keuntungan menabung di bank syariah

Inilah Keuntungan Menabung di Bank Syariah yang Harus Diketahui

Hal yang paling ditakutkan oleh para nasabah beragama islam yaitu adanya riba serta bunga yang diperoleh dari setiap transaksi. Oleh sebab itu kini, banyak yang beralih pada sistem syariah. Keuntungan menabung di bank syariah tentunya sangat banyak, selain terhindar dari riba, ada hal lainnya yang menjadi keunggulannya, yaitu:

1. Tanpa Bunga

Mendengar kata riba, hal pertama yang akan terbesit di benak seorang muslim pastinya adalah dosa. Haram hukumnya untuk umat islam yang sudah mengetahui dengan pasti, hukum riba namun tetap menggunakannya. Dalam menyimpan dana keuangannya, bank syariah dapat menjadi solusi alternatif yang bisa diterapkan.

Selain itu keuntungan menabung di bank syariah sangat banyak, sehingga memungkinkan bank tersebut terus bertambah jumlah nasabahnya. Hal tersebut sebenarnya wajar bagi Indonesia yang merupakan negara dengan mayoritas umat muslim. Jadi, bagi orang-orang yang taat dan patuh pada perintah Allah, sangat merasa gembira dengan kehadiran sistem ini.

2. Dapat Bonus

Berbeda dengan bank umum atau konvensional yang menerapkan sistem bunga pada nasabahnya, sebagai gantinya di bank syariah terdapat bonus. Bisa dibilang bonus yang akan diperoleh secara rutin dan berkala tiap bulannya. Terlebih lagi, bagi nasabah yang mempunya jumlah tabungan besar, maka akan mendapatkan bonus besar.

Pemberian bulanan tersebut rupanya beragam besaran jumlah per bulannya. Selain terhindar dari dosa, tentunya terdapat keuntungan lain yang diperoleh. Hal tersebut tentunya menjadi hikmah besar yang dapat dirasakan.

3. Adanya Jaminan LPS

Nasabah yang telah terdaftar secara resmi pada bank syariah akan memperoleh jaminan LPS. Hadirnya jaminan tersebut tentunya memberikan dampak rasa aman, keterjaminan dana investasi pun akan didapatkan. Memungkinkan untuk menghindari terjadinya kerugian besar yang diperoleh.

TRENDING:  Menghitung Nilai Intrinsik Saham dengan 3 Cara Ini

Tidak hanya sebatas itu saja, hal ini juga berlaku bagi nasabah yang tidak melakukan tabungan investasi. Jadi, semua orang dapat merasakan keuntungan yang sama dalam sistem syariah. Besarnya jaminan yang diberikan LPS pada pihak bank yaitu sebesar 2 miliar.

4. Dana untuk Umat

Terdapat berbagai macam proyek yang dikerjakan oleh pihak bank untuk membantu umat. Semua dana yang terkumpul, sepenuhnya akan berasal dari umat dan akan kembali lagi ke umat. Hal inilah yang juga menjadikannya pembeda dengan bank konvensional.

Secara keseluruhan, hal terpenting dari sistem ini yaitu pengelolaan, pengumpulan serta pengembalian dana yang akan secara langsung berbalik pada umat.Jadi semua kegiatan transaksinya memang tidak mengharapkan untung besar, namun bagi hasil lah sistem yang berlaku di dalamnya.

5. Gratis Biaya Admin

Tujuan dari menabung yaitu untuk menyimpan uang dengan aman dengan harapan uang dapat bertambah tiap bulannya. Adanya biaya administrasi tentu merupakan hal yang sedikit disayangkan, karena akan ada sistem pemotongan saldo. Hal tersebut tidak akan berlaku bagi nasabah syariah.

Tentu hal tersebut menjadi kabar gembira bagi nasabah yang mempunyai tabungan dengan jumlah yang tidak terlalu banyak. Penyebab terjadinya hal ini, dikarenakan fokus yang ditetapkan oleh sistem syariah tersebut mamang untuk menabung. Apabila terdapat potongan atau denda yang diberatkan, maka akan menyusahkan nasabah yang tidak memiliki cukup banyak simpanan pada rekeningnya.

Biasanya pada bank konvensional jumlah kisaran beban yang ditanggung yaitu sekitar 7.500 hingga 12.000 rupiah perbulannya. Jika dikalikan tiap bulannya selama satu tahun tentu merupakan angka yang terbilang besar. Di sini, terlihat jelas perbedaannya antara sistem bank konvensional dan syariah. Itu juga yang melatar belakangi banyaknya minat publik terhadap bank syariah saat ini.

TRENDING:  Saham Singapore Airlines Harga yang Dimiliki dan Cara Membelinya

Demikianlah penjelasan terkait keuntungan menabung di bank syariah yang bisa dirasakan oleh para nasabahnya. Mungkin bagi sebagian orang yang tidak mengerti akan hukum riba dan tergila-gila dengan bunga, ini termasuk sistem yang kurang menguntungkan. Jadi, semuanya balik lagi pada kepercayaan dan akidah yang dimiliki seseorang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.