cara ganti aki mobil mainan dengan aki motor

Simak Cara Ganti Aki Mobil Mainan dengan Aki Motor

Teknologi yang semakin canggih membuat pasar menghadirkan produk mobil mainan untuk anak-anak yang fleksibel dan efisien. Anak-anak bisa leluasa menggunakannya kemana saja karena memakai baterai. Tingkat ketahanan baterai yang tidak lama membuat orang tua harus mengetahui cara ganti aki mobil mainan dengan aki motor sebagai alternatif pengganti baterai. Aki motor selain mudah ditemukan, tahan untuk digunakan dalam jangka panjang.

Dibandingkan bahan bakar pengganti baterai, aki bisa terus di charge sampai batasnya. Keuntungan lainnya pengguna bisa menggantinya sendiri di rumah tanpa harus datang kembali ke penjual mobil mainan untuk memasangnya. Berikut ini adalah penjelasan langkah-langkah penggantian aki mobil mainan dengan aki motor, yaitu:

1. Lihat Dulu Space Baterai Mobil Mainan

Jangan gegabah mempraktekkan cara ganti aki mobil mainan dengan aki motor, lihat terlebih dahulu kapasitas volume baterai. Volume baterai harus sama dengan volume aki, tidak boleh kelebihan karena bisa mengakibatkan konsleting antar komponen dan terbakar. Untuk memastikan volume aki sesuai bisa dilihat pada baterai atau bertanya pada penjual mobil mainan yang otomatis sudah paham.

2. Lepas Aki Dari Motor

Langkah pertama cara ganti aki mobil mainan dengan aki motor adalah melepas aki dari motor. Lihat dulu dimana posisi aki karena setiap jenis motor posisi akinya berbeda tempat. Buka penutup aki setelah terlihat akinya baru lepaskan kabel-kabel yang terhubung di aki. Jangan lupa lepaskan baut-baut yang juga menghubungkan aki dengan motor. Motor yang akinya dilepas tentunya harus yang sudah sesuai dengan volume baterai untuk menghindari terjadinya kerusakan pada mobil mainan.

3. Lepaskan Baterai Dari Mobil Mainan

Melakukan melepas baterai dari mobil mainan harus dilakukan untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya cara ganti aki mobil mainan dengan aki motor. Cabut penutup baterai mobil mainan lepaskan girbok, receiver, kabel standar dan kabel lainnya dari batu baterai.

TRENDING:  Deretan Mobil Offroad Murah

4. Siapkan Komponen dan Peralatan Yang Diperlukan

Pengguna harus mempersiapkan beberapa komponen atau peralatan yang diperlukan untuk proses pemasangan aki motor. Mengingat kabel yang tersambung di baterai mobil mainan tidak bisa disambungkan dengan aki motor maka pengguna harus menyiapkan kabel tambahan. Kabel tambahan ini bisa dibuat sendiri dengan menyediakan kabel positif, kabel negatif dan sebuah spon. Peralatan pendukung lainnya yang perlu disediakan seperti obeng, catut dan cutter.

Pembuatan kabel tambahan sangat mudah, sambungkan kabel positif dengan aki dengan cara mengupas sebaik lalu melilitkan di aki. Ujung kabel positif dikupas sedikit untuk disambungkan dengan spon. Untuk kabel negatif juga sama kabel dikupas untuk dililitkan di aki dan dipasang di spin.

5. Pasang Aki

Pasang aki jika kabel positif dan negatif sudah tersambung di aki. Letakkan aki ditempat baterai baru hubungkan kabel positif dengan kabel merah. Hubungkan pula kabel negatif dengan kabel hitam, bisa juga diberi isolasi agar terhindar dari konsleting. Pasang kembali kunci agar aki tidak bergeser kemana-mana lalu tutup aki dengan penutupnya. Coba hidupkan mobil mainan untuk memastikan apakah bisa berjalan atau tidak.

Itulah cara ganti aki mobil mainan dengan aki motor yang bisa dijadikan referensi untuk dicoba. Perawatan mobil mainan tetap harus diperhatikan agar tidak terjadi kerusakan serius. Usahakan sebelum memperbolehkan anak menggunakan mobil mainan di cek terlebih dahulu apakah aman atau tidak untuk anak-anak. Pengecekan komponen mobil mainan secara berkala harus sering dilakukan untuk menjaga keselamatan anak saat bermain mobil mainan.

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.