deposito emas di pegadaian

Pahami 5 Langkah Untuk Melakukan Deposito Emas di Pegadaian dengan Mudah

Emas menjadi instrumen yang sangat penting dalam menyimpan kekayaan yang dimiliki seseorang. Sebab, nilai tukar emas hampir setiap tahun mengalami kenaikan yang signifikan. Sehingga, wajar bila deposito emas di pegadaian semakin banyak diminati masyarakat. Terutama bila memperhatikan berbagai keuntungan yang dapat diperoleh pada masa yang akan datang.

Tempo dulu untuk mendepositokan emas, nasabah perlu membeli secara langsung di toko dan menabung ke bank. Cara ini terbilang cukup merepotkan terutama bagi nasabah yang mempunyai rutinitas yang padat. Akan tetapi, kini aktivitas tersebut dapat dilakukan secara online memanfaatkan aplikasi khusus. Berikut langkah-langkah yang perlu diperhatikan guna mendepositokan emas:

1. Instal Aplikasi Pegadaian Digital

Membuka tabungan emas dapat dilakukan dengan menginstal aplikasi Pegadaian Digital pada Play Store. Aplikasi ini rilis pada 10 Januari 2018 dan telah mengalami beberapa kali pembaruan. Sejak pertama rilis hingga sekarang, aplikasi tersebut telah diunduh sebanyak 1 juta download. Pengguna dapat mulai mengunduh dan memasang Pegadaian Digital pada smartphone.

2. Isilah Formulir dengan Data yang Valid

Pada tampilan awal, silahkan memilih opsi buka tabungan kemudian isi formulir yang tersedia. Pengguna akan diminta untuk memasukkan data nomor HP, kartu identitas, serta beberapa pertanyaan lain yang berhubungan dengan data diri. Unggah foto kartu identitas yang telah diambil sebelumnya. Pastikan informasi tersebut dapat dibaca dengan jelas.

3. Menentukan Cabang Pegadaian yang Diinginkan

Meski dilakukan secara online, proses pendaftaran untuk melakukan deposito emas di pegadaian juga memerlukan verifikasi. Sehingga calon nasabah perlu datang langsung ke kantor cabang yang telah dipilih. Sebaiknya, pengguna memilih kantor cabang pegadaian terdekat agar lebih memudahkan. Adapun kegiatan di kantor cabang berupa pembukaan rekening bagi nasabah baru.

TRENDING:  5 Keuntungan Investasi Emas Antam di Pegadaian Bisa dengan Sistem Setoran

Akan tetapi, pengguna tidak perlu terburu-buru ketika akan membuat buku rekening di kantor pegadaian. Sebab, proses ini dapat dilakukan dengan jangka waktu maksimal hingga 6 bulan sejak mendaftar lewat aplikasi. Pengguna dapat mengatur waktu luang, sehingga aktivitas ini tidak akan mengganggu pekerjaan.

4. Menyelesaikan Pembayaran

Bila pengguna smartphone telah selesai memilih kantor cabang yang akan dituju, aplikasi akan menampilkan rincian pembayaran. Biaya pembukaan rekening berupa saldo awal dan fasilitas titipan dengan total sebesar 100 ribu. Untuk menyelesaikan tahapan pendaftaran, harap segera melakukan pembayaran terlebih dahulu.

Guna melunasi tagihan, pengguna dapat memilih metode pembayaran yang dianggap paling mudah. Salah satu alternatif yang paling umum yaitu melalui transfer menggunakan virtual account. Setelah melakukan pembayaran, tabungan emas akan diproses selama 7 hari kerja. Pengguna hanya perlu menunggu hingga status tabungan menjadi aktif dalam aplikasi.

5. Datang ke Kantor Cabang Untuk Melakukan Verifikasi

Setelah status tabungan dalam aplikasi tertulis aktif, nasabah diharuskan datang ke kantor cabang pilihan. Sejumlah data perlu diisi bagi nasabah agar memudahkan proses deposito emas. Pastikan membawa data diri berupa KTP, nasabah juga perlu menunjukkan aplikasi Pegadaian yang digunakan untuk mendaftar.

Petugas akan melakukan verifikasi terkait kevalidan data diri yang dimasukkan saat mendaftar rekening. Selanjutnya, nasabah akan menerima buku tabungan berisi keterangan saldo rekening. Terakhir, lakukan verifikasi rekening bank yang diperlukan ketika melakukan pencairan hasil dari penjualan emas yang dimiliki. Hal ini akan mempermudah proses pencairan emas di kemudian hari.

Itulah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk melakukan deposito emas di pegadaian dengan mudah. Perlu diperhatikan bahwa setiap investasi tentunya memiliki peluang untung dan rugi. Mengingat harga emas juga terkadang mengalami penurunan di waktu tertentu. Hal tersebut dapat disikapi dengan pemilihan jangka panjang dalam berinvestasi, sehingga peluang keuntungan lebih besar.

TRENDING:  Tertarik untuk Mencoba Deposito Emas di Bank Mandiri Syariah? Pahami Dahulu 7 Hal Berikut

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.