gadai logam mulia di pegadaian

Mengenal Sistem Gadai Logam Mulia Pegadaian

Setiap orang tidak mengetahui kapan musibah akan datang dan kebutuhan akan uang cepat diperlukan untuk mengatasi musibah tersebut. Menggadaikan logam mulia menjadi pilihan utama ketika hendak mendapat uang dengan cara tercepat. Salah satu lembaga yang bisa didatangi adalah Pegadaian dengan adanya layanan gadai logam mulia Pegadaian.

Menggadaikan sejumlah logam mulia seperti emas cukup mudah yaitu hanya perlu ke Pegadaian dan biarkan ditaksir harganya. Pegadaian sendiri merupakan lembaga pemerintah yang keberadaannya lebih dipercaya untuk mendapatkan uang cepat. Ada beberapa hal menarik dari gadai logam mulia Pegadaian, berikut ulasannya:

Sistem Gadai Logam Mulia

Konsep yang dipakai oleh Pegadaian dalam hal gadai logam mulia sama dengan menggadaikan beberapa hal lain seperti BPKB. Perbedaan utamanya hanya terletak pada pemberian jaminan oleh calon nasabah yang berupa logam mulia utamanya emas. Ketika emas yang beri sesuai ketentuan, maka pihak Pegadaian akan segera memberi taksiran dan uang tunai.

Jadi sistem utama di Pegadaian ini sama saja dengan meminta pinjaman dalam jumlah tertentu dengan menggunakan emas sebagai jaminan. Uang yang diperoleh bergantung pada jenis gadai apa yang diinginkan dan jumlahnya juga tergantung kesepakatan yang diambil.

Gadai Emas Tanpa Surat di Pegadaian

Ketika membeli logam mulia secara resmi, biasanya seseorang akan selalu diberikan sertifikat sebagai bukti keasliannya. Di dalam surat tersebut tercantum berbagai informasi berkaitan dengan emas seperti kadar karatnya, berate mas, hingga harga pembelian.

Di Pegadaian sendiri, tidak menerima emas yang tidak memiliki sertifikat karena ditakutkan adanya permasalahan di masa mendatang. Sertifikat ini menjadi bukti keaslian emas yang bisa dipertanggung jawabkan sehingga jika tidak ada, akan sangat rawan permasalahan. Pihak yang menerima gadai tanpa sertifikat berpotensi melakukan penipuan, jadi harus berhati-hati.

TRENDING:  5 Jenis Investasi yang Aman untuk Pemula dan Menguntungkan

Karena itu pihak Pegadaian hanya akan menerima gadai logam mulia yang disertai dengan sertifikat keaslian. Selain sertifikat, nantinya pihak Pegadaian juga akan meminta keterangan data diri resmi (KTP) serta nota ketika membeli emas.

Pilihan Gadai di Pegadaian

Ada beberapa pilihan gadai logam mulia di Pegadaian yang masing-masing memiliki syarat dan ketentuan berbeda-beda. Ada 4 jenis gadai yang bisa dipilih, berikut ini penjelasan lebih detail terkait setiap layanan yang diberikan:

1. Kredit Cepat Aman (KCA)

Pertama ada layanan KCA yang akan memberikan pinjaman dengan syarat pembayaran dilakukan dalam tempo cepat. Peminjam harus membayarkan hutangnya dalam waktu 4 bulan tetapi masih bisa memperpanjang dengan pengajuan.

2. KCA Prima

Mirip dengan KCA biasa, layanan satu ini hanya memberi tempo waktu pembayaran yang lebih cepat lagi yaitu 60 hari saja. Kelebihan KCA Prima terletak di pembayaran yang nantinya akan dikenai bunga 0% jadi tidak ada biaya tambahan yang dibebankan.

3. Gadai Bisnis

Ketika hendak memulai usaha yang memerlukan modal besar, Pegadaian juga memberi layanan gadai bisnis yang bisa diberi dalam waktu cepat. Jumlah pinjaman yang bisa diberikan pihak pegadaian berkisar hingga 100 juta, jadi sangat cocok untuk memulai suatu usaha.

4. krasida

Terakhir ada layanan Krasida yang sistem pembayarannya bisa menggunakan sistem cicilan dalam waktu tertentu. Kelebihan sistem ini yaitu pemberian  pinjaman bisa diberikan dengan nilai hingga 95% dari taksiran yang diberikan. Lama waktu angsuran juga cukup lama, bisa berkisar hingga 3 tahunan.

Ada banyak kelebihan dengan memakai sistem gadai logam mulia Pegadaian ketika memerlukan sejumlah uang dengan cepat. Pahami terlebih dahulu nilai taksir dari emas yang hendak digadaikan nantinya agar bisa mengetahui total pinjaman yang bisa didapat.

TRENDING:  Berikut Ini Cara Cek Saldo Bank Sinarmas Lewat SMS dengan Cepat dan Aman

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.