SAHAM  

Tips Memilih Perusahaan Pialang Saham yang Terpercaya

Tips Memilih Perusahaan Pialang Saham yang Terpercaya (corporatefinanceinstitute.com)
Tips Memilih Perusahaan Pialang Saham yang Terpercaya (corporatefinanceinstitute.com)

Perusahaan pialang saham adalah jenis perusahaan yang menyediakan jasa agar para investor bisa dengan mudah terhubung ke dalam bursa saham. Pialang saham ini sering juga disebut  dengan kantor broker saham.

Saat seseorang atau perusahaan ingin melakukan sebuah transaksi saham, sebaiknya diharuskan untuk membuka rekening saham di kantor pialang saham yang terpercaya. Karena membuka rekening di pialang saham terpercaya akan mendapatkan sebuah jaminan agar tidak membuat para investor rugi.

Akan tetapi Anda juga harus memahami dan tahu mana kantor pialang saham yang benar benar bisa menjamin dan mana perusahan penipu. Agar anda tidak menyesal nantinya.

Tips Memilih Perusahaan Pialang saham

Sebelum Anda memulai investasi sebaiknya perhatikan dan pelajari cara untuk memilih pialang saham yang benar. Karena banyak perusahaan bodong yang mengatasnamakan perusahaan lain untuk mengambil keuntungan sendiri. Untuk itu sebaiknya Anda memilih perusahaan broker yang sudah memiliki izin sepenuhnya.

Cari Tahu Apakah Sudah Memiliki Izin Resmi

Memilih perusahaan broker seperti ini perlu Anda pahami dengan cermat. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mengecek perizinan dari broker itu sendiri. Di Indonesia, perusahaan pialang yang bisa dipercaya oleh para investor adalah perusahaan yang sudah terdaftar dalam jaringan dan sudah memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi pastikan nama perusahaan broker tersebut sudah terdaftar pada OJK.

Lihat Berapa Kali Broker Saham Menjadi Underwriter

Perhatikan berapa kali perusahaan pernah underwriter. Maksud dari underwriter adalah sudah sejauh mana perusahaan pialang saham membuat sebuah kontrak dengan emiten untuk menjadi sponsornya serta melakukan penawaran umum ke investor untuk kepentingan emiten.

Di Indonesia, perusahaan yang sangat dipercaya oleh para investor sebagai underwriter terbaik adalah perusahaan Mandiri sekuritas. Karena memiliki tingkat reputasi dan kinerja  yang baik. Mandiri sekuritas juga sudah pernah menerima berbagai penghargaan nasional dan internasional dalam menjalani aktivitasnya sebagai pialang saham atau broker terkemuka.

Cek Minimal Modal Awal dan Besarnya Fee Transaksi

Saat ingin memilih perusahaan broker terbaik, pastikan tidak lupa untuk mengecek berapa modal awal dan besaran komisi atau fee transaksi. Biasanya modal awal memang berbeda beda, Mulai dari 10 juta sampai 50 juta. Akan tetapi banyak juga pialang saham yang menawarkan modal awal yang lebih sedikit dari jumlah tersebut. Tergantung sasaran para investor. Jadi pilihlah perusahaan yang benar-benar pas dengan angan-angan mu.

Memiliki Banyak Nasabah

Memiliki banyak nasabah adalah keinginan para pengelola perusahaan broker. Perusahaan pialang yang mempunyai banyak nasabah juga tidak bisa menjadi ukuran untuk dinilai bahwa perusahaan itu adalah perusahaan yang bagus. Akan tetapi setidaknya dengan banyaknya jumlah nasabah yang dimiliki perusahaan, menunjukan bahwa tingkat kepercayaan pada perusahaan tersebut baik. Semakin banyaknya nasabah yang menggunakan jasanya semakin terlihat juga tingkat reputasi perusahaan pialang tersebut, dan menjadi tanda bahwa perusahaan itu terpercaya.

Memberikan Pelayanan yang Profesional dan Baik

Dalam dunia saham, bila terjadi masalah atau hal-hal yang tidak dimengerti, pastinya kita ingin segera menemukan solusi agar saham kita baik baik saja. Oleh karena itu, saat kita memilih perusahaan pialang saham sebaiknya pilih perusahaan yang memiliki pelayanan ramah, cepat tanggap dan juga bisa menjawab setiap pertanyaan dari para investor. Karena selain sangat membantu, Anda juga akan merasakan kenyamanan tersendiri.

Salah satu contoh pelayanan yang bagus, pastinya perusahaan pialang saham akan menyediakan grup khusus untuk nasabah. Hal tersebut supaya bisa dengan mudah melayaninya secara profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *