cara memperbaiki sensor o2 motor injeksi

5 Cara Memperbaiki Sensor O2 Motor Injeksi Bisa Langsung Dicoba

Merawat kondisi kendaraan bermotor adalah hal yang penting. Kondisi kendaraan yang juga sering digunakan untuk keperluan sehari-hari pastinya butuh perawatan. Membahas soal perawatan kendaraan, tulisan ini akan membahas roda dua yaitu motor injeksi. Sensor O2 pada motor injeksi adalah salah satu komponen yang penting, jadi sangat menyulitkan jika komponen ini rusak. Berikut ini sejumlah cara memperbaiki sensor O2 Motor Injeksi dengan mudah. Cara ini juga bisa digunakan untuk merawat kondisi motor injeksi

Sensor O2 adalah komponen yang bertugas untuk mengatur jumlah bahan bakar yang masuk dengan cara membandingkan gas buang dengan gas yang ada di luar. Komponen ini penting untuk dirawat meski tergolong komponen yang tidak mudah rusak. Pengguna bisa saja langsung membawa kendaraan ke bengkel untuk diperbaiki. Namun jika ingin mencoba memperbaiki kerusakan yang ada berikut sejumlah cara yang bisa dicoba untuk memperbaiki atau merawat Sensor O2:

1. Periksa Keseluruhan Kendaraan

Kerusakan yang terjadi pada sensor O2 bisa menyebabkan tidak seimbang nya tekanan udara dengan bahan bakar yang diperlukan. Terkadang hal ini bisa membuat kendaraan mati atau mogok seketika. Mungkin saja ada kerusakan lain, jadi cara memperbaiki sensor O2 motor injeksi yang pertama adalah melakukan pemeriksaan. Nah, hal ini bisa dilakukan di bengkel atau dilakukan sendiri. Hanya saja bagi pengguna yang kurang mengerti masalah kendaraan akan lebih baik untuk diperiksa di bengkel.

2. Lihat Keadaan Sensor

Keadaan sensor secara fisik dan kegunaan juga sangat penting untuk diketahui kondisi nya. Bermula dari sini bisa dilihat apakah kerusakan terjadi karena bentuk sensor yang rusak atau hal lain. Kondisi Sensor yang sudah rusak parah akan mungkin untuk dilakukan tindakan lain seperti ganti sensor. Namun jika kerusakan sensor disebabkan hal lain maka dapat dilakukan cara yang lebih sederhana untuk memperbaiki nya. Perlu diingat hal ini mungkin lebih baik dibantu tenaga profesional.

TRENDING:  Honda CRF 150L Spek, Harga, Review, Warna

3. Lakukan Pembersihan Sensor

Cara kerja sensor oksigen juga berhubungan dengan gas buang hasil pembakaran yang membuat sensor ini rentan kotor. Salah satu cara lain untuk merawat juga memperbaiki keadaan sensor O2 adalah membersihkan sensor tersebut. Limbah dan kotoran hasil pembakaran yang ada pada Sensor mungkin saja menyebabkan terjadi kerusakan akibat dari Sensor tersebut.

4. Ganti Komponen

Hal lain yang mungkin dilakukan jika sensor O2 rusak adalah mengganti sensor tersebut. Ini juga sangat dipengaruhi dari pemeriksaan kendaraan yang sudah dilakukan. Saat kerusakan yang terjadi sudah parah maka lebih baik untuk mengganti sensor. Layanan untuk mengganti sensor O2 sudah ada di banyak bengkel. Tidak cukup sulit untuk ditemukan di bengkel resmi atau pun bengkel biasa. Akses untuk ganti sensor O2 terbilang cukup mudah dilakukan.

5. Lakukan Pemeriksaan Ulang

Selepas proses pemeriksaan, perawatan atau pun ganti komponen sensor maka kendaraan bisa diperiksa ulang. Hal ini dilakukan guna memeriksa apakah perbaikan yang dilakukan sudah tepat atau malah ada hal lain yang perlu diperbaiki. Semua proses sudah dilakukan dan kemudian kendaraan berhasil menyala dengan baik maka perbaikan sukses. Namun jika tidak lebih baik melakukan pemeriksaan lagi pada kendaraan untuk memperbaiki ulang.

Itulah cara memperbaiki Sensor O2 motor Injeksi yang bisa langsung dicoba. Tentunya ada pilihan yang cukup simpel yaitu langsung memperbaiki di bengkel. Namun bagi pengguna yang punya pengetahuan banyak tentang motor injeksi yang dimiliki, mungkin bisa dicoba cara-cara diatas. Sangat perlu diperhatikan masalah kendaraan seperti ini, karena terkadang bisa mengganggu aktivitas. Akhir kata semoga informasi ini berguna dan selamat mencoba.

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.