cara mencairkan deposito mandiri

5 Cara Mencairkan Deposito Mandiri Dengan Mudah Melalui Aplikasi

Deposito menjadi salah satu alternatif bagi nasabah untuk mulai berinvestasi dengan mudah. Setiap bank umumnya menawarkan fitur tersebut, termasuk bank Mandiri. Selama masa perjanjian, nasabah tidak dapat menarik uang yang telah didepositokan. Adapun cara mencairkan deposito Mandiri kerap kali menjadi permasalahan, terutama bagi sebagian nasabah yang belum begitu memahaminya.

Nasabah bank Mandiri dapat membuka deposito minimal 1 juta berdasarkan jangka waktu yang dipilih. Pemilihan jangka waktu deposito dapat disesuaikan kebutuhan, misalnya 1 atau 3 bulan. Besar bunga yang diperoleh juga akan menyesuaikan dengan jangka waktu yang dipilih. Setelah membuka deposito, nasabah dapat melakukan pencairan dengan menerapkan 5 cara berikut:

1. Login ke Akun Mandiri Online Melalui Aplikasi

Tahapan awal untuk melakukan pencairan deposito melalui aplikasi yaitu memasang Livin by Mandiri pada smartphone. Aplikasi mobile banking ini dapat di unduh pada Play Store dengan mudah. Pengguna dapat menjalankan aplikasi dengan memasukkan kata sandi atau melakukan scan sidik jari. Kemudian tunggu hingga aplikasi menampilkan data finansial yang dimiliki nasabah.

2. Pilih Akun Deposito yang Dimiliki

Halaman depan akan menampilkan berbagai jenis deposito yang dimiliki oleh nasabah. Klik deposito yang akan dicairkan dan tunggu hingga aplikasi menampilkan informasi lengkap. Pada halaman tersebut akan ditampilkan jumlah uang yang didepositokan, jangka waktu, dan suku bunga yang akan diperoleh. Informasi ini sangat berguna untuk memantau perkembangan deposito pada Mandiri.

3. Pilih Opsi Pencairan

Perhatikan ikon titik tiga yang terletak pada bagian paling atas sebelah kanan. Ikon ini biasanya belum muncul ketika dana baru saja didepositokan, sehingga perlu menunggu beberapa hari. Cara mencairkan deposito Mandiri dapat dilakukan dengan klik ikon tersebut kemudian pilih opsi pencairan. Tunggu hingga muncul halaman konfirmasi.

TRENDING:  Merdeka Copper Gold Saham Keunggulan yang Ditawarkannya

Baca dan pahami informasi pencairan deposito yang ditampilkan dalam aplikasi tersebut. Nasabah akan menerima suku bunga bila telah mematuhi kesepakatan deposito. Besar suku bunga sesuai dengan perjanjian di awal mendaftar deposito. Akan tetapi, nasabah dapat dikenakan penalti bila melakukan pencairan sebelum jangka waktu selesai.

Adanya penalti ini tentunya sangat merugikan bagi nasabah, sebab nominal uang yang diterima akan berkurang. Sehingga penting untuk mematuhi kesepakatan bila memutuskan untuk mendaftar deposito. Tujuannya agar saldo utama tidak berkurang dan nasabah dapat memperoleh suku bunga yang telah disepakati.

4. Tentukan Rekening Mana yang Akan Dituju

Nasabah dapat memilih rekening mana yang akan digunakan untuk menerima uang deposito. Bila transfer ke rekening berhasil, nasabah akan memperoleh notifikasi dari pihak Bank Mandiri melalui aplikasi. Setelah membaca dan memahami segala konsekuensi yang akan diperoleh, pilih opsi Lanjut untuk meneruskan tahap pencairan.

5. Lakukan Konfirmasi Pencairan Deposito

Guna meningkatkan keamanan dalam bertransaksi, nasabah akan diminta untuk memasukkan PIN. Tujuannya untuk mengkonfirmasi bila pencairan benar-benar dilakukan oleh pemilik rekening. Sehingga data pencairan tersebut tidak bisa disalahgunakan oleh orang lain. Masukkan PIN berupa angka sebanyak 6 digit dengan benar.

Aplikasi akan menampilkan data berisi informasi mengenai proses pencairan deposito. Nasabah dapat memantau jumlah uang yang diterima pada akun rekening Bank Mandiri. Untuk memastikan, silahkan mengecek jumlah saldo yang terdapat dalam rekening yang dituju. Bila jumlahnya bertambah, menandakan bahwa proses pencairan telah berhasil dilakukan.

Demikianlah penjelasan dari 5 cara mencairkan deposito Mandiri dengan mudah memanfaatkan aplikasi. Pastikan menentukan nominal serta pemilihan jangka waktu yang tepat sebelum mendaftarkan deposito. Pertimbangan tersebut dapat dilihat dari segi kebutuhan finansial mendatang. Hal ini dapat menjadi pedoman bagi nasabah untuk menghindari terjadinya penalti ketika melakukan pencairan uang.

TRENDING:  4 Resiko Seorang Wirausaha Dalam Menjalankan Bisnis

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.