investasi titip dana terpercaya

Ketahui 5 Ciri Investasi Titip Dana Terpercaya agar Tak Kena Tipu

Di balik keuntungan dari berinvestasi, ada banyak pihak tak bertanggung jawab dengan menipu banyak orang. Investasi seperti dikenal dengan sebutan investasi bodong alias investasi palsu. Dalam hal ini yang menjadi korban tentu saja investor yang sudah menyetor dana investasi. Oleh karena itu, ada baiknya mengetahui apa saja ciri-ciri investasi titip dana terpercaya agar tak tertipu. Berikut ini beberapa ciri investasi terpercaya yang wajib diketahui:

1. Pilih Broker yang Sudah Terdaftar di OJK

Salah satu investasi titip dana terpercaya yaitu sudah terdaftar di OJK. Investasi yang sudah memiliki izin resmi dari OJK akan terus dipantau sehingga tidak merugikan investor. Oleh karena itu, saat ingin mendaftar di suatu investasi tanyakanlah apakah broker tersebut telah beroperasi resmi dan mendapat izin dari OJK.

Cara lainnya yang dilakukan untuk melihat kredibilitas investasi yaitu dengan mencari informasi di internet tentang investasi tersebut. Bisa juga dengan membuka situs web resmi OJK untuk melihat apakah investasi tersebut sudah masuk ke dalam daftar investasi yang mendapat izin dari OJK.

2. Tidak Menjanjikan Hasil Berlipat Ganda

Investasi titip dana memang menguntungkan dan berpotensi menghasilkan hingga jutaan rupiah. Namun, hal ini tidak akan diiming-imingi oleh penyedia layanan investasi atau broker terpercaya. Penyedia layanan investasi akan menyampaikan potensi keuntungan yang sebanding dengan modal investasi. Sedangkan investasi bodong akan menjanjikan keuntungan fantastis yang tak masuk akal.

Oleh karena itu, jangan langsung tergiur dengan tawaran dari broker. Coba pikirkan terlebih dahulu apakah tawaran keuntungan yang dijanjikan broker masuk akal atau tidak. Salah satu siasat investasi bodong adalah menjanjikan keuntungan fantastis untuk menarik banyak investor.

TRENDING:  4 Resiko Seorang Wirausaha Dalam Menjalankan Bisnis

3. Jujur Menyampaikan Risiko

Selain menawarkan keuntungan, investasi terpercaya juga akan jujur menyampaikan potensi risiko yang akan dihadapi investor. Jadi, investor tidak hanya diiming-imingi keuntungan saja, tetapi juga potensi risiko dan bagaimana cara mengantisipasinya. Jika potensi risiko ini tidak disampaikan, cobalah menanyakannya terlebih dahulu. Setiap investasi pasti memiliki risiko, jadi ketika broker mengatakan bahwa layanan investasinya tak akan menyebabkan kerugian, bisa jadi layanan yang ditawarkan adalah investasi bodong.

4. Tidak Memaksa Bergabung

Investasi terpercaya tidak akan memaksa bergabung kepada investor baru. Meskipun mengajak investor baru, tetapi ajakan tersebut tidak memaksa. Hal ini sangat berbeda dengan investasi bodong yang terkadang memaksa hingga menelpon berkali-kali calon investor agar mau bergabung. Oleh karena itu, sebaiknya waspada ketika ada broker yang tiba-tiba mendekati dan mendesak untuk bergabung.

Investasi bodong pada umumnya berdalih bahwa dalam waktu dekat potensi keuntungan akan menghilang jika investor tidak segera join dan berinvestasi dengannya. Hal ini dikarenakan investasi bodong akan selalu berusaha menjerat korban dan merampas modal investasi yang diberikan.

5. Rekam Jejak Sudah Jelas

Investasi terpercaya pastinya memiliki rekam jejak yang jelas. Tak perlu dibeberkan oleh pihak broker, para investor yang telah berhasil meraup keuntungan dari layanan yang diberikan pasti akan memberikan ulasan dan rekomendasi yang memuaskan. Ulasan ini sebetulnya bisa dicari di internet. Jadi, sebelum memilih investasi titip dana pastikan bahwa investasi tersebut memiliki rekam jejak yang jelas.

Itulah 5 ciri investasi titip dana terpercaya yang wajib diketahui oleh para investor, khususnya investor pemula agar tak tertipu. Semakin banyak orang yang tertarik berinvestasi, akan semakin marak juga kasus investasi bodong. Oleh karena itu, pastikan investasi titip dana yang dipilih sudah terpercaya dan berkualitas untuk mencegah terjadinya penipuan.

TRENDING:  Tertarik untuk Mencoba Deposito Emas di Bank Mandiri Syariah? Pahami Dahulu 7 Hal Berikut

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.