Apa Artinya Sunah Rosul dan Apa Amalan Dalam Sunah Rosul Simak Ulasannya!

Apa Artinya Sunah Rosul dan Apa Amalan Dalam Sunah Rosul? Simak Ulasannya!

Biasanya kata-kata Sunah Rosul pasti diidentikkan dengan melakukan hubungan suami istri, pada malam Jum’at. Padahal arti sebenarnya bukan itu, dan tidak ada hadis yang menyatakan demikian. Lalu apa artinya Sunah Rosul? Berikut adalah pembahasan mengenai arti Sunah Rosul, beserta amalan dalam Sunah Rosul:

Apa Artinya Sunah Rosul?

Sebenarnya arti dari Sunnah Rasul adalah tindakan, sikap, aktivitas, ucapan, dan hal lain yang dilakukan oleh Rasulullah SAW selama hidupnya. Hal-hal tersebut merupakan hal baik, yang bisa memberi manfaat dan juga pahala jika dikerjakan. Allah SWT sangat mencintai siapapun yang melaksanakan Sunnah Rasul ini, karena sama saja melakukan hal-hal baik.

Umat muslim sangat dianjurkan untuk mengikuti Sunnah Rasul, agar bisa mendapatkan pahala dan kebaikan berlebih. Jadi, Sunah Rosul itu bukan melakukan hubungan suami istri di malam Jum’at, melainkan hal-hal baik yang dilakukan Rasulullah SAW selama hidupnya. Sebagai umat muslim dianjurkan mengikuti sunnah yang diajarkan dan diamalkan oleh Rasulullah SAW.

Amalan yang Ada Dalam Sunah Rosul

Rasulullah SAW merupakan contoh atau panutan bagi umat muslim. Jadi, ada baiknya untuk mengikuti hal-hal baik yang dilakukan Rasulullah, atau mengikuti Sunnah Rasul. Ada beberapa Sunah Rosul, yang bisa diamalkan atau diikuti dalam kehidupan harian umat muslim. Berikut amalan dalam Sunah Rosul, yang bisa diikuti sehari-hari:

1. Baca Alquran beserta Artinya

Pertama ialah membaca Alquran dan juga membaca artinya. Alquran merupakan pedoman dan petunjuk bagi umat muslim. Semakin banyak memiliki pedoman dari Alquran, maka pastinya akan lebih mengerti mengenai mana yang boleh dan tidak boleh dalam Islam. Rasulullah SAW membaca Alquran, dan mengamalkannya ke dalam kehidupannya.

2. Sholat Tahajud

Kedua ada Sholat Malam atau yang lebih dikenal dengan Sholat Tahajud. Orang-orang yang melaksanakan Sholat Tahajud, akan mendapatkan tempat yang terpuji dari Allah SWT. Hal tersebut lantaran orang yang melaksanakan Sholat Tahajud dinilai ikhlas, karena rela terbangun demi melaksanakan Sunah ini.

TRENDING:  5 Amalan Nabi Yusuf Membuka Aura yang Bisa Dipraktekkan

Tidak hanya mendapatkan tempat yang terpuji di akhirat, Sholat Tahajud juga dinilai sebagai sholat yang mustajab. Pasalnya doa akan lebih mudah dikabulkan ketika tengah malam, atau saat setelah Sholat Tahajud.

3. Sholat Dhuha

Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkan Sholat Dhuha, karena melaksanakannya sama dengan bersedekah. Nilai sedekah dalam Sholat Dhuha, sama dengan bersedekah mengeluarkan harta dan berbuat baik lainnya. Banyak hadis yang menyatakan bahwa dengan melaksanakan Sholat Dhuha, kebahagiaan dunia dan akhirat bisa didapat.

4. Menjaga Wudhu

Umat muslim dianjurkan senantiasa menjaga atau melindungi wudhu-nya, karena Rasulullah SAW melakukan hal tersebut. Melindungi wudhu dinilai dapat menjaga umat muslim dari berbagai hal kotor, baik yang terlihat maupun tidak. Allah SWT juga sangat mencintai umatnya, yang selalu melindungi wudhu nya.

5. Sedekah

Amalan Sunnah Rasul yang sangat dianjurkan adalah sedekah. Selain bisa memberi pahala , sedekah juga dapat membersihkan diri dari dosa. Allah SWT beserta para malaikat sangat mencintai orang yang melakukan sedekah. Malaikat akan senantiasa mendoakan kebaikan, untuk orang yang bersedekah. Pastinya doa dari para Malaikat akan membawa keberkahan, dan kebahagiaan yang melimpah.

6. Mengucap Istighfar

Umat muslim yang senantiasa mengucap Istighfar, akan semakin dekat dengan Allah SWT dan juga dihapuskan dosanya. Mengucap Istighfar juga bisa mendatangkan rezeki, karena kalimat Istighfar bisa membuka pintu rezeki. Kalimat Istighfar bisa diucapkan kapan saja, dan dilakukan sebagai ibadah. Lebih baik diucapkan setelah melaksanakan sholat, dan saat berdoa.

Setelah mengetahui mengenai apa artinya Sunah Rosul, jangan sampai salah mengartikannya lagi. Laksanakanlah Sunnah Rasul di atas, agar bisa mendapatkan kebaikan dan berkah. Pahala yang didapatkan juga akan berlipat ganda karena melakukan hal-hal baik.

TRENDING:  Tata Cara Wudhu Saat Puasa Sesuai Sunnah

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.