cara mengatasi bayi rewel menurut islam

Cara Mengatasi Bayi Rewel Menurut Islam Ini Paling Sering Dipraktekan

Bayi yang rewel tentu saja akan membuat orang tua menjadi cemas terlebih lagi orang tua tidak tahu apa yang menjadikannya rewel. Permasalahan tersebut memang sering terjadi pada bayi yang belum bisa berkata apa-apa. Cara mengatasi bayi rewel menurut islam dapat dijadikan sebagai alternatif untuk menghilangkannya. Berikut ini adalah beberapa caranya:

1. Memberikan Pelukan

Pelukan yang hangat akan memberikan kenyamanan pada si kecil. Ajaran islam mengajarkan bahwa jika anak rewel secara tiba-tiba bisa jadi karena diganggu oleh setan dan iblis untuk itu pelukan ibu sangat diperlukan. Pelukan dapat menjadi sebuah penenang alami untuk si kecil. Temanilah saat bayi rewel dengan begitu tak kan ada tangisan lagi.

Menurut para ahli berpelukan dapat menyalurkan energi positif terhadap orang yang dipeluk. Tidak hanya itu saja, ternyata pelukan juga mampu menghilangkan prasangka negatif sehingga membuat pribadi menjadi lebih rileks. Pelukan merupakan salah bentuk bahwa di dunia ini kita tidak sendirian dan merasa ada orang yang melindungi.

2. Memutar Murotal Al-Qur’an

Murotal Al-Qur’an dapat membuat siapa saja yang mendengarkan menjadi tenang, termasuk juga si kecil. Bayi yang sedang rewel pun akan menjadi diam ketika diputarkan murottal ini. Murotal selain dapat menenangkan bayi juga dapat dijadikan sebagai musik yang baik didengar oleh si kecil. Meskipun si kecil belum paham namun suara tersebut akan dikenang nantinya.

Berdasarkan penelitian, mendengarkan murotal sangat baik sekali untuk perkembangan otak dibandingkan dengan musik yang lainnya sehingga cocok sekali untuk bayi. Murottal yang diputar mampu membuat otak merespon lebih cepat dibandingkan dengan bunyi yang lainnya sehingga efektif sekali untuk menenangkan si kecil.

3. Memberikan ASI

ASI mengandung banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan oleh si kecil. Islam mengajarkan agar memberi ASI sampai usia 2 tahun agar anak menjadi sehat dan juga cerdas. Tidak dapat dipungkiri bahwa khasiat dari ASI sangat besar dan tidak bisa tergantikan oleh susu formula ataupun susu sapi sekalipun.

TRENDING:  Inilah Amalan yang Bisa Diamalkan Sebagai Cara Bertemu Nabi Khidir Alaihi Salam

Salah satu penyebab si kecil rewel adalah lapar dan merasa tidak nyaman sehingga memberikannya makan adalah solusi paling jitu. Berhubung si kecil belum dapat memakan apapun selain ASI, maka berikanlah ASI secara eksklusif. Biasanya setelah minum ASI, si kecil akan merasa kenyang dan tertidur lagi.

4. Usapkan Air Yang Sudah Didoakan

Cara mengatasi bayi rewel menurut islam selanjutnya adalah mengusapkan air yang sudah didoakan. Bayi merupakan makhluk yang masih rentan terhadap hal ghaib sehingga masih dapat melihat makhluk halus. Perihal tersebut menjadikan bayi mudah rewel karena bertemu dengan makhluk yang absurd dan bukan termasuk golongannya.

Seorang ibu tidak perlu khawatir jika mendapati anak yang rewel sebab diganggu makhluk halus karena solusinya sangat mudah yaitu menggunakan air yang sudah didoakan. Do’a yang ditiupkan ke gelas berisi air adalah surat pendek beserta ayat kursi. Basuhlah muka si kecil dengan air putih tersebut atau minuman jika si kecil sudah bisa minum air putih.

5. Jangan Memberinya Boneka

Stigma yang beredar di masyarakat adalah banyak-banyak membelikan boneka sebagai teman tidur si kecil agar tidak rewel. Anggapan tersebut tentu saja tidak benar karena boneka atau sejenisnya sering dijadikan rumah oleh para setan dan jin. Alangkah lebih baik jika ibu saja yang menemaninya tidur.

Beberapa cara mengatasi bayi rewel menurut islam tersebut dapat dipraktekan sendiri di rumah jika si kecil rewel. Sebagai seorang ibu harus selalu siaga menjaga si kecil kapanpun dan dimanapun. Pastikan fisik ibu selalu baik agar tetap bisa mengurus anak dan juga keluarga. Selamat mencobanya.

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.