wifi yang cocok untuk daerah terpencil

Inilah Rekomendasi Wifi yang Cocok Untuk Daerah Terpencil

Kebutuhan akses internet saat ini mulai tersebar ke beberapa daerah di Indonesia termasuk daerah terpencil. Ketika ingin menyebarkan akses internet tentunya dibutuhkan perangkat wifi agar dapat meneruskan sinyal internet. Daerah terpencil seperti di pegunungan tentu membutuhkan perangkat wifi yang cocok dan sinyalnya kuat. Berikut beberapa rekomendasi wifi yang cocok untuk daerah terpencil. yang bisa dijadikan referensi:

1. WiFi IndiHome

Wifi yang cocok untuk daerah terpencil di urutan pertama yaitu IndiHome. Dikeluarkan oleh perusahaan Telkom untuk memberikan layanan akses internet kepada banyak daerah. Saat ini sudah banyak orang yang menggunakan layanan IndiHome untuk memasang wifi. Baik dipasang di rumah atau dipasang di warung kopi di pinggir jalan.

Telkom sedang meningkatkan kualitas sinyal internet dalam layanannya agar dapat digunakan semakin maksimal lagi. Terutama di daerah terpencil yang kebutuhan akan akses internet mulai meningkat. Layanan IndiHome semuanya menggunakan satelit sehingga dapat menjangkau banyak kawasan dan daerah meski terpencil sekalipun.

2. NET1

Operator telekomunikasi selanjutnya yang memberikan layanan akses internet 4G adalah NET1. Layanan berikut memberikan akses internet melalui frekuensi yang rendah agar dapat menjangkau daerah luas. Biaya pemasangan dan perawatan juga relatif terjangkau dibandingkan layanan lainnya yang mungkin lebih mahal.

Kualitas sinyal internet dari layanan ini tetap stabil dan kuat meski dengan harga yang lebih rendah. Dibuktikan dengan banyak rumah rumah yang sudah memakai layanan NET1 hingga tempat kerja dalam hal akses internet. Tentunya wifi berikut bisa dijadikan opsi pilihan untuk dipasang di daerah yang terpencil.

3. WiFi First Media

Provider internet First Media saat ini sudah berhasil memiliki satelit internet sendiri yaitu Satelit HTS. Satelit yang mampu memberikan akses data internet hingga maksimal 100 Gbits. Kecepatan internet yang stabil membuat wifi berikut cocok digunakan untuk kebutuhan lembaga di daerah terpencil. Seperti kebutuhan pendidikan, pemerintahan, kesehatan, dan pariwisata.

TRENDING:  Mengenal 5 Aplikasi Auto Like IG yang Populer Digunakan

Tentunya perusahan provider wifi First Media akan terus berinovasi agar nantinya wifi ini dapat digunakan pada sektor perumahan. Jika bisa masuk kepada sektor perumahan maka wifi berikut dapat digunakan untuk mengakses internet secara private pada tiap rumah. Anak-anak sekolah tidak perlu lagi berkumpul di balai desa untuk akses internet lagi karena sudah bisa akses dari rumah.

4. Biznet

Layanan wifi berikut sebenarnya membutuhkan biaya yang cukup mahal dalam pemasangan dan perawatannya. Hal tersebut membuat wifi berikut lebih dipakai pada perusahaan namun juga memiliki layanan Biznet Home untuk rumah. Pembiayaan pemasangan dan perawatan layanan berikut dapat dilakukan secara bulanan atau tahunan.

Saat ini layanan wifi Biznet sudah meluas di beberapa wilayah seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi. Tidak hanya kawasan perkotaan namun wifi Biznet juga dapat dipasang di daerah terpencil karena sifatnya yang flexible. Bisa menjadi opsi pilihan lain yang dapat digunakan agar produk layanan wifi yang dipakai lebih bervariatif.

5. Wifi Groovy

Provider wifi berikut sudah beroperasi cukup lama dan sudah banyak penggunanya di beberapa daerah. Saat ini, produk wifi ini sudah menggunakan jaringan fiber optic sehingga sinyal internet lebih kuat. Bandwidth internet yang diberikan juga menjadi lebih besar sehingga dapat memenuhi permintaan akses internet yang banyak.

Saat ini provider wifi Groovy masih tersebar di kawasan Jawa Barat saja. Seperti daerah Jakarta, Bogor, Depok, dan daerah terpencil sekitarnya. Nantinya akan disebarkan lebih luas lagi hingga mampu mencakup daerah daerah terpencil lainnya.

Sekian 5 pilihan wifi yang cocok untuk daerah terpencil yang paling direkomendasikan. Tentunya rekomendasi tersebut dapat dipasang dan diaplikasikan di berbagai daerah namun tetap membutuhkan survei terlebih dahulu. Survei tempat dimaksudkan agar pemasangan wifi nanti tidak bertabrakan dan sinyal internet yang disebarkan menjadi lebih lancar.

TRENDING:  5 Aplikasi Edit Foto Polaroid Ini Buat Foto Lebih Aesthetic!

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.