apakah swab membatalkan puasa

Apakah Swab Membatalkan Puasa_ Berikut Penjelasan Lengkapnya

Puasa ramadhan merupakan kewajiban bagi setiap umat islam. Pandemi yang sampai sekarang masih menjadi momok di tengah masyarakat menjadikan kebimbangan tersendiri ketika ingin melakukan tes swab  ketika berpuasa. Pada sisi lain terdapat aturan untuk melakukan tes swab ketika bepergian naik pesawat dan lain-lain. Munculah pertanyaan apakah swab membatalkan puasa? Jika penasaran berikut adalah jawabannya:

Apa Itu Tes Swab?

Virus corona belum menunjukkan tanda akan berhenti, bahkan semakin hari semakin ganas saja. Banyak sekali rumah sakit yang penuh dan harus menyewa gedung lain yang digunakan untuk isolasi pasien corona. Penularan virus ini memang sangat cepat sekali sehingga sulit sekali untuk dicegah. Salah satu kunci yang sebaiknya dilakukan adalah tetap di rumah saja ketika tidak memiliki kepentingan.

Gejala yang ditimbulkan dari penyakit corona adalah hampir sama dengan penyakit flu pada umumnya seperti demam, pilek, batuk, dan lain lain sehingga sulit untuk dideteksi. Salah satu cara yang paling jitu untuk mendeteksinya adalah dengan melakukan tes swab. Tes tersebut dapat dilakukan di rumah sakit terdekat atau sekarang telah tersedia layanan tes swab berbasis drive THRU.

Adapun tes swab merupakan tes yang dilakukan untuk mendeteksi adanya virus corona yang ada pada tubuh seseorang. Tes ini dianggap lebih akurat untuk mendeteksi virus tersebut dibandingkan dengan tes rapid. Umumnya, rapid hanya digunakan sebagai skrining awal saja sehingga agar lebih akurat memang menggunakan tes swab.

Swab dilakukan dengan cara memasukkan alat untuk mengambil lendir ke dalam hidung atau tenggorokan. Terkadang cara tersebut membuat seseorang menjadi menangis karena harus sampai ke dalam hidung untuk mendapatkan lendirnya. Hal tersebut tentu bukan menjadi masalah mengingat begitu ganasnya virus ini sehingga harus dideteksi agar mendapatkan penanganan lebih lanjut.

TRENDING:  Jenis Kucing Peliharaan Nabi yang Perlu Untuk Diketahui

Apakah Swab Membatalkan Puasa?

Bulan ramadhan merupakan waktunya umat muslim untuk berpuasa. Banyak yang memiliki pertanyaan apakah swab membatalkan puasa? Apakah harus tes swab di malam hari saja ketika bulan ramadhan? dan pertanyaan sejenis lainnya. pertanyaan tersebut memang sulit dijawab mengingat berdasarkan teori agamanya memasukkan sesuatu ke dalam lubang hidung termasuk membatalkan puasa.

Terkait dengan hal-hal yang membatalkan puasa termasuk ke dalam ilmu fiqih di dalam agama islam. Perlu diketahui bahwa ilmu fiqih selalu berkembang seiring dengan berkembangnya zaman dan situasi dari wilayah tersebut. Berdasarkan pertimbangan dari MUI (Majelis Ulama Indonesia) dengan melihat kondisi darurat seperti sekarang, maka tes swab diperbolehkan pada bulan puasa.

MUI pun telah mengeluarkan fatwa yaitu nomor 23 tahun 2021 tentang hukum tes swab untuk mendeteksi COVID-19 saat berpuasa. Berlandaskan fatwa tersebut maka tes swab tetap diperbolehkan meskipun sedang dalam keadaan puasa sehingga tidak perlu takut karena dari MUI sendiri sudah memperbolehkan.

Sejalan dengan tes swab, vaksinasi juga diperbolehkan oleh MUI untuk memberikan perlindungan kepada seluruh masyarakat Indonesia dimanapun berada. Dewasa ini pemerintah memang sedang gencar-gencarnya memberikan vaksin kepada masyarakat secara bertahap sehingga puasa pun tidak menjadi halangan untuk menundanya karena kondisinya sudah darurat.

Terkait biaya untuk melakukan tes swab pemerintah telah menentukan tarifnya sehingga tidak bisa dimanipulasi oleh rumah sakit. Besaran biaya untuk melakukan Rapid Test Antigen-Swab daerah pulau jawa dipatok tarif Rp 250.000 dan untuk yang di luar pulau jawa dipatok tarif Rp 275.000. harga tersebut tentu saja dapat dibilang standar dan telah melalui banyak pertimbangan.

Demikianlah informasi terkait apakah swab membatalkan puasa. Semoga informasi yang telah disajikan dapat bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai pembelajaran. Jangan lupa memberikan informasi tersebut kepada tetangga ataupun kerabat terdekat agar banyak yang mengetahui informasinya.

TRENDING:  Manfaat Puasa Senin Kamis Bagi Pria Mulai dari Kesehatan Fisik Hingga Mental

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.