AKSes KSEI, Pengertian, Fasilitas, Manfaat, dan Tujuan (iflr.com)
AKSes KSEI, Pengertian, Fasilitas, Manfaat, dan Tujuan (iflr.com)

AKSes KSEI: Pengertian, Fasilitas, Manfaat, dan Tujuan

Apakah Anda yakin, jika saham dan uang yang sudah diinvestasikan aman? Bagaimana jika OJK membubarkan broker sekuritas saham? Anda tidak perlu khawatir soal ini, karena ada AKSes KSEI.

  1. Kustodian Sentral Efek Indonesia atau lebih dikenal sebagai KSEI, merupakan sebuah lembaga yang terbentuk sebagai penyimpanan dan penyelesaian di Pasar Modal Indonesia. Lembaga ini, menawarkan layanan jasa Kustodian sentral. Tak hanya itu, tetapi juga menyelesaikan transaksi Efek yang efisien, wajar dan teratur.

Dewasa ini, transaksi yang terjadi di pasar modal berkembang dengan sangat cepat. Teknologi dan sistem, juga tak kalah majunya.

Berkat ini, investasi saham menjadi sangat mudah. Namun, ada kalanya juga memberikan risiko yang berdampak pada kerugian besar. Itulah mengapa, KSEI membuat sebuah sistem, yang kita kenal sebagai AKSes.

Apa Itu AKSes KSEI

Seperti penjelasan sebelumnya, AKSes merupakan sistem yang berfungsi untuk memonitor posisi dan juga mutasi Efek para nasabah yang tersimpan dalam Sub Rekening Efek di KSEI. Sistem ini memiliki sejumlah fasilitas yang bermanfaat bagi para investor.

Bahkan, KSEI telah menyediakan fitur dalam sistem ini untuk memantau status portofolio saham milik investor. Sehingga, investor dapat melakukan pengecekan dengan menggunakan data dari sekuritas.

Fasilitas AKSes

AKSes memiliki fasilitas sebagai sarana yang diberikan untuk dapat mengakses informasi melalui jaringan internet. Fasilitas ini diperuntukkan bagi para investor.

Dengan begitu, Investor dapat memantau posisi dan mutasi Efek mereka yang tersimpan dalam Sub Rekening Efek KSEI. Setiap investor, memiliki hak untuk mendapatkan fasilitas tersebut melalui Pemegang Rekening KSEI.

Dalam hal ini, investor juga terdaftar sebagai nasabah. Untungnya lagi, KSEI tidak mengenakan biaya dalam jenis apapun. Baik itu, kepada Pemegang Rekening KSEI ataupun investor.

TRENDING:  Tak Perlu Risau Ini Dia 2 Cara Mengembalikan Aplikasi Whatsapp yang Terhapus di Android

Manfaat Fasilitas AKSes KSEI Bagi Investor

Inilah salah satu alasan, mengapa investor harus mengetahui AKSes. Sistem ini memiliki fasilitas yang dapat memaksimalkan keuntungan. Adapun beberapa manfaat AKSes antara lain, adalah sebagai berikut:

  1. Investor memiliki kesempatan untuk mengakses data kepemilikan Efek dan mutasi pada Sub rekening Efek yang tersimpan dalam sistem KSEI secara real time. Ini berlangsung hingga 30 hari terakhir.
  2. Investor mendapatkan kemudahan untuk melakukan konsolidasi laporan portofolio lain miliknya. Terutama yang tersebar pada beberapa Bank Kustodian atau Perusahaan Efek.
  3. Dengan sistem ini, investor akan semakin aman untuk berinvestasi di pasar modal dengan pembukaan Sub Rekening Efek. Kemudian, investor dapat memonitornya sendiri secara langsung.
  4. Investor memperoleh tambahan informasi yang terdapat di pasar modal Indonesia secara transparan.

Perlindungan Konsumen dan Tujuan Pengecekan AKSes

OJK telah menetapkan peraturan, bahwa saham dan dana nasabah tersimpan dalam rekening yang berbeda. Anda akan menemukan peraturan ini dalam kontrak pembukaan rekening efek antara nasabah dengan broker (perantara perdagangan efek).

Mengingat rekening nasabah terpisah dari rekening broker, seharusnya penutupan broker tidak membuat nasabah rugi karena saham dan uangnya hilang. Pasalnya, baik saham dan uang tetap tersimpan dalam kepemilikan nasabah.

Meskipun demikian, pengecekan AKSes tetap harus dilakukan secara rutin. Hal ini Anda lakukan untuk memastikan uang dan saham benar-benar terpisah dari rekening broker.

Selain itu, pengecekan ini bertujuan untuk memastikan laporan broker ke nasabah sesuai dengan data pada KSEI sebagai kustodian. Jika terdapat perbedaan, maka dapat segera ditindaklanjuti.

Dengan pengecekan AKSes KSEI, Anda akan mendapatkan perlindungan dari terjadinya sekuritas atau broker suspend. Sehingga, uang dan saham Anda terjamin keamanannya.

TRENDING:  5 Cara Mengembalikan Pesan WA yang Sudah Terhapus Agar Pulih Kembali

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.