Cara Merubah Warna Mobil 2021 di STNK dan BPKB

Cara Merubah Warna Mobil 2021 di STNK dan BPKB

otoresing.comMerubah warna mobil wajib diiringi dengan Status perubahan warna pada STNK maupun BPKB. Apabila status warna di STNK tidak berubah, pastinya sobat wajib menanggung efek ditilang sebab tidak cocok dengan peraturan lalu- lintas yang berlaku. Lagi pula bayaran ubah warna mobil bukanlah mahal, sebab cuma butuh membayar PNBP STNK serta PNBP BPKB yang biayanya tidak hingga jutaan rupiah

Mengingat bayaran ubah warna STNK mobil serta BPKB mobil tidak sangat mahal, hingga lebih baik segera mengurusinya. Pasti sobat tidak mau kan mengeluarkan anggaran cuma cuma untuk membayar denda sebab warna mobil tidak cocok STNK. Ada pula dendanya yakni maksimal sebesar Rp. 250. 000 ataupun pidana kurangan sepanjang 1 bulan. Belum lagi bila wajib mengikuti persidangan tilang, pasti waktu bakal terbuang percuma.

Salah satu alibi banyak orang enggan mengurusi penggantian status warna mobil merupakan sebab berpikir prosesnya ribet serta biayanya mahal. Sementara itu triknya sangat gampang serta prosesnya lumayan kilat. Bayaran yang dikeluarkan pula tidak semahal kita mengurusi mutasi kendaraan bermotor yang menggapai jutaan rupiah. Nah untuk sobat yang penasaran mau mengenali bayaran ubah warna mobil, silahkan ikuti di dasar ini.

Baca Juga: Panduan Perawatan Area Roda Mobil, Awas Jangan Sampai Ngelock

Apa Persyaratan Merubah Warna Mobil ?

Terdapat sebagian ketentuan yang wajib sobat penuhi agar proses ubah warna mobil berjalan lancar. Ketentuan ubah warna mobil kepunyaan perorangan pula berbeda dengan ubah warna mobil kepunyaan tubuh hukum maupun lembaga pemerintahan( Tercantum BUMN serta BUMD). Nah buat mengenali seluruh syaratnya, silahkan ikuti data yang kami sampaikan berikut ini.

Kelengkapan Data Diri

Apabila mau ubah warna mobil kepemilikan individu,  salah satu syaratnya iyalah menyertakan data diri. sobat dapat memilah diantara KTP, SIM, KK, ataupun paspor. Untuk yang berhalangan mengurus sendiri pula dapat memohon dorongan ke orang lain, tetapi wajib membuat pesan kuasa yang ditandatangani di atas materia.

TRENDING:  Cara Memperbaiki Motor Mogok Ketika Dijalan

Setelah itu untuk sobat yang mau mengubah warna mobil kepunyaan tubuh hukum, hingga wajib menyertakan kopian akte pendirian industri, penjelasan domisili, serta suarat kuasa dari pimpinan industri yang ditandatangani di atas materai serta dilengkapi cap tubuh hukum yang bersangkutan

Berikutnya buat ubah warna mobil kepunyaan lembaga pemerintah, baik itu BUMN maupun BUMD memerlukan pesan tugas ataupun pesan kuasa yang ditandatangani di atas materai Rp. 6000 oleh pemimpin lembaga dan dilengkapi cap lembaga yang bersangkutan. Masih terdapat sebagian ketentuan ubah warna mobil yang lain. Dimana syaratnya merupakan selaku berikut

  • STNK mobil yang asli serta fotocopy
  • BPKB mobil yang asli serta fotocopy
  • Data pelunasan PKB/ BBNKB tahun terakhir
  • Data hasil pengecekan cek raga kendaraan bermotor
  • Pesan penjelasan dari bengkel/ karoseri yang mengganti warna mobil serta ditandatangani di atas materai
  • Dokumen lain yang berkaitan dengan proses ubah warna

Data di atas adalah salah satu ketentuan ubah warna mobil dan menyertakan pesan penjelasan mengganti warna yang didapatkan dari bengkel maupun industri karoeseri yang melaksanakan pengecatan. Tidak hanya itu, kita pula wajib menyertakan kopian SIUP serta NPWP dari bengkel tempat mengubah warna mobil.

Baca Juga: Kenali 5 Ciri Mobil Bekas Banjir Sebelum Membelinya

Ketentuan point terakhir memanglah lumayan ribet, sebab tidak seluruh bengkel mempunyai SIUP serta NPWP. Oleh sebab seperti itu kami sarankan buat mencari bengkel formal yang legalitas hukumnya terjamin. Untuk yang telah terlanjur mewarnai mobil di bengkel tidak formal kami mempunyai solusinya, ialah dengan memohon dorongan jasa calo.

Bayaran ubah warna mobil memakai jasa calo pasti lebih mahal, tetapi tidak jadi permasalahan sepanjang memudahkan proses ubah warna mobil. Umumnya calo mempunyai orang dalam yang hendak menolong mereka dalam mengurusi penggantian warna STNK maupun BPKB.

TRENDING:  Cara Cek Penyebab Starter Motor Tidak Berfungsi

Cara Merubah Warna Mobil

Nah, sehabis mengenali seluruh syaratnyat, kemudian bagiamana Cara Merubah Warna Mobil di BPKB serta STNK. Triknya sangat mudah, sebab sobat cuma butuh tiba ke kantor Samsat terdekat dengan bawa seluruh ketentuan di atas. Nantinya petugas Samsat hendak menolong kita dalam mengurusi pendaftaran status warna kendaraan bermotor.

Saat sebelum pendaftaran kita wajib terlebih dulu cek raga kendaraan. Pajak mobil pula wajib jalur, sebab wajib menyertakan fakta pelunasan PKB serta BBNKB tahun terakhir. Sehabis itu kita tinggal mengisi formulir pendaftaran yang didapatkan dari petugas Samsat.

Sobat wajib mengisi formulir cocok dengan owner kendaraan. Setelah itu serahkan formulir yang telah diisi ke petugas serta sehabis itu tinggal membayar bayaran ubah warna mobil. Bayaran yang wajib dibayar cuma sebatas bayaran PNBP STNK serta PNBP BPKB. Nah untuk yang penasaran mau mengenali bayaran ubah warna mobil, silahkan ikuti di dasar ini.

Berapa Biaya Merubah Warna Mobil ?

Sobat tentu penasaran tentang Biaya Merubah Warna Mobil di STNK serta BPKB. Besaran bayaran telah diatur lewat PP no 60 tahun 2016 tentang Penerimaan Negeri Bukan Pajak( PNBP). Pada Peraturan Pemerintah tersebut disebutkan kalau bayaran PNBP STNK mobil merupakan sebesar Rp. 200. 000. Sebaliknya buat PNBP BPKB mobil sebesar Rp. 375. 000

Sobat cuma membayar bayaran ubah warna mobil di atas untuk merubah status warna mobil di STNK serta BPKB. Dapat dikatakan bayaran ubah warna mobil bukanlah mahal. Tetapi apabila memakai jasa calo, pasti biayanya lebih mahal. Dapat saja bianya 2x lipat lebih mahal, jadi lebih baiknya mengurusnya sendiri.

Dari Data di atas bisa disimpulkan kalau bayaran ubah warna mobil di STNK serta BPKB merupakan sebesar Rp. 575. 000. Total bayaran yang dikeluarkan jauh lebih sedikit dibanding bayaran merubah cat mobil yang dapat menggapai puluhan juta rupiah.

TRENDING:  Tips Berkendara Saat Melewati Banjir

Pada dasarnya kita dapat merubah warna mobil, tanpa merubah status warna. Akan tetapi warna yang diperbolehkan cuma 20% dari warna dasar. Untuk yang tidak mempermasalahkan perihal tersebut, hingga tidak butuh menghasilkan bayaran ubah warna mobil di STNK serta BPKB cocok data yang kami sampaikan di atas. Nah lumayan sekian data otoresing.com kali ini, mudah- mudahan berguna serta dapat jadi rujukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.