Mengenal Istilah Dalam Saham, Kelas Khusus Pemula (visualcapitalist.com)
Mengenal Istilah Dalam Saham, Kelas Khusus Pemula (visualcapitalist.com)

Mengenal Istilah Dalam Saham, Kelas Khusus Pemula

Istilah dalam saham memang cukup beragam dan rumit untuk dipahami maupun dihafalkan oleh pemain pemula khususnya. Meskipun dalam jangka waktu tertentu, istilah tersebut akan menjadi mudah dan familiar untuk dipahami.

Istilah merupakan hal yang lumrah dalam segala bentuk kegiatan maupun aktivitas khususnya di Indonesia. Baik itu di bidang bisnis maupun kegiatan masyarakat, istilah berfungsi sebagai sarana untuk membedakan dan mempermudah para masyarakat untuk memahaminya.

9 Istilah Dalam Saham yang Wajib Pemula Pahami dengan Baik dan Benar

Dunia investasi dan trading dengan instrumen saham khususnya, semakin hari semakin banyak dikenal di mata masyarakat secara luas. Kemudahan informasi juga pelaksanaan investasi menjadi faktor utama, meningkatnya perkembangan bisnis di sektor keuangan ini.

Disamping ada faktor mindset dan pemikiran seseorang untuk memperkerjakan uang, yang muncul sejak masa pandemi menyebar. Sebagaimana yang kita alami sebelumnya, investasi merupakan sebuah hal yang hanya dapat dilakukan oleh mereka di kalangan menengah ke atas.

Karena sebelumnya pemahaman investasi bagi masyarakat umum merupakan menanamkan modal ataupun membeli saham pada sebuah perusahaan. Sehingga membutuhkan modal yang besar dan kapabilitas seseorang yang benar benar memadai. Sedangkan informasi dan edukasinya masih lemah.

Sejak masa pandemi khususnya, semua sektor terdampak menjadi berubah. Salah satu akibat dari perubahan dari dunia bisnis adalah semakin banyaknya instrumen dan informasi tentang investasi. Baik itu informasi mengenai kemudahan dan teknis pelaksanaannya hingga risiko dan istilah dalam saham khususnya yang perlu dipahami

Broker (Perusahaan Sekuritas)

Dalam dunia investasi dan trading saham, perusahaan sekuritas atau biasa disebut dengan  broker merupakan istilah untuk menyebut sebuah jasa. Perusahaan sekuritas merupakan sebuah jasa bersih pemerintah untuk menjadi perantara antara calon pembeli saham dengan pasar modal. Baik dalam proses membeli maupun menjualnya, jasa tersebut juga memiliki hak untuk memberikan rekomendasi saran terkait.

TRENDING:  Investasi Saham Mega Dengan Menggunakan Reksadana Saham

Efek

Efek merupakan istilah dalam saham yang mewakili berbagai surat penting yang berharga berharga. Seperti halnya saham (bukti kepemilikan modal), obligasi (surat perjanjian), surat hutang, dan surat berharga lainnya. Jadi, efek merupakan sebuah istilah untuk membawahi berbagai contoh surat berharga sebagaimana tersebut di atas.

Bursa Efek

Bursa efek merupakan sebuah wadah untuk mempertemukan penjual dan pembeli berbagai jenis efek.

Pasar Modal

Sebagaimana dengan bursa efek, pasar modal memiliki fungsi yang hampir sama, perbedaannya adalah barang dan lingkup yang dikuasainya. Pasar modal merupakan sebuah wadah untuk mempertemukan berbagai kepentingan investasi. Sebagai contoh adalah perdagangan efek. Perusahaan publik dan efek yang berkaitan, hingga lembaga profesi dan jasa yang berkiatn dengan efek.

Emiten

Merupakan bentuk penawaran efek oleh perusahaan terbuka untuk investor dengan cara sesuai peraturan undang-undang.

IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan)

Merupakan update dan perkembangan indikator harga saham yang ada pada bursa efek Indonesia (BEI). Perkembangan itu yang akan menjadi acuan ketika ingin menjual ataupun membeli sebuah efek.

IPO (Initial Public Offering)

Ini merupakan istilah untuk menyebut penawaran pertama kali sebuah perusahaan terbuka terhadap suatu saham kepada seorang investor.

Listing & Delisting

Listing mempunyai arti, tercatatnya sebuah perusahaan terbuka dalam bursa efek. Sebaliknya, delisting merupakan terhapusnya sebuah perusahaan terbuka dari daftar bursa efek. Sehingga hal itu mengakibatkan saham perusahaan tersebut tidak bisa dijual.

Annual Report

Merupakan laporan tahunan sebuah perusahaan yang memuat berbagai perkembangan terakhir. Muatannya adalah perkembangan keuangan dan berbagai prestasi pencapaian.

Di atas merupakan beberapa istilah secara umum, masih ada banyak istilah secara teknis ketika Anda memasuki dunia investasi saham. Dengan memahami istilah dalam saham dengan baik, perkembangan Anda dalam dunia investasi juga akan lebih baik.

TRENDING:  Profil Kode Saham UNTR, Prospek dan Hal Penting Dalam Investasi

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.