puasa mutih 3 hari untuk hajat

Laksanakan Puasa Mutih 3 Hari Untuk Hajat Agar Cepat Terkabul

Selama ini ibadah puasa yang sering diketahui oleh banyak orang adalah ibadah yang tertuang dalam al-quran dan hadis. Puasa diajarkan para Nabi dan Rasul kepada umat muslim, namun di Jawa terdapat juga puasa mutih 3 hari untuk hajat. Berdasarkan ilmu kejawean istilah puasa tersebut termasuk ke dalam sebuah ritual.

Diantara istilah-istilah yang ada salah satunya yaitu puasa mutih. Perlu untuk diketahui bahwa puasa tersebut tidak asli mengacu kepada al-quran dalam pengambilan dalil hukumnya. Puasa mutih tersebut sudah termasuk ke dalam leburan antara kebudayaan dan juga adat istiadat daerah tersebut, berikut penjelasan yang berkaitan dengan puasa mutih:

Cara Pelaksanaan Puasa Mutih

Tidak jauh berbeda dengan puasa yang ada pada umumnya, untuk dapat melaksanakan puasa mutih pada esok hari terlebih dahulu sahur. Waktu sahur hingga sebelum adzan subuh berkumandang dan jangan lupa untuk mengkonsumsi nasi dan air putih. Jika terlalu hampar nasi yang dimakan, dapat pula menambahkan sedikit garam sebagai penambah rasa.

Pertanda selesai melakukan puasa yaitu diakhiri oleh datangnya petang, dengan telah berkumandangnya adzan Magrib. Berbuka ketika adzan magrib dengan kembali memakan dan minum seperti waktu sahur dan tidak boleh mengkonsumsi selain itu. Ketentuan dalam urusan tersebut tidak dapat diganti ataupun dirubah, bila berubah maka esensi yang ada didalamnya akan hilang.

Manfaat yang Diperoleh

Khasiat ataupun manfaat yang didapatkan dari menjalankan puasa ini dari berbagai orang telah menjalankannya sangat efektif. Seseorang akan mendapatkan ketenangan secara jasmani maupun rohani. Tingkat spiritual yang dimiliki pun menjadi meningkat dan bertambahnya keyakinan terhadap allah swt. Terlebih menjadikan setiap pribadi yang memiliki rasa tentram dan tenang, berikut beberapa manfaatnya:

TRENDING:  Khasiat Puasa 7 Senin 7 Kamis untuk Kebiasaan Hidup Lebih Baik

1. Lancarkan Hajat Dengan Puasa Mutih

Seseorang yang memiliki keinginan yang belum tercapai dapat menjalankan puasa mutih 3 hari untuk hajat agar keinginannya terkabul. Sama dengan puasa yang banyak diketahui yaitu menahan lapar dan haus serta hawa nafsu. Pembeda puasa mutih ini adalah makanan yang dikonsumsi ketika sahur dan berbuka hanya dengan nasi beserta air putih.

Jadi ketika sedang melaksanakannya wajib untuk dapat menahan godaan dari makanan serta minuman lainnya yang menggoda selera. Pelaksanaanya memang terbilang ekstrim karena cobaan yang dihadapi oleh seseorang yang menjalankan puasa tersebut cukup berat.

2. Memperdalam Kemampuan Spiritual

Sebagian besar orang melakukan puasa mutih untuk dapat mendalami kemampuan nya dalam bidang spiritual atau supranatural. Berdasarkan penuturan pakar ilmu spiritual, mengatakan bahwa sangat dianjurkan bagi seseorang yang ingin mempelajari ilmu tersebut untuk menjalankannya.

Hal ini dikarenakan dengan menjalankan puasa tersebut dapat membuka mata batin yang dimilikinya. Secara umum puasa tersebut memang memiliki tujuan yang berbeda-beda bagi setiap orang. Jika ingin menjadi seorang yang ahli dalam supranatural wajib menjalankan nya dengan tata cara puasa mutih yang benar, jika tidak akan sia-sia puasanya.

3. Senantiasa Mengingat Allah dengan Berzikir

Pada saat menjalankan puasa tersebut perlunya untuk mengikuti semua runtutan tata cara dari puasa tersebut. Jangan sampai salah satu caranya tertinggal. Hal yang mesti dilakukan yaitu memperbanyak dzikir. Membaca dzikir yang harus dikerjakan yaitu minimal sebanyak 313 kali dalam satu malam.

4. Selalu Bersyukur Atas Nikmat yang Diberikan

Bancaan atau yang lebih sering dikenal dengan syukuran adalah proses akhir dari puasa mutih yang dikerjakan. Prosesi ini adalah bentuk dari rasa terimakasih kepada allah atas kesuksesan atau hajat yang sudah diraih. Pada proses syukuran dilakukan dengan membuat makanan berupa bubur merah dan putih yang sebelumnya sudah didoakan.

TRENDING:  Cara Membuat Pria Jatuh Cinta Menurut Islam Tanpa Menimbulkan Dosa

Nah, itulah ulasan terkait puasa mutih 3 hari untuk hajat yang dapat dilaksanakan. Hal penting yang harus diperhatikan yaitu tujuan dari seseorang melakukannya. Pasanglah niat yang baik dan semata-mata karena allah swt. Jangan sampai terkabulnya hajat menjadikan seseorang pribadi yang sombong dan tak bersyukur.

Pencarian Popular

Cobaan puasa mutih

Leave a Reply

Your email address will not be published.