Mengenal Saham Gorengan, Ciri-Ciri dan Cara Mengatasinya (economy.okezone.com)
Mengenal Saham Gorengan, Ciri-Ciri dan Cara Mengatasinya (economy.okezone.com)

Mengenal Saham Gorengan, Ciri-Ciri dan Cara Mengatasinya

Saham gorengan merupakan salah satu istilah yang sering dipakai untuk menandai bahwa sebuah saham yang bermasalah. Dikaitkan dengan nama makanan, karena permasalahan saham tersebut hampir mirip dengan gorengan sistemnya.

Berbagai macam istilah muncul untuk memudahkan seseorang dalam memahami sistem permainan berbagai instrumen investasi. Salah satunya adalah investasi saham, yang mana instrumen tersebut merupakan salah satu instrumen paling populer diantara instrumen lainnya.

Oleh sebab itulah, para investor maupun trader saham wajib memahami permasalahan ini, agar tidak terjadi kesalahan yang dapat mengakibatkan kerugian. Salah satunya adalah kesalahan masuk dalam lubang saham gorengan yang tersebar.

Kenali Saham Gorengan, Ciri-Ciri dan cara Mengatasinya

Saham gorengan merupakan sebuah tanda bukti kepemilikan modal dalam sebuah perusahaan, yang mana harga saham perusahaan tersebut bermasalah. Permasalahannya adalah harga saham perusahaan tersebut diatur oleh para oknum atau bandar yang licik.

Secara umum, harga saham perusahaan tersebut akan tetap terlihat tinggi meskipun perusahaan sedang dalam kondisi tidak fit. Sehingga hal ini akan menarik minat investor untuk membeli saham tersebut. Namun pada aslinya, harga tersebut diatur sedemikian rupa oleh para oknum pemegang saham tingkat atas.

Disinilah investor atau trader akan terjebak ketika terlanjur membeli saham dengan harga tinggi. Kemudian para oknum tersebut akan menurunkan harga sahamnya sehingga mereka mendapatkan keuntungan. Sehingga akan terjadi kerugian yang tentu tidak diinginkan,

Ciri-Ciri Saham Gorengan

Ada beberapa tanda bahwa sebuah saham tersebut merupakan saham gorengan. diantaranya adalah sebagai berikut.

Harga Saham yang Tinggi

Harga saham yang relatif tinggi tentu menarik minat investor untuk bergabung bersama. Sebagaimana disebutkan dalam, hal ini merupakan rekayasa oknum semata, yaitu untuk mendapatkan keuntungan dengan cara yang tidak sportif.

TRENDING:  Rekomendasi Saham Blue Chip yang Layak Dipertimbangkan

Jumlah Penjualan yang Tinggi

Jumlah atau volume penjualan yang tinggi meskipun perusahaan tersebut tidak memiliki likuiditas yang terlalu tinggi. Hal ini patut untuk dihargai, mengingat volume penjualan saham yang tinggi biasanya terjadi pada saham dengan likuiditas yang baik.

Sama seperti permasalah di awal bahwa saham tersebut digoreng atau dimanipulasi oleh oknum untuk menarik daya minat investor awam.

Bid dan Offer yang Tidak Wajar

Bid merupakan nilai permintaan dan offer merupakan nilai tawaran dalam proses jual beli saham. Pada saham gorengan jumlah bid dan offer saham akan tidak wajar, baik itu terlalu tinggi maupun terlalu rendah.

Cara Menghindari Saham Gorengan

Bagi Anda calon investor maupun trader pemula, Anda dapat menghindari penyakit ini dengan langkah-langkah berikut ini

Mempelajari Saham Secara Menyeluruh

Ketika Anda memasuki dunia investasi saham khususnya, berarti Anda telah siap dengan risiko di dalamnya. Untuk itulah pelajarilah secara menyeluruh agar tidak mudah tergiur dengan penawaran saham yang menarik

Update Perkembangan terkini

Langkah selanjutnya adalah dengan mengikuti berbagai berita terkini terkait perkembangan saham. Anda bisa mendapatkan informasi ini melalui beberapa situs terpercaya. Sehingga Anda dapat paham betul harga saham secara pasarannya

Menggunakan Mentor

Langkah yang selanjutnya adalah dengan menggunakan mentor atau pembimbing untuk menuntun Anda dalam dunia investasi. Tidak harus menggunakan sebuah jasa, Anda bisa menjadikan rekan Anda yang lebih berpengalaman sebagai mentor Anda. Sehingga ada beberapa batasan dan acuan ketika ingin memutuskan segala sesuatu terkait investasi

Saham gorengan termasuk salah satu penyakit yang harus dijauhi ketika Anda memasuki dunia investasi dan trading saham. Oleh karena itulah, diperlukan ilmu dan pengalaman untuk menghindari penyakit yang berbahaya bagi keuangan Anda ini.

TRENDING:  Saham Bumi Sedang Beransur Menurun Namun Masih Menguntungkan

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.