Wajib Tahu! Berikut Ini Cara Membuat Rekening Tabungan (forbes.com)
Wajib Tahu! Berikut Ini Cara Membuat Rekening Tabungan (forbes.com)

Wajib Tahu! Berikut Ini Cara Membuat Rekening Tabungan

Cara membuat rekening tabungan memanglah suatu hal yang sangat penting untuk kita ketahui, apalagi di zaman yang serba digital seperti sekarang. Di zaman sekarang, banyak sekali metode pembayaran yang dilakukan melalui kartu rekening atau ATM.

Maka dari itu, untuk Anda yang masih belum tahu tentang cara pembuatan atau pembukaan rekening ini, sebaiknya disarankan untuk membaca artikel ini sampai selesai. Karena di artikel ini, kita akan membahas seputar pembuatan rekening dan juga syarat-syarat yang harus disiapkan.

Berikut Cara Membuat Rekening Tabungan dan Persyaratannya

Di zaman yang semakin berkembang ini, semakin banyak metode pembayaran melalui kartu ATM. Apalagi saat ini banyak toko-toko online yang mengharuskan kita untuk membayar melalui rekening bank saat ingin berbelanja.

Walaupun sudah banyak orang yang menggunakan rekening tabungan, namun masih ada beberapa orang yang awam dengan cara membuatnya. Biasanya, orang yang tidak mengerti cara membuat rekening merasa malu, sehingga sungkan untuk bertanya. Nah, dengan membaca artikel ini Anda tidak perlu lagi untuk bertanya ke orang lain. Karena semua cara akan kita bahas di artikel ini.

Berikut ini beberapa syarat yang wajib Anda ketahui sebelum Anda menuju ke teller bank, yaitu:

  • Bawalah KTP asli Anda, hal ini diperlukan bank supaya pihak bank mengetahui identitas Anda. Sehingga pihak bank dapat mendaftarkan nama Anda sebagai pemilik rekening tabungan.
  • Jangan lupa untuk membawa uang pembukaan atau setoran awal. Setoran awal pada saat pembuatan rekening tabungan biasanya minimal di atas 50 ribu. Namun, pada setiap bank memang berbeda-beda nominalnya
  • Siapkan email yang aktif, karena saat ini banyak beberapa pihak bank yang memberikan fitur tabungan elektronik atau e-banking. Jika Anda ingin membuatnya jangan lupa untuk memberikan email Anda.
TRENDING:  Jenis Pinjaman Bank Syariah Ringan untuk Dipergunakan

Setelah beberapa persyaratan di atas sudah terpenuhi. Saatnya Anda meluncur ke bank yang dipilih. Setelah sampai di tujuan, Anda harus melewati beberapa langkah terlebih dahulu.

Berikut ini langkah-langkah cara membuat rekening tabungan.

  1. Setelah sampai di bank tujuan, jangan langsung menuju ke tempat resepsionis. Anda harus mengambil nomor antrian terlebih dahulu. Jika tidak tahu caranya, bertanyalah pada satpam.
  2. Setelah Anda mengambil nomor antrian. Tunggulah sampai customer service memanggil nomor antrian Anda.
  3. Ketika nomor antrian Anda sudah terpanggil, datang ke CS, lalu sampaikan jika Anda ingin membuat rekening tabungan
  4. Lalu berikan persyaratan yang Anda siapkan tadi. Persyaratan jangan sampai ketinggalan. Karena pihak bank tidak menerima alasan apapun saat melayani customernya. Apalagi dengan alasan ketinggalan.
  5. Setelah itu nantinya Anda akan diminta tanda tangan sesuai KTP.
  6. Jika sudah, Anda akan diminta untuk memberikan pin pada kartu ATM. Pastikan pin yang Anda masukan mudah diingat.
  7. Tunggu beberapa menit, lalu kartu Anda selesai.

Namun, jika Anda juga ingin mendaftar e-banking Anda akan melalui beberapa langkah lagi. Namun tidak perlu khawatir, karena pembuatan e-banking juga dapat dilakukan secara mandiri. Dengan adanya e-banking, akan memudahkan Anda dalam melakukan pembayaran. Nah maka dari itu, sebaiknya Anda juga membuat E-banking supaya ketika melakukan transfer, Anda tidak perlu repot-mencari mesin ATM.

Begini cara daftar Internet banking melalui mesin ATM:

  • Pertama, masukan kartu ATM ke mesin lalu masuk seperti biasa
  • Kedua, pilih menu transaksi lain
  • Ketiga, tekan menu lainnya
  • Keempat, pilih menu registrasi
  • Kelima, pilih internet banking
  • Keenam, masukan PIN untuk digunakan sebagai pin e-banking, lalu masukan kembali untuk konfirmasi
  • Ketujuh, setelah semua sudah dilakukan. Nantinya akan ada notifikasi bahwa registrasi e-banking berhasil beserta dengan user ID untuk login
TRENDING:  Pinjaman Online BRI Memberikan Pinjaman Kurang Dari 10 Menit

Namun, lebih mudah lagi jika Anda melakukan aktivasi e-banking di customer service. Anda hanya perlu membawa rekening, ktp, email, dan juga nomor HP yang aktif. Bisa juga dilakukan ketika Anda pertama kali membuka tabungan.

Seperti itulah cara membuat rekening tabungan yang simpel dan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.