Inilah Kisah Nabi Ibrahim dan Mukjizatnya yang Memiliki Banyak Hikmah

Inilah Kisah Nabi Ibrahim dan Mukjizatnya yang Memiliki Banyak Hikmah

Perjuangan Nabi Ibrahim menyebarkan agama Islam, bisa menjadi inspirasi dan hikmah untuk banyak umat muslim. Menjadi salah satu Rasul yang dikenal juga sebagai bapaknya para nabi, menjadikan kisahnya menarik untuk dibahas. Berikut kisah nabi Ibrahim dan mukjizatnya, yang mempunyai banyak hikmah:

Kisah Perjalanan Hidup Nabi Ibrahim

Dilahirkan di Babilonia yang kini menjadi Irak, Nabi Ibrahim lahir dari ibu bernama buna dan ayah bernama Azar. Saat itu di Babilonia ada sebuah kerajaan yang berkuasa, kerajaan tersebut dipimpin oleh Raja Namrud. Terkenal dengan sifat sombong dan merasa seperti Tuhan, karena dirinya bisa memimpin kerajaan selama 400 tahun. Saat Nabi Ibrahim tumbuh dewasa, dirinya melihat ketimpangan di bawah pimpinan Kerajaan Babylonia.

Tidak cuma ketimpangan, Nabi Ibrahim juga melihat banyak orang sesat yang menuhankan berhala. Pada saat itu Nabi Ibrahim telah mengetahui bahwa Allah SWT lah Tuhan semesta alam ini. Dirinya memohon kepada Allah untuk diberikan mukjizat, setelah diberi dirinya semakin yakin dengan Allah SWT. Nabi Ibrahim mulai menyebarkan agama Allah, dan melibas berhala di Babylonia. Saat itu, dirinya meninggalkan satu kapak di berhala paling besar.

Melihat seluruh berhala hancur, membuat masyarakat Babilonia marah. Kemudian masyarakat Babylonia langsung menuding Nabi Ibrahim, namun nabi mengelak. Dirinya mengatakan bahwa berhala yang ada kapak nya lah, yang telah menghancurkan semuanya. Tentu saja tidak ada yang percaya, karena berhala tidak bisa bicara apalagi bergerak.

Saat itulah Nabi Ibrahim mencoba membuka pikiran masyarakat, bahwa berhala bukan lah Tuhan. Masyarakat dan hakim yang marah, akhirnya tetap menghakimi Nabi Ibrahim. Sampai pada akhirnya Nabi Ibrahim dihukum, dengan cara dipanggang hidup-hidup. Mukjizat Allah datang, dan Nabi Ibrahim tidak terpanggang sama sekali. Sejak itu banyak orang yang percaya dengan Nabi Ibrahim, dan mulai mengikuti ajarannya.

TRENDING:  Ikutilah Sunnah Rasul! Berikut 6 Cara Berdagang Nabi Muhammad yang Wajib Diketahui!

Mukjizat Nabi Ibrahim

Sebagai nabi pilihan Allah SWT, tentunya Nabi Ibrahim diberi banyak mukjizat. Mulai dari selamat dari api, hingga bisa menghidupkan burung yang telah mati. Berikut lima mukjizat Nabi Ibrahim, yang bisa dijadikan sebagai hikmah:

1. Menghidupkan Burung yang Mati

Untuk meyakinkan dirinya terhadap Allah SWT, Nabi Ibrahim meminta kepada Allah agar dirinya bisa menghidupkan kembali makhluk hidup. Allah menyanggupi permintaan nya, kemudian meminta Nabi Ibrahim mencincang 4 ekor burung. Setiap burung ditaruh di bukit berbeda, sementara kepala nya dipegang. Kemudian Allah memerintah Nabi Ibrahim, memanggil keempat burung itu. Benar saja keempat burung itu hidup kembali, dengan mukjizat yang diberi Allah untuk Nabi Ibrahim.

2. Tidak Terpanggang Sama Sekali

Mukjizat kedua adalah Nabi Ibrahim tidak terpanggang sama sekali. Saat dibakar hidup-hidup dalam api yang berkobar, Nabi Ibrahim A.S tidak merasakan panas sedikitpun. Allah memberikan mukjizat, sehingga api jadi dingin dan Nabi Ibrahim tidak terpanggang sama sekali.

3. Pasir yang Menjadi Bahan Makanan

Mukjizat berikutnya ialah pasir yang dijadikan makanan. Saat itu, Raja Namrud mengusir Nabi Ibrahim yang meminta makanan, karena Nabi Ibrahim tidak menyembah dirinya. Akhirnya nabi hanya pulang dengan sekantong pasir, namun besoknya pasir itu berubah menjadi bahan makanan yang enak.

4. Madu yang Keluar Dari Jari

Saat bayi, Nabi Ibrahim dan ibunya berada di gua, kabur dari kejaran Raja Namrud. Ibu Nabi Ibrahim meninggalkan nabi sebentar. Saat kembali ke gua, ibunya kaget menyaksikan Nabi Ibrahim mengeluarkan madu dari jarinya kemudian menghisap nya.

5. Membuat Ka’bah

Mukjizat terakhir adalah membuat Ka’bah. Allah SWT meminta untuk dibuatkan rumah oleh Nabi Ibrahim. Akhirnya Allah membimbing nya untuk membuat Ka’bah. Bersama anaknya dan mukjizat dari Allah, Nabi Ibrahim berhasil membuat Ka’bah.

TRENDING:  Mengenal Lebih Jauh Seputar Puasa Weton untuk Kekayaan

Banyak hikmah dan pembelajaran yang dapat dipetik dari kisah Nabi Ibrahim dan mukjizatnya ini. Perjuangan dan kesabaran nabi dalam menyebarkan kebenaran, patut dicontoh oleh umat muslim. Kisah Nabi seperti ini harus diceritakan kembali ke anak cucu agar bisa ikut mengambil hikmahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.