SPORT  

Hal Utama Dalam Memodifikasi Motor Trail

Memodifikasi Motor Trail

Memiliki sepeda motor trail dan memodifikasinya sehingga terlihat, terdengar, dan berfungsi tidak seperti motor lain di lintasan. Namun, memodifikasi motor trail bisa menjadi proses yang luar biasa dan mahal, terutama jika Anda hanya berfokus pada peningkatan kosmetik daripada peningkatan yang akan meningkatkan produktivitas sepeda Anda di trek. Meskipun tidak ada yang salah dengan meningkatkan penampilan sepeda Anda, jika Anda ingin memaksimalkan uang dan tenaga Anda, Anda perlu memfokuskan upaya awal Anda pada peningkatan kinerja. berikut hal penting yang harus di utamakan terlebih dahulu:

Lakukan Penyesuaian Suspensi

Baik Anda seorang pengendara trek datar atau balap motorcross, suspensi Anda adalah salah satu aspek terpenting dalam perjalanan Anda. Karena itu, memodifikasi suspensi agar sesuai dengan gaya dan preferensi unik seseorang adalah salah satu modifikasi pertama yang dilakukan sebagian besar pemilik sepeda baru.

Meskipun Anda dapat berinvestasi dalam kit suspensi purnajual baru, investasi itu akan membebani Anda. Belum lagi, shock atau pertukaran garpu bukanlah pekerjaan untuk pengendara pemula – itu membutuhkan keterampilan, pengetahuan dan pengalaman sebelumnya. Jika Anda baru mengenal dunia bersepeda, atau jika Anda belum pernah melakukan modifikasi suspensi sebelumnya, pertimbangkan untuk memilih rute yang lebih murah dan mudah terlebih dahulu: sesuaikan suspensi stok sepeda Anda dengan berat Anda.

Menyetel suspensi stok Anda untuk berat dan bobot perlengkapan Anda seharusnya hanya memakan waktu satu hingga dua jam, dan yang terbaik, gratis. Meskipun sederhana, modifikasi ini akan mengubah karakter sepeda Anda secara drastis dan menghasilkan pengendaraan yang jauh lebih nyaman dan mulus.

Tentu saja, jika Anda mengendarai sepeda dengan keras secara konsisten, ada saatnya Anda harus mempertimbangkan suspensi baru. Jika Anda sampai pada titik ini, berinvestasi dalam pengaturan yang berkualitas akan sepadan dengan sumber daya Anda, karena Anda tahu Anda akan benar-benar menggunakannya.

Ganti Ban

Ban sepeda motor trail dapat membuat atau menghancurkan suatu perjalanan, namun banyak pemilik sepeda baru mencoba untuk memperbaiki kondisi ban yang digunakan untuk sepeda tersebut. Jangan lakukan ini. Salah satu hal pertama yang harus Anda lakukan saat membawa sepeda baru ke garasi adalah mengganti ban. Ban berkualitas dapat membantu sepeda Anda bekerja lebih efisien, memberi Anda traksi yang lebih besar, dan meningkatkan penanganan sepeda Anda.

Penting untuk diperhatikan bahwa ban baru tidak berarti performa yang lebih baik. Ban yang Anda gunakan untuk melengkapi sepeda Anda harus dirancang untuk jenis lintasan yang akan Anda kendarai. Jika Anda berencana mengendarai motorcross, belilah ban off-road. Jika sebagian besar balapan Anda berlangsung di atas kerikil atau lempung, belilah ban medan lunak. Apakah Anda lebih suka berkendara melintasi gurun? Jika demikian, ban hybrid pasir mungkin pilihan terbaik untuk Anda. Jika Anda berencana untuk menggunakan sepeda Anda baik di jalan maupun di luar, pastikan untuk mencari stempel “DOT”, yang menyatakan bahwa ban telah disetujui untuk digunakan di jalan raya. ada juga Modifikasi Simpel Motor Yamaha XMAX 250cc

Pasang Knalpot Aftermarket

knalpot

Knalpot baru tidak hanya membantu motor Anda terdengar keras dan kejam (meskipun juga membantu), tetapi juga, dapat membantu meningkatkan performa motor Anda secara keseluruhan. Produsen sepeda melengkapi mesin mereka dengan pipa knalpot yang dirancang untuk senyap, efisien, dan menyenangkan secara estetika. Meskipun tidak ada salahnya sifat-sifat itu, mereka tidak akan membuat Anda diakui di trek.

Knalpot aftermarket, di sisi lain, difokuskan pada keuntungan. Pipa-pipa tersebut biasanya lebih ringan, lebih sederhana penampilannya dan suaranya lebih keras. Bobot yang lebih sedikit sama dengan pusat gravitasi yang lebih baik dan pengendaraan yang lebih lunak. Meskipun kurangnya ruang resonansi dan konverter katalitik berarti lebih sedikit kontrol emisi dan lebih banyak kebisingan, itu juga berarti lebih banyak tenaga. Berhati-hatilah jika Anda berencana menggunakan sepeda motor trail untuk penggunaan di jalan dan off-road, karena kurangnya konverter katalitik dapat menempatkan Anda di area abu-abu legal.

Mengganti Gear dan Rantai Motor

Salah satu modifikasi yang sering diabaikan oleh banyak bikers adalah gearing. Seperti halnya knalpot OEM, persneling pabrik dirancang agar efisien. Tidak ada ruang untuk efisiensi di trek. Sebaliknya, kecepatan tertinggi dan akselerasi cepat menjadi prioritas.

Pengaturan persneling yang tepat dapat membantu Anda mencapai satu atau lainnya: akselerasi atau kecepatan tertinggi. Jika Anda ingin dapat berakselerasi lebih cepat, lengkapi sepeda Anda dengan sproket belakang yang lebih besar dan sproket depan yang lebih kecil. Ini akan menghasilkan rasio gigi yang lebih rendah, yang ideal untuk lintasan berlubang dengan banyak belokan sempit. Jika Anda ingin mencapai kecepatan tertinggi, lakukan yang sebaliknya — lengkapi bagian depan dengan sproket yang lebih besar dan bagian belakang dengan sproket yang lebih kecil. Ini akan memberi sepeda Anda lebih banyak kaki untuk menempuh jarak yang lebih jauh dengan kecepatan yang lebih cepat.

Rantai sepeda aftermarket biasanya lebih ringan daripada rantai pabrik namun jauh lebih tahan lama. Rantai yang dirancang untuk motorcross dan hard riding memiliki fitur konstruksi roller yang mulus sehingga rantai dapat melewati gigi sproket dengan mudah dan tanpa menimbulkan gesekan.

Lengkapi Sepeda Anda Dengan Pelindung Tangan

Terakhir, tambahkan pelindung tangan ke palang Anda. Modifikasi khusus ini tidak dirancang untuk meningkatkan performa motor, melainkan untuk meningkatkan keselamatan pengendara. Seperti yang Anda ketahui, mengendarai sepeda motor trail bukan untuk menjadi lemah hati karena kecelakaan bisa saja terjadi. Cabang yang menggantung rendah, bebatuan terbang, kerikil lepas, dan sepeda kotoran lainnya semuanya mengancam keselamatan dan kesejahteraan Anda. Helm berwajah penuh, sarung tangan, dan pelindung tangan semuanya dapat melindungi wajah dan tangan Anda jika serpihan beterbangan ke arah Anda atau, pada saat yang lebih disayangkan, Anda menabrak. Selain itu, pelindung tangan dapat membantu mengurangi kemungkinan pergelangan tangan Anda tergulung atau patah tulang karena kecelakaan, cedera yang membuat Anda tidak bisa bersepeda selama beberapa bulan.

Memodifikasi sepeda motor trail Anda bisa sangat menyenangkan – jika Anda melakukannya dengan benar. Jika Anda tidak memiliki banyak sumber daya tetapi masih menginginkan mesin yang dapat bersaing dengan yang terbaik dari mereka, mulailah dengan modifikasi yang terjangkau ini. Meskipun sederhana, mereka dapat membuat perbedaan besar dalam performa sepeda Anda. Beli suku cadang yang Anda butuhkan untuk memperkuat sepeda Anda hari ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *