Jenis Kucing Peliharaan Nabi yang Perlu Untuk Diketahui

Hewan berkaki empat, kecil serta berbulu yang sering dijadikan hewan peliharaan diantaranya yaitu kucing. Pada zaman Nabi, hewan tersebut merupakan kesayangan yang sering dikasihi olehnya. Sebagian orang tentu penasaran apakah jenis kucing peliharaan nabi? Untuk penyuka kucing kini masih dapat meniru memelihara jenis kucing tersebut.

Kucing sendiri menjadi hewan mamalia yang banyak dipelihara karena terjaga dari najis. Membuat banyak orang tidak ragu untuk memeliharanya di rumah, bahkan kini para orang tua membiarkan anaknya bebas bermain dengan peliharaannya. Oleh sebab itu banyak orang yang mau memelihara dan merawatnya, berikut ulasannya:

Kisah Muezza Kucing Milik Nabi Muhammad

Sebuah cerita yang banyak tersebar, bahwa nabi muhammad mempunyai kucing yang diberi dengan nama Muezza. Saat itu kucing kesayangan  nabi tertidur di atas jubahnya, tidak mau membangunkan, Nabi justru menggunting bagian yang tidak ditiduri. Keaslian dari cerita ini belum ditemukan, namun yang dapat disimpulkan adalah bahwa nabi seorang yang menyayangi binatang.

Jenis kucing peliharaan nabi tersebut asalnya mulanya dari Negara Turki,sehingga orang-orang menamainya dengan Anggora Turki. Kucing tersebut merupakan salah satu ras tertua yang ada di dunia saat ini. Kucing tersebut juga sangat populer di Indonesia dengan banyaknya tingkat dan minat pecinta kucing yang mengadopsinya untuk dipelihara.

Keunikan yang terdapat pada kucing tersebut ialah memiliki bulu lebat, panjang dan halus. Dari segi bentuk tubuhnya ras ini memiliki badan yang panjang dan ramping, sehingga akan terlihat sangat elegan. Hidung panjang serta bentuk telinga yang panjang membuat kucing ini semakin unik, terlebih kepalanya yang berbentuk segitiga.

Hukum Memelihara Kucing Menurut Pandangan Agama

Hewan yang sering disebutkan dalam hadis, menjadikan kucing hewan yang istimewa. Beberapa hadis banyak menjelaskan kucing yang merupakan hewan suci sebagai peliharaan. Salah satu riwayat hadits Tirmidzi mengatakan bahwa kucing tidaklah najis, karena sesungguhnya ialah hewan yang amat sering dijumpai dikehidupan sehari-hari.

TRENDING:  Jadi Suri Tauladan dalam Berdakwah, Inilah Sifat Nabi Luth yang Dapat Diteladani

Hadis juga menerangkan bahwa air yang telah menjadi bekas kucing tetap suci dan masih bisa dipergunakan untuk berwudhu. Pada hadis riwayat Muslim, dahulu ketika nabi akan berwudhu dihampiri seekor kucing, yang kemudian meminum air bejana didalamnya, Nabi pun berhenti.Kemudian Nabi berwudhu setelah kucing itu selesai minum.

Kucing dikatakan suci dengan pengecualian jika terdapat darah, air seni hingga kotoran dan lainnya. Imam Nawawi menjelaskan, bila ada kucing yang pergi dan kemudian kembali dengan meminum air, maka diyakini air tersebut adalah suci. Hanya akan terjadi najis, jika mulut kucing terdapat luka atau darah serta kotoran yang menjadikannya najis.

Berikut Jenis Kucing yang Banyak Dipelihara

Menjadi hewan kesayangan nabi, membuat banyak orang juga memelihara kucing di rumahnya. Banyak jenis dan ras kucing yang dapat dirawat dan dipelihara. Perlu diingat untuk memelihara hewan apapun itu tujuannya untuk mengasihi dan menyayanginya. Berikut berbagai jenis kucing yang dapat dipelihara:

1. Kucing Ragdol

Berasal dari Amerika Serikat, Ragdoll merupakan salah satu hewan yang cocok untuk menemani keseharian dirumah. Bentuk tubuhnya tak hanya besar namun pada panggul dan dadanya juga. Bernama Ragdoll sebab jika diangkat ia akan terlihat lemas tak berdaya. Ekspresi wajah yang imut disertai pipi yang bulat membuatnya semakin menggemaskan.

2. Felis Catus

Felis Catus atau yang sering dipanggil siam ini merupakan kucing asal Thailand yang kemudian tersebar hingga Eropa. Mempunyai bentuk tubuh yang ramping, warna yang biru serta ekor panjang. Beberapa bagian tubuhnya terlihat serupa dengan kaki dan wajah karena terdapat beberapa titik gelap yang ada.

3. Ras Tertua di Amerika Utara, Maine Coon

Ciri-ciri dari kucing yang satu ini yaitu tubuh besar dan panjang yang proporsional, serta ekor yang berumbai panjang. Kucing ini terkenal juga memiliki mata bentuk oval yang sangat ekspresif. Berbeda dengan kucing pada umumnya Maine Coon memiliki berat badan 6 hingga 8 kg disertai tinggi yang mencapai 1 meter.

TRENDING:  Wajib Tahu! Cara Membayar Hutang Puasa yang Sudah Bertahun Tahun pada Saat Puasa Ramadhan

Demikianlah ulasan jenis kucing peliharaan nabi yang dapat untuk dipelihara saat ini. Hal yang perlu diingat dalam memelihara hewan baik itu kucing atau yang lainnya yaitu harus tanggung jawab. Bukan hanya sekedar memelihara tapi juga harus dapat memberikan kasih sayang layaknya anggota keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.