleh sebab itu, jika Allah sudah menyukai umat, apakah masih ada yang umat minta tidak dikabulkan? Maka dari itu, setiap berbuka dan bersahur selipkan doa rezeki, baik rejeki yang berupa harta maupun pekerjaan halal dan terbaik.

5. Terbebas dari Kesulitan Rezeki

Jika merasa mengalami kesulitan rezeki apalagi yang berkaitan dengan ekonomi, coba iringi ikhtiar kerja dengan kebiasaan menjalankan puasa daud. Secara logika, kesulitan rejeki tidak akan lagi terjadi, karena kebutuhan, utamanya kebutuhan untuk makan dan minum lebih minim.

Sedangkan dari sisi ketaatan kepada Allah, tentu tinggal meminta agar rejeki dilapangkan. Tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah, dengan syarat ikhtiar lahir seperti bekerja mencari pekerjaan yang halal telah dijalankan.

Itulah beberapa faedah atau manfaat puasa daud untuk rejeki yang perlu diketahui. Semoga apa yang telah dijelaskan di atas bisa menjadi penambah semangat umat ketika menjalankan puasa yang paling afdol ini.

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.