cara cas aki dengan listrik

Cara Cas Aki Dengan Listrik Secara Aman

Kondisi kendaraan tentunya harus dipastikan dalam keadaan prima oleh pemilik, termasuk bagian dalam mesinnya. Aki menjadi salah satu bagian dari kendaraan yang berfungsi sebagai sumber suplai arus listrik ke bagian lainnya. Perawatan, penyimpanan, dan cara cas aki dengan listrik merupakan hal yang harus diperhatikan oleh pemilik untuk mencegah kerusakan bagian dan kendaraan.

Pemilik kendaraan juga harus mengetahui kapan waktu yang cepat untuk mengisi daya aki agar tidak cepat soak. Pemilihan charger aki juga tidak boleh sembarangan mengingat aki merupakan bagian yang sering dianggap rewel. Oleh karena itu terdapat cara cas aki dengan listrik yang harus diperhatikan oleh pemilik kendaraan dengan langkah sebagai berikut:

1. Siapkan dan Pilih Charger yang Sesuai

Hal pertama yang harus dilakukan oleh pemilik kendaraan adalah memilih dan mempersiapkan charger yang sesuai dengan aki. Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih adalah besarannya daya ampere yang dimiliki. Sebaiknya pemilik tidak memilih charger yang terlalu besar, minimal pilih setengah dari total ampere aki untuk memperpanjang masa hidup aki.

2. Memilih Sumber Listrik yang Dekat dan Stabil

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan pemilik adalah memeriksa dan memastikan sumber listrik yang stabil dan dekat. Hal ini perlu diperhatikan agar proses pengecasan berjalan dengan lancar dan mengurangi kemungkinan aki rusak. Selain itu, terdapat beberapa jenis aku yang akan mengisi dari awal ketika sumber listrik terputus atau tidak stabil yang akan membuang waktu.

3. Memisahkan Aki dari Bagian Kendaraan

Sebenarnya pemilik kendaraan dapat memilih untuk mengecas aki di dalam kendaraan atau dilepas terlebih dahulu. Akan tetapi, alangkah baiknya untuk memisahkan dan melepaskan aki dari kendaraan kemudian diletakkan di tempat lain. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pemilik seperti misalnya agar lebih aman ketika proses berlangsung atau mendekatkan aki dengan sumber listrik.

TRENDING:  Berapa Lama Cas Aki Motor dan Bagaimana Cara Menchargenya_ Ini Jawabannya!

Proses pelepasan aki dari kendaraan juga harus diperhatikan karena posisi aki tidak boleh berubah dan harus tetap stabil. Selanjutnya pemilik memeriksa banyaknya air yang masih ada dengan membuka tutup secara perlahan-lahan dan meminimalkan guncangan. Titik penuh air setidaknya memiliki sisa sepertiga bagian untuk menjaga aki ketika proses pengecasan.

4. Mengisi Daya Aki

Nah cara cas aki dengan listrik tentu perlu menyambungkan charger yang berupa kabel ke bagian aki. Sebelum memasang, pemilik kendaraan harus mengetahui bagian positif dan negatif yang ada di aki agar daya terisi. Mulai secara berurutan dengan mendahulukan kabel positif dan kemudian kabel negatif yang disambungkan ke terminal aki sesuai dengan tanda kabel yang dimiliki.

Pemilik kendaraan hanya perlu menyambungkan dengan menjepit kabel ke terminal aki dan pastikan kuat. Pastikan lagi agar pemasangan kabel ke terminal tidak terbalik karena dapat memicu korsleting listrik yang cukup berbahaya.

5. Menunggu Proses Pengisian dan Mencabut Kabel Charger

Proses menunggu pengisian daya aki berbeda dengan pengisian daya pada smartphone. Perbedaan terbesarnya adalah pada waktu lamanya, biasanya pengecasan aki memakan waktu yang cukup lama dan dapat diisi dengan selingan kegiatan lain. Kemudian ketika dirasa telah selesai, cabut kabel charger dari aki dengan hati hati dan pasang kembali tutup aki.

Cara cas aki dengan listrik ini sebenarnya dapat dilakukan di rumah atau secara mandiri. Akan tetapi beberapa hal yang perlu diperhatikan dan telah dijelaskan sebelumnya bahwa posisi aku harus benar-benar dijaga agar tetap stabil. Beberapa aki memiliki lampu indikator yang menandakan kepenuhan, namun jika tidak ada biasanya aki akan menjadi lebih hangat dibanding sebelumnya.

TRENDING:  29 Mobil Termahal Di Dunia Sepanjang Masa

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.