cara setting windows 10 agar tidak lemot

Cara Setting Windows 10 Agar Tidak Lemot dengan Mudah4. Cara Setting Windows 10 Agar Tidak Lemot dengan Mudah

Fitur canggih Windows 10 ternyata tidak menjamin komputer bekerja dengan lancar. Permasalahan ini memang sudah umum terjadi. Banyak yang mencari cara setting windows 10 agar tidak lemot. Ini adalah upaya alternatif yang lebih murah daripada upgrade sistem komputer.

Lemotnya Windows 10 tidak terlepas dari kemampuan kerja sistem komputer. Ini karena setiap komputer memiliki keterbatasan yang tergantung spesifikasi yang dimiliki. Hal yang paling mudah dilakukan adalah menyesuaikan kemampuan komputer. Apa sajakah cara yang bisa dicoba untuk mengatasi lemot pada Windows 10?

1. Matikan Startup pada Software Bukan Prioritas

Beberapa software yang terinstal terkadang memiliki fitur startup yang dapat mengaktifkan software secara otomatis ketika komputer dinyalakan. Kemampuan ini tentunya membutuhkan kinerja RAM agar prosesnya dapat dilakukan. Banyaknya software seperti ini yang terinstal justru akan memberatkan RAM.

Cara untuk mematikan fitur startup pertama-tama dengan masuk ke menu run. Menu ini dapat dibuka dengan menekan tombol Windows+R. Masukan kata kunci msconfig dan tekan enter. Pada bagian startup, ada berbagai aplikasi yang muncul. Pilih aplikasi yang bukan prioritas dan matikan sistemnya.

2. Uninstall Software yang Tidak Digunakan

Setiap software yang diinstal memiliki sistem file yang tentunya harus diletakan pada sistem komputer. Semakin banyak sistem file yang ada tentu saja akan memberatkan kinerja dari komputer. Tidak hanya itu, banyaknya software yang terinstal juga dapat menjadi masalah seperti pada point pertama.

Maka dari itu, terhadap software yang tidak digunakan sebaiknya dilakukan uninstall. Langkah pertama adalah dengan membuka terlebih dahulu menu Control Panel yang ada pada Start. Pilih Programs kemudian Programs and Features. Pilih software dan lakukan uninstall.

3. Matikan Animasi, Shadows dan Efek Lainnya

Untuk menjalankan animasi dan efek pada Windows 10 tentu saja membutuhkan kinerja grafik yang baik. Tetapi untuk komputer dengan kemampuan seadanya pastinya akan berpengaruh pada performa komputer. Mematikan animasi, shadows, dan efek lainnya tentu saja menjadi keputusan yang baik.

TRENDING:  Cara Mengatasi Touchscreen Error pada Xiaomi tanpa ke Service Center

Untuk mematikan efek-efek ini, beralihlah pada sistem search pada Windows 10. Masukan kata kunci sysdm.cpl dan enter. Beralih ke tab Advance dan masuk ke setting pada Performance. Pada bagian visual effect, pilihlah efek yang tidak dibutuhkan atau pilih Adjust for Best Performance.

4. Bersihkan Folder Prefetch

Folder Prefetch berisi file-file rekaman setiap aktifitas pengguna komputer terhadap suatu program. Banyak dan seringnya program yang dipakai tentu akan menyebabkan file semakin menumpuk. Semakin menumpuknya file tentu akan mempengaruhi pada performa komputer.

Cara mengatasi hal ini tentunya dengan menghapusnya. Pertama bukalah terlebih dahulu fitur run. Masukan kata kunci Prefetch dan tekan ok. Jika terdapat permintaan ijin administrator maka tekanlah ok. Hapuslah seluruh file yang ada untuk membebaskan beberapa kapasitas penyimpanan.

5. Bersihkan Folder Temp

Folder Temp atau Temporary Folder adalah folder khusus yang berguna untuk menyimpan segala aktifitas pada program secara sementara. Folder ini berguna untuk mengantisipasi crash pada program sehingga pekerjaan tidak harus dimulai dari awal. Banyaknya file tentu akan membebani performa.

Cara setting Windows 10 agar tidak lemot melalui cara ini adalah dengan masuk ke fitur run. Ketiklah %temp% dan tekan enter. Hal ini akan membuka folder temp dan menampilkan sejumlah file. Pilihlah file dari program yang sudah lama tidak digunakan. Lakukan penghapusan dengan menekan delete.

Windows 10 memang mendukung pekerjaan yang cepat. Tetapi terkadang kekurangan spesifikasi justru menghambatnya. Dengan adanya cara setting windows 10 agar tidak lemot diharapkan dapat menjadi solusi alternatif dari masalah ini. Meski begitu, kebutuhan spesifikasi tentulah harus dipenuhi.

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.