kecemasan berlebihan menurut islam

Cara Mengatasi Kecemasan Berlebihan Menurut Islam yang Menyejukkan Hati

Perasaan cemas atau kekhawatiran yang berlebihan akan sesuatu, merupakan hal yang cukup wajar dan kodrati sebagai manusia. Namun jika  rasa cemas yang berlebihan tersebut dibiarkan, dapat menyebabkan gangguan konsentrasi, yang akan berimbas dengan kinerjanya. Nah, yang paling utama adalah cara menyikapi kecemasan berlebihan menurut Islam dan membawa kesejukkan hati.

Perkembangan di era serba modern ini, mau tidak mau juga berdampak pada perilaku keseharian seseorang. Banyak orang yang akhirnya menjadi stress dan mudah cemas, hingga cenderung menjadi depresi. Sehingga berperilaku buruk, yang merugikan dirinya sendiri dan orang lain. Untuk itu diperlukan cara mengatasi kecemasan berlebihan menurut Islam yang mampu menyejukkan hati, sebagaimana berikut:

1. Kenalilah Allah SWT

Cara untuk mengatasi kecemasan berlebihan menurut Islam yang pertama adalah Kenalilah Allah SWT. Dengan memahami kekuatan tertinggi dan mengendalikan seluruh alam semesta juga segala yang ada di dalamnya, akan memberikan rasa ketenangan. Sebab, Allah, Sang Pencipta langit dan bumi yang tiada pernah lelah serta memiliki kekuasaan  untuk menghidupkan orang mati juga atas semua hal di jagad  raya ini.

Ketenangan tersebut akan menimbulkan rasa bahagia dan meredakan bentuk kecemasan yang berlebihan dalam diri seseorang. Oleh sebab itu, lepaskanlah kecemasan yang ada di hati dan biarkan Allah SWT yang berkarya.  Sebab rencana Allah SWT merupakan yang terbaik untuk umatnya.

2. Segerakan Sholat lima waktu

Selanjutnya untuk mengatasi kecemasan berlebihan menurut Islam adalah segerakan sholat lima waktu. Rutinitas beribadah akan memberikan kesejukan dan kenyamanan di hati, yang akan menghilangkan rasa cemas yang berlebihan. Selain itu juga akan membantu kebugaran fisik seseorang, sebagaimana saran para medis.

3. Perbanyaklah Doa Dan BerZikir

Suasana hati seseorang sangat mudah berubah-ubah, terkadang merasa sedih, senang , marah dan lain sebagainya. Bahkan mendadak menjadi bentuk ketakutan atau rasa cemas yang berlebihan, sehingga menyebabkan stress atau gangguan psikologis lainnya. Tentunya, setiap orang ingin segera terlepas dari perasaan cemas atau kekhawatiran yang berlebihan tersebut.

TRENDING:  Cara Mengatasi Bayi Rewel Menurut Islam Ini Paling Sering Dipraktekan

Nah, sebagai umat muslim, sudah sepantasnya untuk menggantungkan hidupnya kepada Allah SWT. Demikian juga ketika rasa cemas dan takut tersebut muncul. Membaca doa dan berzikir akan mampu menghilangkan rasa cemas dan takut yang berlebihan serta berharap ketenangan hati dari Allah SWT.

4. Tetap Berpikir Positif Untuk Hilangkan Kecemasan

Selalu berpikir positif akan banyak manfaatnya guna meningkatkan kesehatan fisik dan mental, yang secara tidak langsung menghilangkan kecemasan. Untuk itu perlunya membangun komunitas dan komunikasi positif dengan orang lain dan lingkungan sekitar. Sehingga memberikan energi  atau aura yang baik untuk menjaga rasa percaya diri.

Hadir dalam kegiatan pengajian atau pun majelis juga akan membawa energi positif untuk meningkatkan keimanan seseorang. Selain itu dalam komunitas positif, akan semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Untuk selalu tetap rendah hati dan bertaqwa kepada Allah SWT, agar terlepas dari kecemasan yang berlebihan.

5. Istirahat Yang Cukup

Aktivitas yang berlebihan tanpa istirahat yang cukup, akan menimbulkan masalah baru berkaitan dengan emosi. Sebab tubuh sangat membutuhkan istirahat yang cukup, setelah beragam aktivitas fisik maupun non-fisik yang dilakukannya. Sehingga emosi sebagai penyebab awal timbulnya stress dan perasaan cemas yang berlebihan. Maka dari itu, manfaatkan waktu untuk tidur dan istirahat yang cukup,  apalagi saat mengalami kecemasan.

Nah, demikianlah cara mengatasi kecemasan berlebihan menurut Islam yang menyejukkan hati. Meskipun perasaan cemas atau kekhawatiran tersebut hal yang lumrah sebagai bagian dari kodrat manusia. Namun langkah antisipasi rasa cemas tersebut tetap diperlukan. Sehingga seseorang tersebut tetap dapat menjalankan aktivitas kesehariannya dengan konsentrasi yang terjaga.  Semoga menginspirasi dan bermanfaat

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.