Blog Sepi Pengunjung

5 Alasan Blog Sepi Pengunjung Berikut Cara Mengatasinya

Pernahkah Kamu bertanya-tanya penyebab blog sepi pengunjung sedangkan keadaan blog sudah cukup kaya konten?

Kamu sudah rajin menerbitkan konten secara teratur, tetapi tak peduli betapa keras Kamu melakukannya, trafik blog tak kunjung menunjukkan peningkatan.

Penyebab blog sepi pengunjung

Ada banyak faktor yang menjadikan blog/situs mu sepi dengan pengunjung, Jika blog situs yang kamu miliki sampai saat ini masih sepi pengunjung atau blog/situs kamu memiliki pengunjung yang belum mencapai maksimal, berikut beberapa faktor yang menjadikan blog sepi pengunjung:

1 Blog atau artikel belum terindex

Yang pertama penyebeb blog sepi pengunjung meski banyak artikel adalah blog dan artikel yang terdapat pada blog kita belum terindex secara penuh oleh mesin pencarian google, sebelum mesin pencari dapat menemukan artikel blog yang kita miliki, artikel tersebut harus terindex terlebih dahulu, terindex maksudnya artikel tersebut sudah masuk ke basis data mesin pencari,
sehingga mesin pencari lebih mudah menemukan artikel kita jika pencarian relevan dengan artikel terindex tersebut.

Pada umumnya seiring waktu artikel pada blog akan terindex secara otomatis, namun kita bisa mengupayakan agar artikel tersebut lebih cepat terindex dan populer dimata google, yang pertama adalah kita harus memastikan bahwa blog tersebut sudah terintegrasi dengan webmaster tool dan peta situs sudah di submit, dan jangan lupa melakukan submit alamat blog juga alamat url artikel setiap kali artikel baru diterbitkan, dengan demikian hal tersebut membantu mesin pencari untuk lebih cepat mengindex artikel blog kita.

Minta google Search Console Untuk Mengindex

Jika blog atau web mu baru coba daftarkan terlebihdahulu melalui google Search Console search.google.com

untuk memastikan blog dan artikel yang terdapat didalamnya sudah terindex oleh mesin pencari,  Bisa melakukan pencarian dengan format site:namablog_kamu.com, misal site:sotoresing.com, jika berhasil setiap artikel yang sudah terindex akan ditampilkan pada halaman pencarian google.

TRENDING:  5 Aplikasi Edit Foto Polaroid Ini Buat Foto Lebih Aesthetic!

2. Konten Kamu Tidak Bernilai

Nilai suatu konten ditentukan dari kelangkaannya. Semakin umum suatu informasi, semakin tidak bernilai informasi tersebut.

Jika konten Kamu didominasi oleh konten-konten bernilai rendah di mana blog-blog lain juga menerbitkan informasi serupa, Kamu akan kesulitan menjaring pengunjung.

Selain itu, secara umum nilai suatu informasi akan terus mengalami penurunan seiring berjalannya waktu. Maka sangat disarankan untuk terus menerbitkan konten-konten bernilai tinggi baru agar trafik menjadi stabil.

Biasanya konten bernilai tinggi merupakan informasi terbaru mengenai pembaruan atau hal-hal baru di masing-masing industri. Selama Kamu mengikuti berita terhangat dan apa yang sedang tren, kemudian menciptakan konten berdasarkan informasi tersebut, Kamu akan baik-baik saja berhubungan dengan jumlah pengunjung.

Membuat Konten Berkualitas dan Menarik

  • Menulis artikel CEO
  • Buat Konten Yang Orisinil
  • Akurat dan lengkap dalam memberikan Informasi
  • Tambahkan gambar disetiap susunan kata agar lebih menarik

3. Konten Kamu Kurang Memberi Manfaat

Kamu memang memiliki kebebasan untuk menulis dan menerbitkan apapun yang Kamu inginkan. Namun jika kamu menginginkan blog banyak pengunjung, maka tidak ada jalan lain selain memproduksi konten-konten bermanfaat.

Konten bermanfaat adalah konten yang mampu mengubah hidup pembaca. Setelah selesai membaca konten Kamu, pembaca mendapatkan manfaat nyata yang bisa dengan mudah diaplikasikan di dalam kehidupannya agar menjadi seseorang yang lebih baik.

Biasanya konten bermanfaat adalah artikel-artikel berupa “tips” dan “cara”. Pengalaman pribadi yang menarik pun bisa memberi pelajaran berharga selama dikemas dengan baik. Jadi, di waktu senggang, sekalipun blog Kamu adalah blog pribadi, tidak ada salahnya untuk berbagi ilmu pengetahuan yang aplikable kepada pembaca Kamu.

4. Kurangnya Backlink

Selain konten yang memiliki manfaat, faktor penentu visibilitas blog di mesin pencari adalah backlink.

TRENDING:  5 Cara Mengatasi Jaringan Lemot Indosat yang Bisa Dilakukan

backlink balik tetap menjadi faktor peringkat Google yang sangat penting. backlink yang berkualitas menuju web mu memberikan peringkat yang baik dimata google.

Coba buat artikel yang memberikan manfaat dan berkualitas, sehingga menimbulkan backlink yang menuju blogmu, memang lumayan lama, namun cara ini paling mudah dan murah.

Idealnya, Kamu akan kebanjiran pengunjung jika artikel mu mampu bersaing di laman pertama Google untuk kata kunci populer.

5. Blog Kamu terkena penalty google

Penyebab pengunjung blog sepi lainnya adalah, blog kamu terkena penalty dari google, banyak melakukan kesalahan dalam aktivitas blogging akan menyebabkan blog yang kita sayangi terkena penalty google, salah satu yang paling umum adalah deindex, blog akan sulit untuk
ditemukan mesin pencari, ada beberapa penyebab penaly google, beberapa diantaranya adalah:

  • Sering membangun backlink dengan komentar spam, sebaiknya berhati hati ketika memburu backlink dengan cara ini, agar lebih aman jangan terlalu sering cukup seminggu sekali dan batasi jumlahnya, gunakan anchor text yang berbeda setiap kali meletakan backlink dengan cara ini, jika tidak tindakan kamu akan mudah untuk terdeteksi sebagai tindakan
    webspam.
  • Terkena penalty google panda, dikarenakan artikel mu kurang bermutu dan tidak berkualtias, biasanya penalty ini menyerang artikel yang kita buat hasil kopipaste. Jika blogmu terkena penalty maka kemungkinan besar trafik blog menjadi goyang dan tidak stabil, sehingga kemungkinan besar trafik blogmu akan semakin mengerucut.

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.