keuntungan obligasi pemerintah

Keuntungan Obligasi Pemerintah Jika Digunakan untuk Investasi

Obligasi pemerintah diibaratkan alat investasi yang sangat menguntungkan. Penggunaan instrumen ini mulai dilirik banyak orang karena memiliki banyak sekali keuntungan. Berbagai keuntungan obligasi pemerintah sudah bisa dirasakan setiap investor yang membelinya dan mengalokasikan dana di sana.

Keuntungan yang didapat bukan hanya soal nominalnya, tapi juga keamanan dan layanannya yang mudah. Tidak hanya itu saja, masih ada beberapa keuntungan lain yang bisa didapat dengan mudah. Penasaran apa saja keuntungannya? Simak pembahasan berikut untuk mengetahuinya secara lebih mendetail:

1. Memiliki Risiko yang Minim

Risiko yang didapat dari penggunaan obligasi sangat rendah. Hal ini dikarenakan setiap hal yang ada pada transaksi obligasi memiliki dasar yang kuat. Undang-undang sudah mengatur tentang pembelian hingga keuntungan dari penggunaan obligasi. Bahkan nilai pokok dan segala kebutuhan imbal hasil juga sudah ditentukan secara rinci.

Selain itu, pemerintah sudah menjaminnya sehingga tidak akan ada kegagalan pembayaran. Sebagai investor yang mengalokasikan banyak dana, tentu risiko yang minim akan sangat menggiurkan. Maka dari itu, obligasi sangat disarankan untuk digunakan sebagai aset investasi yang menjanjikan bagi setiap orang.

2. Memperoleh Keuntungan atau yang Disebut Imbal Hasil

Imbal hasil yang didapat akan disalurkan dalam bentuk kupon kepada pemilik obligasi. Penyalurannya sendiri tidak dilakukan satu waktu atau dilakukan secara bertahap. Ada yang tiga bulan, enam bulan, ada juga yang 12 bulan. Semua waktu ini akan terus berulang dengan rute berbeda untuk setiap obligasinya.

Keuntungan dari kupon ini bisa didapat tanpa melakukan apa-apa. Jadi bagi yang merasa tidak memiliki waktu untuk melakukan transaksi jual beli obligasi, memperoleh kupon adalah cara jitunya. Hanya tinggal membeli obligasi dan menunggu, maka keuntungan akan didapat dengan mudah berdasarkan ketentuan yang berlaku.

TRENDING:  Tertarik Mencoba Simpanan Pelajar Bank BCA? Simak Ulasan Berikut Ini Terlebih Dahulu

3. Bisa Diperdagangkan untuk Mendapat Capital Gain

Jika merasa masih kurang dengan keuntungan yang didapat dari kupon khusus, maka ada cara lain yang bisa dilakukan. Cara tersebut adalah melakukan transaksi jual beli aset ini di pasar khusus. Adanya pasar ini juga sudah ditentukan dan sesuai aturan yang berlaku. Jadi bisa digunakan dengan aman.

Capital gain merupakan nominal yang didapat setelah menjual obligasi. Jika harga obligasi yang dijual cukup melampaui harga pembelian, maka selisihnya disebut capital gain. Keuntungan obligasi pemerintah unik ini bisa didapat jika pemilik bersedia untuk meluangkan waktu dan memutar otak sebagai strategi perdagangan.

4. Kemudahan juga Akan Didapat

Kemudahan dalam pembelian dan segala transaksi yang berhubungan dengan obligasi sudah bisa dirasakan. Saat ini, tidak perlu lagi pergi ke kantor yang bersangkutan untuk sekadar membeli obligasi. Ada sebuah aplikasi khusus yang bisa digunakan untuk transaksi tersebut. Aplikasinya sendiri biasa disebut dengan digibank by DBS.

Penggunaan aplikasi tersebut sangat mudah. Jadi tidak akan membuat bingung para investor bahkan yang masih awam. Modal yang diperlukan juga tidak terlalu besar. Angka paling kecil untuk membeli obligasi adalah 1 juta rupiah untuk obligasi pilihan. Segala hal ini bisa memudahkan pembeli dalam bertransaksi.

5. Sebagai Alat Kontribusi untuk Negara

Jika memiliki jiwa sosial yang tinggi dan ingin membantu pembangunan negara, obligasi pemerintah juga bisa dijadikan jalannya. Penggunaan obligasi memang bisa memberi keuntungan secara pribadi. Namun, jika sekaligus bisa membantu negara kenapa tidak? Hal ini juga merupakan keuntungan positif yang bisa didapat siapa pun.

Demikian daftar keuntungan obligasi pemerintah yang bisa didapatkan oleh siapa pun. Berdasarkan sejumlah keuntungan di atas, sangat tepat jika memilih obligasi sebagai instrumen pilihan. Penggunaannya yang mudah dan keuntungannya yang besar juga bisa dijadikan pertimbangan besar untuk memilihnya.

TRENDING:  5 Cara Mencairkan Deposito Mandiri Dengan Mudah Melalui Aplikasi

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.