ganti oli mobil berapa bulan sekali

Bingung Ganti Oli Mobil Berapa Bulan Sekali_ Ini Ciri-Ciri Mobil Wajib Ganti Oli

Merawat mobil bukan hanya dengan mencucinya setiap 1 minggu sekali saja. Tetapi juga perlu mengganti beberapa komponen-komponen penting yang terdapat di dalam mobil. Selain menggantinya, pengguna juga perlu melakukan pembersihan terhadap beberapa komponen. Pastinya pengguna pernah bertanya ganti oli mobil berapa bulan sekali? Berikut ini akan dijelaskan informasi mengenai waktu efektif mengganti oli:

1. Memeriksa Kartu Ganti Oli

Pengguna yang selektif, akan selalu memperhatikan barang-barang yang dimilikinya tanpa terkecuali. Kartu ganti oli dapat dimiliki ketika pengguna melakukan penggantian oli mobil. Bila pengguna jarang menggunakan mobil tersebut, maka cara mengetahui kapan waktu mengganti olinya dengan  memeriksa kartu ganti oli yang ada. Maka dengan begitu, kendaraan tidak akan mengalami resiko kerusakan yang parah.

2. Oli Berubah Menghitam

Waktu efektif pertama untuk mengganti oli adalah ketika oli mesin kendaraan bermotor yang dimiliki pengguna sudah berubah menjadi menghitam. Kendaraan yang terus dipakai untuk menempuh perjalanan jarak jauh. Selain itu, medan yang berat menjadi penentu  warna oli cepat berubah menjadi hitam kepekatan. Sebelum oli kotor tersebut menghambat kinerja kendaraan pengguna, akan lebih baik mengganti olinya.

Oli berubah menjadi menghitam karena telah membawa banyak kotoran dari mesin kendaraan. Oli yang dituangkan pada saat pergantian adalah oli yang lengket dengan kualitas warna yang sangat bagus. Akan tetapi akan berubah menghitam, ketika oli tersebut telah terpakai oleh kendaraan. Dengan begitu, pengguna harus melakukan penggantian oli demi kesehatan mesin kendaraan.

3. Mobil Mengeluarkan Suara Kasar

Pertanda yang akan dikeluarkan mobil, ketika oli yang dimiliki mobil tidak lagi bersih dan jernih. Maka mobil akan mengeluarkan suara kasar yang membuat pengguna tidak nyaman. Untuk kenyamanan pengguna sendiri, maka oli mobil harus diganti dengan oli mobil yang baru. Selain tidak akan beresiko terhadap kerusakan yang lebih parah dengan mengganti oli, suara kendaraan akan membaik.

TRENDING:  Hal Utama Dalam Memodifikasi Motor Trail

Bila kebanyakan pengguna dibuat bingung lantaran waktu penggantian oli yang belum jelas. Maka pengguna bisa memeriksa mesin mobil. Ganti oli mobil berapa bulan sekali? Atau beberapa Minggu sekali sebenarnya tergantung pemakaian. Bila pengguna lebih jeli sedikit saja terhadap kendaraan, pengguna akan tahu, bila suara kendaraan sudah tidak kondusif mengganti oli menjadi solusi terbaik.

4. Cek Riwayat Perjalanan

Mengecek riwayat perjalanan terkadang juga sangat penting bagi kendaraan. Maka dengan memeriksa ulang riwayat perjalanan, maka pengguna akan mengetahui sudah sejauh mana kendaraan yang dimiliki berjalan. Umumnya kendaraan bisa melaju pada 4.000-6.000 km saja,melebihi itu maka oli kendaraan harus diganti. Selain bertujuan menjaga kendaraan itu juga baik untuk mesin.

Selain memeriksa seberapa jauh mobil yang dikendarai itu melaju. Pengguna juga harus memeriksa seberapa parah medan yang pernah dilalui. Walaupun jarak yang ditempuh baru menginjak angka 5.000 akan berbeda bila medan yang dilalui sangatlah berat. Pengguna harus tetap mengganti oli mobil apabila medan yang dilalui sangatlah berat. Jangan sampai kesehatan mobil terganggu akibat perjalanan jauh dan berat yang sudah dilalui.

5. Aktifkan Lampu Indikator Oli

Bila baru saja mengganti oli, maka jangan lupa untuk menyalakan lampu indikator. Selain bertujuan untuk memantau apakah oli yang baru saja dipasang tersebut masih layak digunakan. Dengan memasang lampu indikator, akan mempermudah waktu penggantian oli selanjutnya. Poin penting dalam mengganti oli adalah ketika kendaraan sudah tidak nyaman digunakan, akan lebih baik untuk mengganti olinya.

Beberapa permasalahan terkait dengan oli memang sangat rawan terhadap permasalahan yang lebih parah. Daripada bingung ganti oli mobil berapa bulan sekali? Mengetahui waktu efektif mengganti oli menjadi solusi terbaik. Demikian informasi yang dapat diberikan, semoga bermanfaat.

TRENDING:  Simak Cara Ganti Aki Mobil Mainan dengan Aki Motor

https://1text.com/plagiarismchecker/60f4ec7113305

Leave a Reply

Your email address will not be published.