Hati Kacau dan Gelisah Inilah 6 Cara Menenangkan Hati Menurut Islam

Hati Kacau dan Gelisah? Inilah 6 Cara Menenangkan Hati Menurut Islam

Siapa yang tak pernah merasakan hati yang gelisah dan khawatir akan sesuatu hal yang akan terjadi atau hati yang gelisah lantaran masalah yang sedang dihadapi? Semua manusia pasti pernah merasakan dan pasti rasanya sangat tidak nyaman hingga akan mempengaruhi pikiran, serta tindakan yang sedikit berlebihan. Bagi kaum muslimin cara menenangkan hati menurut Islam sangat diperlukan.

Hati yang tidak tenang tentu akan memicu adanya stress hingga depresi. Lalu bagaimana cara mengatasi hal ini? Ternyata Islam telah membocorkan cara-cara untuk mengatasi ini, lho. Penasaran? Simak pembahasan cara menenangkan hati berikut ini:

1. Melaksanakan Shalat

Salah satu cara menenangkan hati menurut Islam yang dapat dicoba ketika memiliki masalah dan membuat hati gelisah, adalah dengan melaksanakan shalat. Mendirikan shalat dengan khusyuk dapat menjadi obat saat hati merasa tidak tenang. Shalat yang dilaksanakan bisa shalat wajib maupun shalat sunnah. Allah pernah berfirman dalam surat al-baqarah, yakni:

اسْتَعِينُواْ بِالصَّبْرِ وَالصَّلاَةِ

Minta tolonglah kalian dengan sabar dan shalat” (QS.Al-Baqarah: 153).

Tidak dapat dipungkiri jika shalat merupakan sarana untuk berkomunikasi dengan pencipta yakni Allah. Selain itu, shalat dapat menjadi obat hati untuk hati yang gelisah dan merasa tidak tenang.

2. Berzikir

Salah satu ibadah untuk mengingat Allah dengan memuji-Nya menggunakan kalimat-kalimat yang indah. Dengan mengingat Allah, maka hati dan pikiran akan menjadi lebih tenang. Ini sesuai dengan firman Allah:

فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ

Maka ingatlah pada-Ku, maka Aku akan mengingat kalian.” (QS. al-Baqarah: 152).

Seseorang yang senantiasa mengingat Allah maka akan diberikan kemudahan jalan oleh Allah. Bahkan dengan berzikir akan diberikan jalan atas kesusahan yang diderita dari arah yang tidak disangka-sangka. Zikir yang dilafazkan bisa bermacam-macam, mulai dari istighfar, takbir, tahmid, dan lain sebagainya.

TRENDING:  Inilah 5 Kisah Sahabat Nabi Untuk Anak Agar Dapat Menjadi Teladan

3. Menjaga Wudhu

Berwudhu merupakan salah satu kegiatan untuk mensucikan diri dan menghilangkan hadas atau najis yang ada di badan. Seseorang yang menjaga wudhu, maka Allah akan menjaganya dari hal-hal buruk yang akan menimpanya. Rasulullah pernah bersabda jika amarah itu datangnya dari setan dan setan terbuat dari api, dan api akan padam dengan air, maka lebih baik berwudhu dan senantiasa menjaga wudhu.

4. Berdoa

Salah satu cara menenangkan hati menurut Islam berikutnya adalah dengan berdoa. Doa merupakan senjata yang paling ampuh untuk umat Islam. Allah memerintahkan hamba-Nya untuk selalu berdoa apapun yang diminta kepada-Nya lantaran Allah sangat senang melihat hamba-Nya berdoa dan meminta hanya kepada-Nya. Segala masalah yang sedang dialami, lebih baik untuk dipasrahkan kepada Allah. Dengan meminta jalan yang terbaik serta kemudahan, maka insyaallah Allah akan memberikan jalan.

5. Membaca al-Quran

Cara berikutnya yang dapat dicoba adalah dengan memperbanyak membaca al-Quran. Kalamullah memang akan menyejukkan hati siapapun yang mendengar atau membacanya. Allah telah menurunkan al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia.

Barangkali dengan membaca al-Quran, hati akan menjadi tenang dan menemukan sebuah petunjuk untuk menyelesaikan masalah yang. Hal ini karena ada dalam al-Quran terdapat kisah-kisah para pendahulu, perintah, larangan dan lain halnya yang dapat menjadi pengingat diri untuk kembali mengikuti al-Quran.

6. Bersabar dan Berprasangka Baik

Cara menenangkan hati menurut Islam berikutnya yakni dengan bersabar serta berprasangka baik kepada Allah. Bila hati gelisah tak karuan sebab suatu masalah atau ujian, maka lebih baik bersabar lalu. Setelah itu, berprasangka baik jika segalanya yang dilalui akan mendapatkan hasil yang terbaik. Pikirkan saja hal-hal baik yang kemungkinan akan didapatkan setelah melalui sebuah ujian atau masalah.

TRENDING:  Tata Cara Wudhu Saat Puasa Sesuai Sunnah

Itulah pembahasaan cara menenangkan hati menurut Islam. Ternyata Allah telah membocorkan cara-cara agar hati tetap tenang dan tentram tanpa rasa gelisah. Ini sangat penting lantaran hati dan pikiran yang tenang dan jernih pastilah akan memberikan dampak yang baik bagi tubuh seperti kesehatan, terhindar dari stres hingga berbagai penyakit lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.