Penting Untuk di Pahami! Inilah 5 Syarat Syarat Hewan Kurban

Penting Untuk di Pahami! Inilah 5 Syarat Syarat Hewan Kurban

Ibadah kurban merupakan hal wajib bagi setiap umat muslim yang telah mampu secara finansial. Dalam melakukan penyembelihan harus terlebih dahulu memenuhi syarat syarat hewan kurban. Syarat dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang mesti dilakukan sebelum memulai suatu hal.

Sejarah kurban sendiri terbagi pada tiga zaman Nabi dengan kisah yang berbeda. Pertama zaman Nabi Adam, kurban dilaksanakan pertama kalinya oleh putranya yaitu Habil dan Qabil. Kedua pada zaman Nabi Ibrahim, ketika Allah uji untuk menyembelih Nabi Ismail. dan zaman Nabi Muhammad hingga kini. Berikut syarat hewan yang dapat dikurbankan:

1. Merupakan Hewan Ternak

Dalam kurban yang menjadi salah satu syaratnya yaitu jenis hewan yang akan dikurbankan adalah hewan ternak. Contohnya seperti kambing, sapi, kerbau, domba, unta dan binatang lain yang dapat digunakan untuk berkurban.

Hewan ternak merupakan hewan yang sengaja dipelihara dan diperbanyak dengan tujuan sebagai sumber makanan, bahan baku, atau olahan industri lainnya. Salah satu sektor yang melakukan pemeliharan dan perbanyak hewan tersebut yang disebut peternakan. Biasanya pada sektor peternakan juga menyediakan hewan-hewan yang dapat dipergunakan untuk kurban.

2. Umur Binatang yang Akan Disembelih

Hewan yang disembelih harus dilihat juga usianya sudah memasuki berapa tahun. Umur yang dapat digunakan untuk menyembelih hewan kurban tidaklah asal, terdapat persyaratan yang mesti wajib dipenuhi. Patokan umur yang dapat digunakan untuk penyembelihan ialah sesuai dengan jenis hewan yang akan dikurbankan, contohnya:

  • Kambing, harus minimal harus berusia 2 tahun ke atas.
  • Unta, usia minimalnya yaitu 5 tahun.
  • Domba, harus mencapai umur minimal 1 tahun.

Bagi yang akan melakukan ibadah kurban harus terlebih dahulu mengetahui usia minimal melakukan penyembelihan. Pastikan usia hewan ternak, karena bisa jadi  postur badan mengecoh usianya. Jai, pastikan untuk bertanya pada petugas ternak.

TRENDING:  Inilah 5 Kisah Romantis Nabi Muhammad dan Aisyah yang Dapat Ditiru

3. Kondisi Kesehatan Baik Tanpa Cacat

Berikutnya syarat syarat hewan kurban yaitu adalah sehat secara fisik tanpa cacat. Nabi Muhammad telah menyebutkan hewan yang sebenarnya dapat dipergunakan untuk kurban namun karena cacat maka dilarang dan tidak diperbolehkan. Maksud dari hewan yang cacat yaitu hewan yang matanya buta, kurus, pincang atau anggota tubuhnya tidak lengkap.

Saat melakukan ibadah kurban pastikanlah untuk membeli hewan yang sehat dan baik untuk dikonsumsi. Periksa hewan kurban yang dibeli sebelum diantarkan ke tempat penyembelihan dan ulangi lagi ketika hewan kurban sampai. Hal ini dapat mencegah terjadinya penyembelihan pada hewan yang tak semestinya.

4. Hewan Kurban Milik Pribadi

Haram hukumnya untuk melakukan kurban tetapi atas dasar pencurian. Tidak akan sah kurban yang dilakukan jika hasil ternak yang didapatkan adalah milik orang lain ataupun peninggalan yang disebut warisan. Intinya hewan yang akan disembelih adalah milik pribadi bukan punya orang lain.

Sesuai dengan hukum yang telah ditetapkan yaitu berkurban adalah kewajiban bagi yang mampu. Jika belum mampu untuk berkurban dalam Islam tidak terdapat paksaan, namun semua tergantung kepada setiap individu. Menabung untuk kurban dapat menjadi salah satu alternatif, dengan menyimpan uang secara perlahan maka impian untuk kurban pasti dapat terwujud.

5. Waktu Penyembelihan

Terakhir yang harus diketahui dalam sebagai syarat dalam menyembelih, yaitu waktu. Waktu yang tepat dalam menyembelih sudah ditentukan berdasarkan syariat. Penyembelihan dapat dilakukan setelah sholat idul Adha dengan batas akhir waktu penyembelihan yaitu pada terbenamnya matahari di 13 Dzulhijjah.

Setiap ulama berbeda-beda menyatakan waktu penyembelihan ini. Hanya saja, semua tergantung dari niat yang dipasang saat melakukan ibadah qurban. Setiap batas waktu yang telah disampaikan beberapa ulama dapat diikuti sesuai dengan kepercayaan masing-masing individu.

TRENDING:  5 Hal yang Mengurangi Pahala Puasa Ini Wajib Disimak

Itulah syarat syarat hewan kurban yang dapat dipelajari sebelum melakukan penyembelihan. Bijaksanalah dalam melaksanakan ibadah tersebut, jika memang sudah berkecukupan lakukanlah, namun jika belum tidak apa. Akan datang waktu yang tepat kepada setiap umat muslim untuk dapat melaksanakan ibadah kurban tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.